Mandi Malam Dipercaya Sebabkan Reumatik ? Simak Faktanya

Sabtu, 13 Mei 2023 00:03
Ilustrasi Mandi Malam Reumatik

HELOINDONESIA.COM - Mandi terlalu larut di malam hari, jadi salah satu larangan yang umum di kalangan masyarakat.

Pasalnya, mandi terlalu malam kerap disebut-sebut bisa membuat tubuh jadi rentan alias mudah rematik. Lantas apakah benar, mandi pada malam hari memang akan menyebabkan rematik?

Dikutip dari Mayo Clinic, rematik atau Rheumatoid arthritis adalah gangguan inflamasi kronis yang dapat mempengaruhi lebih dari sekedar sendi di tubuh manusia.

Baca juga: Ini Batas Waktu Yang Dianjurkan Untuk Menyimpan Daging di Kulkas, Jangan Kelamaan

Pada beberapa orang, kondisi ini bisa merusak berbagai sistem tubuh, termasuk kulit, mata, paru-paru, jantung, dan pembuluh darah. Gangguan autoimun, rheumatoid arthritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan tubuh Anda sendiri.

Jika disebut-sebut mandi terlalu malam otomatis membuat tubuh jadi rematik, klaim tersebut belum bisa dibuktikan karena tidak ada studi penelitian yang mendukung atau membuktikan hal ini. Mandi malam hari tidak akan menyebabkan penyakit rematik.

Rasa sakit atau nyeri di persendian gara-gara mandi di malam hari akan timbul, jika orang tersebut memang sudah mengidap rematik sebelumnya.

Baca juga: Fakta-fakta Keampuhan Aromaterapi dalam Pengobatan Tradisional

Tapi mandi malam, apalagi menggunakan air dingin, bagi seseorang yang sudah mengidap penyakit rematik atau masalah pada persendian, akan menimbulkan rasa sakit.

Kombinasi antara suhu yang lebih dingin di malam hari dan air dingin inilah, yang akan menyebabkan kapsul sendi menyusut, menyebabkan tekanan pada sendi dan rasa tidak nyaman.

Demikian penjelasan mengenai mitos mandi malam yang dipercaya dapat menyebabkan reumatik. Untuk mendapatkan manfaat yang baik, Anda disarankan mandi dengan air hangat di malam hari.

Berita Terkini