Helo Indonesia

Waspada, Paparan Asap Rokok yang Terhidup Anak, Bisa Membuat Mereka Mati Mendadak

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Senin, 14 Agustus 2023 22:30
    Bagikan  
Ilustrasi
Tangkapan layar Youtube

Ilustrasi - Bahaya paparan asap rokok pada anak.

HELOINDONESIA.COM - Di Indonesia perokok aktif angkanya sangat tinggi. Setiap waktu orang - orang disekitar kita pasti ada yang sedang merokok.

Bukan rahasia lagi bahwa rokok punya dampak yang buruk untuk kesehatan karena mengandung berbagai zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Selain berbahaya untuk perokok aktif, asap rokok juga bisa menjadi sangat berbahaya untuk perokok pasif.

Bahaya rokok akan semakin besar ketika asapnya terpapar pada anak - anak. Apalagi jika asap rokok tersebut dihirup oleh anak - anak yang masih dalam proses masa pertumbuhan.

Baca juga: Jauhi Asap Rokok, Berikut 10 Langkah untuk Meminimalisir Risiko Terkena Kanker Paru-paru

Berikut adalah bahaya asap rokok bagi anak - anak.

1. Kematian secara mendadak

Paparan asap rokok terhadap bayi atau anak-anak yang terpapar asap rokok bisa membahayakan kesehatan mereka.

Akibat seringnya menghirup asap rokok, maka mereka beresiko mengalami SIDS (Sudden Infant Death Sysndrome), yakni kematian bayi secara mendadak.

2. Menyebabkan anak lebih mudah sakit

Anak - anak belum memiliki sistem imun tubuh yang sempurna. Jika sering terkena paparan asap rokok, maka anak tersebut akan mudah sakit.

3. Pneumonia (paru - paru basah)

Melansir American Lung Association, pneumonia atau yang dikenal juga dengan paru - paru basah merupakan gangguan karena adanya infeksi yang menyebabkan peradangan pada kantong udara di salah satu atau kedua bagian paru-paru.

Pada pengidap pneumonia, kantong udara yang meradang terisi oleh cairan maupun nanah akibat infeksi. Hal ini menyebabkan pengidapnya kerap mengalami gejala sesak napas, nyeri dada ketika bernapas atau batuk, batuk dengan dahak berwarna kuning atau hijau, serta mengalami demam.

Baca juga: Sama Berbahaya dengan Rokok Biasa, Vaping Juga Penyebab Penyakit Jantung dan Paru-Paru

Anak - anak yang sistem imunnya lemah dan sering terpapar asap rokok maka akan semakin tinggi risiko terkena penyakit pneumonia atau paru - paru basah.

4. Masalah Pernafasan

Bahaya asap rokok yang paling sering terjadi pada anak-anak adalah munculnya gangguan pada sistem pernafasan.

Anak yang sering terpapar asap rokok juga diketahui lebih mudah terkena pilek dan batuk yang biasanya disebabkan karena alergi akibat paparan asap rokok yang terus menerus.

5. Iritasi mata

Asap rokok juga bisa menyebabkan infeksi mata anak. Asap rokok bisa membuat mata jadi kering dan akhirnya mudah mengalami iritasi mata.

Baca juga: 10 Cara Untuk Memperlambat Kerutan di Wajah, Salah Satunya Hindari Merokok

6. Gangguan pertumbuhan

Asap rokok bisa meningkatkan karbon monoksida (CO) dalam darah. Akibatnya, darah memiliki konsentrasi yang lebih rendah dari oksigen sehingga berpengaruh pada jaringan dalam menyerap mineral dan protein.

Terhambatnya proses penyerapan mineral dan protein inilah yang berpotensi menghambat pertumbuhan anak. Dampaknya yaitu tinggi dan berat badan anak tidak sesuai dengan usianya.

7. Meningkatkan risiko kanker

Asap rokok bisa memicu berbagai macam seperti kanker paru-paru, kanker lidah, mulut, usus, hati, pancreas, ginjal, serviks bahkan di sumsum tulang.

Penyakit ini disebabkan karena terdapat berbagai macam bahan kimia yang terdapat dalam rokok dan zat beracun tersebut dapat memicu terjadinya kanker.

Itulah beberapa bahaya dari asap rokok terhadap anak - anak. Pastikan Anda menjaga lingkungan di sekitar anak bebas dari asap rokok, baik di dalam maupun di luar rumah.