Helo Indonesia

10 Cara Untuk Memperlambat Kerutan di Wajah, Salah Satunya Hindari Merokok

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Minggu, 2 Juli 2023 18:03
    Bagikan  
Ilustrasi Kerutan di Wajah
Foto : Ist

Ilustrasi Kerutan di Wajah - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Kerutan dapat terjadi secara alami sebagai bagian dari bertambahnya usia. Kerutan, juga dikenal sebagai rhytides, adalah lipatan di kulit Anda.

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda menghasilkan lebih sedikit protein kolagen dan elastin. Ini membuat kulit Anda lebih tipis dan kurang tahan terhadap kerusakan. Paparan lingkungan, dehidrasi, dan racun semuanya dapat membuat wajah Anda lebih mungkin mengalami kerutan yang jelas.

Kerutan adalah bagian alami dari bertambahnya usia, dan tidak ada alasan untuk takut serta menolaknya.

Namun jika Anda ingin memperlambat tanda-tanda penuaan pada wajah Anda, ada cara alami yang bisa Anda terapkan. Meningkatkan antioksidan, memakai tabir surya, dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaa.

Baca juga: Dua Pemancing Bandarlampung Tewas Tenggelam di Teluk Lampung

1. Hindari sinar ultraviolet

Sinar ultraviolet adalah penyebab utama dari sebagian besar kerutan di wajah, leher, lengan, dan tangan Anda. Dan meskipun sinar ultraviolet tidak dapat sepenuhnya dihindari, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi tingkat paparan yang Anda terima. Pilihlah losion untuk kulit tanpa sinar matahari saat beraktivitas yang berpotensi terpapar sinar matahari. Disarankan juga untuk mengenakan pelindung saat beraktivitas di terik matahari kenakan seperti topi, helm untuk melindungi wajah Anda dari sinar matahari selama waktu yang lama di luar ruangan.

Jika memungkinkan, kenakan celana panjang dan baju lengan panjang saat Anda beraktivitas di luar ruangan. Anda masih akan menyerap sinar matahari, tetapi tidak akan berkontribusi pada kerutan di kulit Anda.

2. Pakailah tabir surya

Kebanyakan orang mengetahui memakai tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) lebih dari 30 dapat membantu mencegah kanker kulit. SEBUAH Studi 2013 di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa tabir surya juga membantu menunda tanda-tanda penuaan. Meskipun Anda mungkin sudah memakai tabir surya untuk saat beraktivitas, memakai tabir surya yang melembabkan wajah setiap hari adalah kebiasaan yang akan bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda dalam jangka panjang.

Baca juga: Gelar Yoga Massal, Pemkab Kendal Datangkan Aktor Anjasmara

3. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah emolien alami. Itu berarti ketika Anda mengaplikasikannya ke kulit Anda, hal itu mengisi celah di epidermis Anda dan membuat kulit Anda terasa halus. Memanjakan kulit Anda dengan minyak kelapa tidak hanya membuatnya lebih halus, tetapi juga membantu kulit mempertahankan kelembapan, yang membuat wajah Anda tampak lebih berisi. Untuk Anda ketahui, minyak kelapa telah dipelajari dan terbukti sebagai perawatan yang efektif untuk kulit kering.

4. Batasi asupan gula Anda

Komunitas medis terus belajar lebih banyak tentang bagaimana konsumsi gula dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Gula dalam tubuh Anda memicu proses yang disebut glikasi, dan produk akhir glikasi lanjutan (disebut AGEs) tidak baik untuk kulit Anda. AGEs memecah kolagen dalam tubuh Anda dan, seiring waktu, dapat membuat Anda terlihat lebih tua. AGEs juga telah dikaitkan ke metode persiapan makanan seperti memanggang dan menggoreng (berlawanan dengan memanggang dan merebus). Membatasi asupan gula dan makanan kaya minyak akan membantu wajah Anda mempertahankan bentuk awet mudanya.

5. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok buruk bagi kesehatan Anda karena banyak alasan, tetapi banyak orang tidak tahu bahwa itu dapat membuat wajah Anda menua sebelum waktunya.

Baca juga: Pakar Mempertanyakan Alasan Polisi Prancis Tembak Remaja Untuk Lindungi Diri : Mobil Tidak Mengancam Polisi

Satu studi menarik membandingkan wajah 79 pasang kembar identik yang satu memiliki kebiasaan merokok dan yang lainnya tidak. Perbedaan usia mereka yang mencolok memperjelas bahwa merokok memang memengaruhi kondisi kulit wajah Anda. Bahkan berada di sekitar perokok pasif dapat meningkatkan risiko banyak kanker dan penyakit lainnya, dan juga dapat melukai kulit Anda.

6. Memakai Kosmetik Dengan Bahan Anti Kerut

Bahan dalam krim kosmetik anti kerut babyan tersedia untuk dibeli di pasaran. Tapi Anda tidak perlu membeli produk untuk mendapatkan akses ke beta karoten.

Anda cukup mengonsumsi suplemen beta karoten dan melihat manfaatnya di kulit Anda. Sedikitnya 30 miligram beta karoten per hari, dikonsumsi secara teratur, dapat mencegah dan memperbaiki photoaging (atau dikenal sebagai keriput).

Baca juga: Mahasiswa Ilkom USM Sosialisasi Optimalisasi Kaderisasi Karang Taruna di Kelurahan Mlatiharjo Kota Semarang

7. Cobalah teh daun lemon

Salah satu strategi holistik baru yang muncul untuk melawam kerutan adalah teh daun lemon balm. Sebuah studi yang membandingkan sampel kecil orang yang meminum teh daun lemon balm dengan kelompok lain yang meminum plasebo teh daun barley mengarahkan para peneliti untuk menyimpulkan bahwa ekstrak daun lemon balm membuat kulit lebih elastis dan memperbaiki kerusakan jaringan.

8. Ubah posisi tidur Anda

Beberapa kerutan di wajah Anda sebenarnya bisa disebabkan oleh posisi tidur Anda. Ini disebut "kompresi", dan ini disebabkan oleh wajah Anda yang menekan bantal dengan cara yang sama setiap malam.

Seiring waktu, kompresi ini membuat kulit Anda lebih lemah di beberapa tempat daripada yang lain, dan kerutan terbentuk. Anda dapat mencegah atau memperlambat kerutan kompresi dengan tidur terlentang.

Baca juga: Pria Tua Tewas Tertemper Kereta Babaranjang di Enggal

9. Cuci muka secara teratur

Meluangkan tiga hingga lima menit ekstra untuk mencuci muka di malam hari tidak pernah membuang-buang waktu Anda. Ketika Anda meninggalkan riasan di wajah Anda semalaman, kulit Anda menyerap sebagian besar. Karena sebagian besar kosmetik mengandung bahan kimia keras, ini berkontribusi pada stres oksidatif yang dihadapi kulit Anda. Itu sebabnya meluangkan tiga hingga lima menit ekstra untuk mencuci muka di malam hari tidak pernah membuang-buang waktu.

Namun disarankan untuk menhindari menggosok wajah dengan keras. Gunakan lap berbahan dasar air untuk membersihkan wajah Ansa sebelum tidur, dan selesaikan cucian Anda dengan air dingin yang disiramkan ke kulit Anda.

10. Tingkatkan antioksidan Anda

Kulit terpapar lebih banyak disebabkan karena stres oksidatif daripada organ lain di tubuh Anda. Artinya, kulit Anda bisa rusak hanya dengan menjalani rutinitas sehari-hari. Antioksidan membantu melawan kerusakan yang diakibatkan oleh stres oksidatif pada sel Anda.

Baca juga: Riana Sari Arinal Lepas Kontingen PMR Provinsi Lampung

Meskipun Anda dapat membeli tabir surya atau krim kerut yang diperkaya dengan antioksidan, ada banyak cara lain untuk mendapatkan tambahan antioksidan untuk kulit Anda. Mengonsumsi makanan kaya blueberry, kacang merah, anggur, kangkung, dan bayam akan membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat “dari dalam ke luar” dan bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dini.