Helo Indonesia

Begini Cara Alami Serta Langkah Medis yang Bisa Dilakukan untuk Mengeluarkan Batu Ginjal

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Rabu, 9 Agustus 2023 22:19
    Bagikan  
Ilustrasi
Tangkapan layar Youtube

Ilustrasi - Gejala dan cara alami serta medis mengeluarkan batu ginjal.

HELOINDONESIA.COM - Pernah kah Anda merasakan sakit di bagian bawah perut? atau terasa nyeri ketika buang air kecil? Jika iya, waspadahal. Kedua gejala itu merupakan gejala batu ginjal.

Yah, batu ginjal merupakan masalah pada organ ginjal yang disebabkan oleh tingginya kadar zat kimia pembentuk kristal dalam urine, yaitu asam urat, kalsium fosfat dan kalsium oksalat.

Zat-zat ini sulit dihancurkan oleh cairan pada urine. Apabila terus menumpuk, zat kimia tersebut dapat membentuk kristal yang menyerupai batu.

Tidak hanya pada ginjal, endapan tersebut bisa terjadi di sepanjang saluran urine, seperti ureter (saluran yang membawa urine dari ginjal ke kandung kemih), kandung kemih, serta uretra (saluran yang mengeluarkan urine dari tubuh).

Baca juga: Tak Hanya Ampuh Mencegah Batu Ginjal, Berikut 7 Khasiat Meniran Hijau untuk Kesehatan Anda

Selain 2 gejala di atas, gejala batu ginjal lainnya adalah sakit perut yang tidak kunjung hilang, terdapat darah di dalam urine yang ditandai dengan perubahan warna, seperti merah, merah muda, atau coklat.

Demam atau meriang, Urine mengeluarkan bau tidak sedap dan Urine yang keluar sangat sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali adalah gejala penyerta lain dari masalah batu ginjal.

Sebelum mengobati batu ginjal, dokter biasanya akan mendiagnosis kondisi tersebut secara medis terlebih dahulu.

Apabila batu ginjal dari seorang pasien didapati berukuran kecil dan berdiameter di bawah 4 milimeter, dokter umumnya akan menyarankan pengobatan mandiri dengan mengonsumsi air mineral setidaknya 2 liter sehari atau tanaman herbal lain.

Namun, jika batu ginjal berukuran besar dan berdiameter di atas 6 milimeter, dokter akan melakukan beberapa penanganan medis.

Untungnya, terdapat sejumlah cara mengeluarkan batu ginjal secara alami dan medis yang dapat Anda coba. Cara alami, contohnya mengonsumsi jus daun basil, jus lemon, hingga cuka apel.

Berbagai bahan alami ini mengandung komponen yang dipercaya bisa menghancurkan atau bahkan mencegah pembentukan batu ginjal. Berikut kami uraikan cara alami dan cara medis mengeluarkan batu ginjal.

Baca juga: 7 Ramuan Minuman Sederhana yang Berkhasiat untuk Membersihkan dan Menyehatkan Ginjal Anda

Cara alami mengeluarkan batu ginjal

1. Air putih

seperti sudah disebutkan di atas, dokter umumnya akan menyarankan pengobatan mandiri berupa mengonsumsi air mineral setidaknya 2 liter sehari untuk mengatasi batu ginjal yang masih berukuran kecil.

Selain mengeluarkan batu ginjal, minum air putih secara rutin juga mampu mencegah dehidrasi, yang kerap menyebabkan munculnya batu ginjal.

2. Jus daun basil

Kandungan asam asetat jus daun basil dianggap bermanfaat sehingga dapat dijadikan cara menghancurkan batu ginjal dan mengurangi rasa nyerinya secara alami.

Jus daun basil juga mengandung senyawa antioksidan dan antiradang yang bisa menjaga kesehatan ginjal.

Walaupun demikian, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi jus daun basil lebih dari enam minggu karena bisa menimbulkan efek samping, seperti gula darah rendah, tekanan darah rendah, hingga memperparah perdarahan.

3. Cuka apel

Obat tradisional batu ginjal selanjutnya adalah cuka apel. Bumbu dapur ini mengandung asam sitrat yang dianggap membantu menghancurkan batu ginjal.

Mengutip sebuah studi yang dirilis dalam jurnal EBioMedicine, 9 ribu partisipan yang mengonsumsi cuka apel mengalami penurunan terbentuknya batu ginjal di dalam tubuh mereka.

Baca juga: Rubah Gaya Hidup Sekarang Juga, Berikut Kebiasaan yang Dapat Membahayakan Fungsi Ginjal Anda

4. Jus lemon

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Asian Journal of Pharmaceutical Research and Development, asam sitrat yang dikandung lemon dapat menghancurkan batu ginjal berukuran kecil sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Di samping itu, air perasan lemon mengandung vitamin C yang dinilai membantu mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.

5. Jus seledri

Pada pengobatan tradisional, jus seledri dipercaya sebagai cara mengeluarkan batu ginjal secara alami yang efektif.

Jus seledri juga bisa membantu tubuh mengeluarkan cairan berlebih sehingga batu ginjal dapat dikeluarkan.

Akan tetapi, hindari konsumsi jus seledri jika Anda mengidap gangguan perdarahan, tekanan darah rendah, dan akan menjalani operasi.

6. Kaldu kacang merah

Berdasarkan studi yang dimuat dalam jurnal Nutritional and Health Aspects of Food in South Asian Countries, kaldu kacang merah diyakini dapat menghancurkan batu ginjal dan mengeluarkannya dari tubuh.

Baca juga: Penyebab Batu Ginjal dan Memperparah Asma, Berikut Efek Samping Berbahaya Buah Kiwi untuk Kesehatan Anda

7. Jus akar dandelion

Jus akar dandelion dipercaya dapat memproduksi cairan empedu dan membantu tubuh mengeluarkan limbah, meningkatkan produksi urine, dan menyehatkan sistem pencernaan.

Sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa jus akar dandelion bisa mencegah terbentuknya batu ginjal.

Meski demikian, hindari konsumsi jus akar dandelion jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah, antasida, antibiotik, lithium, dan diuretik.

8. Jus rumput gandum

Jus rumput gandum mengandung nutrisi tinggi dan dipercaya dapat membantu tubuh meningkatkan aliran urine sehingga batu ginjal bisa dikeluarkan. Jus ini juga memiliki berbagai nutrisi yang bisa menyehatkan ginjal.

Sebelum mengonsumsi obat batu ginjal alami ini, ada baiknya Anda makan terlebih dahulu karena minuman ini dapat meningkatkan risiko diare, sembelit, dan menurunkan nafsu makan jika dikonsumsi saat perut kosong.

9. Hindari minuman berkafein dan bergula

Selagi mencoba berbagai cara menyembuhkan batu ginjal, sebaiknya hindari minuman yang mengandung gula, kafein, dan alkohol.

Melansir sebuah penelitian yang dimuat dalam European Journal of Nutrition, minuman berkafein dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Di samping itu, minuman dengan pemanis buatan juga bisa mengakibatkan masalah yang sama.

Baca juga: Saran Makanan Untuk Kesehatan Ginjal, Selain Minum Air Putih Yang Cukup

10. Menjaga berat badan ideal

Menurut sebuah riset yang melibatkan 146 pasien batu ginjal, 43,8 persen dari mereka memiliki berat badan berlebih (obesitas).

Atas dasar inilah, para peneliti percaya bahwa obesitas menjadi salah satu faktor terbentuknya batu ginjal.

Pasalnya, obesitas akan meningkatkan risiko kolesterol dan tekanan darah tinggi. Kedua kondisi ini diyakini bisa menyebabkan munculnya batu ginjal.

Cara medis mengeluarkan batu ginjal

1. Mengonsumsi obat-obatan medis

Selain mengonsumsi bahan alami, dokter dapat meresepkan obat batu ginjal medis yang bisa membantu Anda mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Obat-obatan ini dikenal dengan sebutan penghambat alfa (alpha blocker), yang dapat membuat otot-otot ureter menjadi rileks sehingga batu ginjal bisa melewatinya dengan cepat dan sedikit nyeri.

Contoh obat-obatan penghambat alfa yang dapat diresepkan adalah tamsulosin atau kombinasi antara dutasteride dan tamsulosin.

2. Menjalani prosedur nefrolitotomi perkutan

Nefrolitotomi perkutan (percutaneous nephrolithotomy) adalah prosedur operasi yang dilakukan untuk mengangkat batu ginjal menggunakan teleskop kecil serta alat-alat medis yang dimasukkan ke dalam tubuh lewat punggung.

Selama prosedur ini, Anda akan mendapatkan anestesi umum (bius total) dan disarankan menginap di rumah sakit selama 1-2 hari sampai pulih.

Catatan

Meski bermanfaat, berbagai cara mengeluarkan batu ginjal secara alami di atas tidak dapat dijadikan pengobatan utama karena keampuhannya belum terbukti sepenuhnya.

Oleh karena itu, konsultasikan masalah batu ginjal Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.