Helo Indonesia

Saran Makanan Untuk Kesehatan Ginjal, Selain Minum Air Putih Yang Cukup

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Kamis, 18 Mei 2023 01:16
    Bagikan  
Bawang Putih
Foto : Ist

Bawang Putih - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Organ-organ tubuh vital sangat penting untuk dijaga. Jika organ tubuh vital terganggu atau bermasalah maka akan menyebabkan kesehatan tubuh menurun drastis.

Ginjal, salah satu organ tubuh yng harus diperhatikan dan dijaga. Organ satu ini berfungsi menyaring darah dan membuang racun di dalam tubuh.

Untuk menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih,bmenjaga pola hidup sehat. Untuk menjaga ginjal tetap sehat, ada beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi, seperti berikut :

Baca juga: Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru, Napas Jadi Lega

Kubis

Kubis merupakan sayuran bebas potasium aman bagi organ ginjal. Kandungan phytochemical didalamnya, mampu membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang menjadi pemicu penyakit kronis, seperti kanker.

Bukan itu saja, makanan sehat ini kaya akan serat, vitamin B6, K dan C, juga asam folat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa quercetin, jenis flavonoid yang kuat dengan manfaat antioksidan, melawan kemerahan, dan iritasi.

Baca juga: Kondisi Waras 2 Minggu Dirawat ke RSJ, Lansia Warga Larangan Tangkot: dari Siang Hingga Besok Pagi Gak Dikasih Makan, Sampe Perut Maag

Kacang Merah dan Kacang Polong

Mengonsumsi kacang merah juga bermanfaat banyak bagi tubuh salah satunya ialah dapat meredakan nyeri akibat batu ginjal.

Kacang polong memiliki kandungan rendah potasium dan tinggi serat. Serat sendiri diperlukan untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, yang berperan penting dalam mengelola berat badan berlebih dan diabetes. Kedua gangguan kesehatan tersebut merupakan penyebab utama penyakit ginjal.

Baca juga: Pemkab Pesawaran Dapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang ke-7

Kembang Kol

Kembang kol merupakan sayuran yang mengandung asam folat dan serat. Sayuran ini mampu membersihkan organ ginjal secara alami, serta meningkatkan fungsinya.

Kembang kol memiliki kandungan rendah potasium yang aman dikonsumsi oleh pengidap penyakit kronis.


Tags
Kesehatan