Helo Indonesia

Fakta Apa Mitos, Kutu Bersarang di Kepala karena Malas Bersihkan Rambut Pakai Shampo

M. Haikal - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 7 Juli 2023 12:28
    Bagikan  
kutu, kutu rambut,
Foto: pixabay

kutu, kutu rambut, - Kutu bisa bersarang di rambut seseorang tanpa melihat panjang atau tidaknya.

HELOINDONESIA.COM - Kutu rambut menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Binatang kecil menggelikan itu menjadikan seseorang khawatir akan kesehatan kulit kepala dan rambut.

Dengan bersarangnya kutu di rambut membuat kepala gatal. Ternyata kutu rambut tidak hanya membuat tempat tinggal pada pemilik rambut panjang atau tebal saja.

Kutu rambut juga akan menjadikan rambut pendek sebagai tempat tinggal ketika seseorang enggan atau malas merawat kesehatan kulit kepalanya.

Ada pertanyaan fakta atau mitos ketika kutu cuma pada rambut kotor.

Seperti dikutip akun Twitter HalodocID pada Jumat (7/72023), faktanya sih tidak demikian. Namun kebersihan kepala gak ada hubungannya dengan kemungkinan terkena kutu rambut.

Baca juga: Inovasi Nikuba Dilirik Lamborghini dan Ducati, DPR Minta BRIN Memverifikasi, Jangan Pandang Sebelah Mata

Tapi, kebersihan bisa berperan dalam peluang seseorang terkena kutu jenis lain, misalnya kutu tubuh. Jadi harus tetap jaga kebersihan tubuh dan jangan lupa mandi, ya!

Kemudian ada anggapan bahwa orang di sekitar mudah terkena kutu rambut ketika salah satu dari mereka memiliki masalah itu. Tidak benar kalau kutu bisa menular dengan cara melompat ke kepala orang lain.

Karena kutu itu hewan perayap dan gak bisa lompat atau terbang. Penularan kutu justru bisa terjadi dari kontak langsung dari kepala ke kepala. Penularan juga bisa karena alat rambut atau topi tepat setelah orang yang terkena kutu dipakai oleh mereka yang tak punya kutu.

Ada anggapan yang meremehkan kalau kutu bisa hilang hanya menggunakan pembersih sampo biasa. Anggapan ini juga salah. Karena untuk menghilangkan kutu di rambut kepala memerlukan shampo khusus dan sisir serit untuk membasmi kutu pada rambut.

Baca juga: Penggemar Happy Asmara Emosional Ada Kabar Denny Caknan Menikah dengan Bella Bonita

Menggunakan sisir rambut pun kutu bisa lolos. Sebab kutu besar bisa menempel di folikel rambut, sementara telur kutu bakal lengket banget dan melekat pada rambut.

Kutu tidak selalu tertarik pada rambut panjang saja. Rambut pendek pun menjadi sasaran kutu sebagai tempat tinggal. Sebab, ukuran panjang rambut tidak memengaruhi potensi kutu bersarang di rambut. Kutu bisa hidup karena memakan darah kulit kepala dan gak terganggu dengan seberapa banyak rambut yang dimiliki seseorang.

Makanya jangan heran ketika kulit kepala terasa gatal karena kutu-kutu yang bersarang sedang menghisap darah di bagian kulit kepala.

Jangan langsung memvonis juga dengan gatal di kepala berarti rambut banyak kutu. Jadi anggapan kepala gatal karena kutuan juga salah.

Baca juga: Akan diperiksa, Kejagung Minta Maqdir Ismail Bawa Duit Rp 27 Milyar yang Dikembalikan Pihak Swasta

Faktanya, orang yang terpapar kutu rambut mungkin saja tidak mengalami tanda atau gejala selama 4-6 minggu sehingga pengidapnya mungkin gak akan merasa gatal selama satu bulan atau lebih setelah kutu rambut berada di kepalanya

Kutu rambut itu gampang menular. Jadi buat kamu yang terpapar, penting banget buat pastiin bahwa kutu rambut dan telurnya sudah terbasmi tuntas dan harus dicegah supaya gak balik lagi, ya!