Helo Indonesia

Awalnya Hanya untuk Obati Gigitan Ular, Usai Diteliti Daun Sage Ternyata Bisa Obati Banyak Penyakit

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Rabu, 5 Juli 2023 22:23
    Bagikan  
Daun sage
pixabay/ anaterate

Daun sage - Daun sage sudah sejak lama digunakan sebagai tanaman herbal yang terkenal mampu mengobati berbagai penyakit.

HELOINDONESIA.COM - Daun sage merupakan tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai obat. Tanaman ini sekilas mirip dengan rosemary. Selama bertahun-tahun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada banyak manfaat kesehatan dari daun sage ini. Berawal dari penggunaan tradisional untuk pengobatan gigitan ular. Hingga saat ini daun sage banyak digunakan dalam berbagai macam masalah kesehatan.

Daun sage aslinya berasal dari daerah Mediterania. Karena tingginya permintaan daun ini, banyak negara kini membudidayakan tanaman ini, termasuk di Indonesia. Tumbuh hampir di mana saja. Tapi tumbuh lebih baik di daerah yang kaya sinar matahari. Karena itulah tanaman ini lebih cocok dibudidayakan di negara tropis seperti di Tanah Air kita.

Seperti disebutkan di atas, daun sage membawa banyak manfaat. Di bawah ini adalah manfaat kesehatan dari daun sage:

Baca juga: Khasiat Daun Sirsak untuk Menurunkan Berat Badan

1. Masalah Pencernaan

Daunnya adalah tonik perangsang hebat yang dapat mengobati sakit perut dan mencegah masalah sistem pencernaan. Teh atau infus sage sangat efektif untuk mengatasi masalah ini. Efek karminatifnya bekerja untuk menghilangkan gejala gangguan pencernaan dengan merangsang sekresi pencernaan bagian atas dan fungsi pankreas.

2. Gastroenteritis

Sage dapat digunakan sebagai pengobatan untuk masalah pencernaan dan dispepsia. Ini membantu mengurangi mual saat perut kosong. Selanjutnya, penelitian menunjukkan bahwa infus daun sage mengurangi kondisi gastritis di dalam perut. Ini membantu meredakan sindrom muntah pada gejala gastroenteritis.

3. Diare

Sehubungan dengan kemampuan untuk menangani gastroenteritis, daun sage membantu melawan diare. Vitamin C dari daun sage meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri perut yang biasanya menjadi penyebab utama diare.

4. Mulas

Daun sage dapat digunakan sebagai pengobatan untuk meredakan sakit maag. Nutrisi yang terkandung di dalam daun membantu mengontrol asam sehingga akan mengurangi mulas. Ini juga membantu mengembangkan enzim pencernaan. Sehingga makanan mudah dicerna dan metabolisme usus dapat ditingkatkan.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan, Mulai dari Mencegah Kanker Hingga Atasi Ketombe

5. Anti-Depresan

Ketika digunakan sebagai aromaterapi melalui essential oil memberikan rasa lega pada syaraf. Oleh karena itu, membantu sebagai anti-depresan untuk mencegah stres. Ini menyembuhkan ketegangan saraf dan membawa hormon serotonin. Sehingga tubuh akan terasa lebih nyaman dan pikiran akan terasa tenang.

6. Sindrom PMS

Sehubungan dengan anti-depresan, memberikan manfaat untuk meredakan perasaan saat PMS. Bukti ilmiah juga menunjukkan bahwa aromaterapi daun sage membantu menyeimbangkan hormon selama periode PMS. Hal ini juga dapat mengurangi kram menstruasi.

7. Berhenti Menyusui Secara Alami

Efek estrogenik dapat bermanfaat bagi wanita yang mencoba mengeringkan suplai ASI mereka. Ini adalah cara alami untuk menghentikan produksi ASI. Oleh karena itu, membantu mengurangi risiko mastitis bagi wanita yang telah berhenti menyusui bayinya.

8. Sindrom Menopause

Rutin mengkonsumsi daun sage akan memperbaiki sistem menopause. Ini dapat mengurangi semburan panas selama menopause.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan Daun Pecah Beling atau Keji Beling, dan Cara Menggunakannya

9. Kesehatan Gusi

Senyawa tertentu dalam sage tampaknya memiliki aksi antiinflamasi. Ada sebuah penelitian yang menyelidiki efek dari berbagai senyawa ini pada respon inflamasi pada fibroblas gingiva. Yang merupakan jenis sel yang umum ditemukan di jaringan ikat gusi. Oleh karena itu membantu menenangkan gusi yang bengkak. Vitamin C membantu menjaga kesehatan gusi dan menghindari bakteri penyebab rasa sakit pada gusi.

10. Asma

Efek anti-spasmodik sage mengurangi ketegangan pada otot polos. Ini akan digunakan untuk menghirup uap dan mampu mencegah serangan asma. Ini efektif dalam menghilangkan kemacetan lendir dan juga mencegah infeksi sekunder.

11. Menjaga Kolesterol

Mengkonsumsi daun ini akan membantu menurunkan jumlah kolesterol, trigliserida dan kadar LDL. Selanjutnya akan meningkatkan HDL, sehingga tubuh dapat menjaga kadar kolesterol.

12. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Sehubungan dengan manfaat menjaga kadar kolesterol, daun akan bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Ini berarti membantu mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke. Kandungan salvigenin pada daun bekerja sebagai pelemas pembuluh darah. Sehingga pembuluh darah dapat terjaga dengan baik.

Baca juga: Atasi Peradangan Hingga Cegah Kanker, Berbagai Ini Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

13. Mencegah Diabetes

Ada beberapa penelitian yang membuktikan ekstrak daun sage memiliki sifat anti-hiperglikemik. Ini bekerja dengan menurunkan kadar glukosa darah dengan menghalangi pelepasan glukosa yang disimpan dari hati. Ini adalah cara yang efektif untuk menurunkan kadar trigliserida pada penderita diabetes tipe 2. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

14. Meningkatkan Kesehatan Otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun sage dapat meningkatkan daya ingat. Ini bekerja dengan baik untuk menghindari sindrom Alzheimer. Selanjutnya, itu memblokir proses degradasi aktivitas neurotransmitter di otak.

15. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun sage adalah toner yang baik untuk kulit berminyak. Ini bekerja dengan mengatur produksi sebum di wajah berminyak. Selain itu, ini akan membantu kulit tubuh menjadi halus dan halus. Kandungan nutrisi pada daunnya membantu mengatasi beberapa masalah kulit seperti eksim dan jerawat.

Baca juga: Manjakan Dirimu dengan Menikmati Campuran Lemon, Daun Nilam dan Kayu Putih jadi Aromaterapi

16. Menjaga Kesehatan Rambut

Ini membantu memperbaiki tekstur dan warna rambut. Mengoleskan daun sage sebagai bilasan akan menghasilkan rambut yang berkilau. Ini juga merangsang folikel rambut untuk pertumbuhan yang cepat. Rebus daun sage dengan mudah selama beberapa menit dan didihkan. Bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Rambut akan semakin kuat dan warna rambut menjadi lebih gelap.

17. Pengobatan Radang Tenggorokan

Infus daun sage telah terbukti efektif dalam pengobatan radang tenggorokan dan amandel serta radang tenggorokan. Menggunakan ini sebagai obat kumur dua kali sehari akan memberikan bantuan cepat. Vitamin C yang terkandung dalam daun membantu meningkatkan kekebalan terhadap peradangan.

18. Menghilangkan Bau Badan

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa hal itu membantu mengurangi keringat. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghilangkan bau badan. Beberapa produk deodoran menggunakan konsentrat ini. Memang, ada banyak manfaat kesehatan dari daun sage.