Helo Indonesia

Bisa Bentuk Masker atau Shampo, ini Manfaat Kopi Merawat Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

M. Haikal - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 4 Juli 2023 20:49
    Bagikan  
shampo rasa kopi,
Foto: tangkapan layar

shampo rasa kopi, - Shampo berbahan kopi memiliki manfaat kesehatan untuk rambut dan kulit kepala.

HELOINDONESIA.COM - Hai guys, sekarang lagi ngetrend loh merawat kesehatan rambut menggunakan shampo beraroma kopi. Bagi sebagian orang mungkin merasa aneh mengapa shampo rasanya kopi.

Mungkin kalau minuman aroma kopi sudah biasa. Tapi ini busa pembersih rambut dan kulit kepala rasa kopi. Tapi ternyata penelitian kesehatan membuktikan kalau kopi memang memiliki manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba merawat rambut menggunakan kandungan kopi:

Pertama, Masker kopi.

Campurkan bubuk kopi dengan bahan-bahan seperti minyak kelapa atau yogurt untuk membuat masker rambut. Oleskan campuran ini ke rambut basah, biarkan selama beberapa waktu, lalu bilas dengan air hangat.

Baca juga: Laga Arema FC vs Persib Bandung di Gianyar Bali, Penonton Dapat Konsumsi dan Asuransi

Kedua, shampo kopi.

Beberapa merek shampo mengandung ekstrak kopi. Anda dapat mencoba menggunakan shampo semacam itu sebagai bagian dari rutinitas perawatan rambut.

Penting untuk diingat bahwa kopi memiliki pigmen yang kuat. Sehingga penggunaan berlebihan atau penggunaan kopi yang terlalu kuat secara topikal pada rambut dapat meninggalkan noda atau warna pada rambut terutama untuk rambut yang lebih terang.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kecantikan sebelum mencoba metode perawatan rambut apa pun, termasuk penggunaan kopi, terutama jika kamu memiliki kondisi kulit atau rambut tertentu atau sensitivitas yang perlu diperhatikan.

Beberapa manfaat yang dikaitkan dengan penggunaan kopi untuk perawatan rambut di antaranya:

Baca juga: Pacu Adrenalin, Gebangan Downhill Track Mulai Diminati Pesepeda Mancanegara

Pertama, kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang folikel rambut dan meningkatkan aliran darah ke akar rambut. Kandungan tersebut dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat.

Kedua, beberapa penelitian menunjukkan bahwa aplikasi topikal kopi dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Kandungan antioksidan dalam kopi dapat membantu mengurangi kerusakan sel kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Ketiga, sifat hidratasi alami kopi dapat membantu menjaga kelembapan rambut dan memberikan kilau alami. Beberapa produk perawatan rambut juga mengandung ekstrak kopi untuk memberikan manfaat ini.