Helo Indonesia

Jerawat Hingga Kolesterol Minggir, Berikut Ini Manfaat dan Efek Samping dari Getah Guggul

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Rabu, 28 Juni 2023 20:24
    Bagikan  
Tanaman Commiphora wightii penghasil guggul
ist

Tanaman Commiphora wightii penghasil guggul - Tanaman Commiphora wightii menghasilkan resin atau getah yang disebut guggul. Guggul ini yang banyak digunakan sebagai obat herbal.

HELOINDONESIA.COM - Bagi sebagian orang di Indonesia, nama guggul mungkin masih asing di telinga. Guggul sendiri menurut Wikipedia berasal dari tanaman asli India dengan nama latin Commiphora wightii, tumbuhan berbunga dalam famili Burseraceae, yang menghasilkan resin harum yang disebut gugal, guggul atau gugul, yang digunakan dalam dupa dan pengobatan Veda.

Guggul telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda bahkan sejak 600 SM. Karena guggul terkenal dengan kandungannya yang dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida. Tak hanya itu, guggul juga bisa mengurangi kemerahan dan bengkak pada jerawat yang meradang. Berikut adalah beberapa informasi penting yang harus Anda ketahui tentang guggul!

Mengobati jerawat

Jika wajah Anda penuh dengan jerawat dan sulit dihilangkan, guggul adalah solusinya. Guggul dapat mengobati jerawat parah di wajah, dada, dan punggung. Selain itu, guggul mengurangi rasa sakit, peradangan, dan jumlah jerawat yang timbul.

Tidak efektif menurunkan berat badan

Meski banyak yang mengklaim guggul bisa menurunkan berat badan, faktanya guggul tidak efektif untuk menurunkan berat badan. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa guggul yang dikombinasikan dengan fosfat, olahraga, dan diet rendah kalori hanya menurunkan sedikit berat badan. Sedangkan jika dikonsumsi sendiri tanpa kombinasi apapun, guggul tidak mempengaruhi penurunan berat badan.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan, Mulai dari Mencegah Kanker Hingga Atasi Ketombe

Menurunkan kolesterol

Banyak orang menggunakan guggul sebagai cara menurunkan kolesterol dengan dosis 3000 hingga 6000 mg guggul per hari. Metode ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Meningkatkan osteoarthritis

Penelitian awal membuktikan bahwa mengkonsumsi guggul 500 mg manfaat kesehatan dan efek samping 3 kali sehari dapat meningkatkan nyeri pada penderita osteoarthritis.

Arthritis yang memburuk

Penelitian awal membuktikan konsumsi guggul 3000 mg per hari selama 4 bulan dapat memperbaiki gejala rheumatoid arthritis

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan Daun Pecah Beling atau Keji Beling, dan Cara Menggunakannya

Penggunaan guggul tidak boleh sembarangan karena dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu. Batas aman penggunaan guggul adalah 72 mg per hari. Guggul dapat memiliki efek samping seperti sakit perut, sakit kepala, mual, muntah, diare, dan bersendawa. Mengkonsumsi guggul juga dapat memicu alergi seperti ruam dan gatal jika penggunaannya melebihi 6000 mg per hari.

Peringatan

Manfaat kesehatan Guggul dan efek sampingnya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Karena dapat merangsang rahim. Sehingga dikhawatirkan akan membahayakan bayi dalam kandungan. Selain itu, guggul juga meningkatkan pendarahan selama operasi. Sebaiknya hentikan konsumsi guggul minimal 2 minggu sebelum operasi