Helo Indonesia

9 Bahan Alami Berkhasiat Menghilangkan Rambut Beruban

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Kamis, 15 Juni 2023 07:02
    Bagikan  
Ilustrasi Rambut Beruban
Foto : Tangkapan Layar

Ilustrasi Rambut Beruban - (Freepik)

HELOINDONESIA.COM - Rambut beruban pasti dialami setiap orang seiring bertambahnya usia. Sel pigmen pada folikel rambut perlahan berkurang. Ketika hanya ada sedikit sel pigmen, batang rambut tak lagi bisa mengandung melanin.

Rambut beruban bisa lebih cepat meskipun usia masih terbilang muda. Faktor lainnya yang menyebabkan rambut beruban yaitu terkait genetik atau faktor keturunan.

Namun jika rambut telah beruban, jangan merasa kecil hati. Sebab, ada beberapa cara untuk menghitamkan rambut kembali. 

Sebagian orang menggunakan cara dengan menyemir rambut. Tapi ada sejumlah cara untuk menghitamkan rambut secara alami dan permanen.

Baca juga: Sandiaga Uno Resmi Gabung ke PPP, Netizen: Jangan Lompat Lagi Ya, Dosa Besar Melompati Kabah

Cara berikut ini mampu membuat rambut lebih gelap dan sehat. Sebab bahan alami ini mempunyai kandungan dan nutrisi untuk kesehatan rambut. Cara ini bisa Anda coba dan lakukan secara rutin. 

Cek beberapa cara berikut ini !

1. Minyak Wijen dan Telur.

Minyak wijen memiliki kandungan anti-oksidan sesamol dan sesaminol, serta multivitamin, yang dibutuhkan rambut. Bahan Alami ini,bagus untjk digunakan dalam perawatan rambut beruban.

2. Minyak Kemiri.

Khasiat minyak kemiri sudah tidak disangsikan lagi. Minyak kemiri dipercaya dapat menyuburkan dan membuat rambut lebih hitam.

Baca juga: Muhadjir Soal Respon Jokowi Ada Usulan Libur Idul Adha 2 Hari : Positif

Kemiri mengandung vitamin E, Omega-6, dan Omega-9 yang kaya akan anti-oksidan serta memberi nutrisi ekstra pada akar rambut.

Cara memakainya dengan mengoleskan pada kulit kepala. Jika digunakan secara rutin, bagus juga untuk menghitamkan rambut beruban secara alami dan permanen!

3. Daun Jambu Biji.

Daun jambu biji tidak hanya berkhasiat untuk menyembuhkan sakit diare, namun kandungan vitamin C dan anti-oksidan di dalam daun jambu biji, bermanfaat untuk menghitamkan rambut beruban. Rutin membilas rambut dengan air jambu biji bisa menghaluskan folikel atau permukaan batang rambut, sehingga rambut yang kusam perlahan kembali menunjukkan kilaunya. Rambut juga terasa lebih halus dan gampang diatur!

Baca juga: Dugaan Korupsi Retribusi Sampah, Sidang Hadirkan 3 Saksi

4. Urang-Aring.

Urang aring berasal dari tanaman bernama ilmiah Eclipta alba, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama False Daisy. Kandungan di dalamnya ternyata terbukti punya banyak manfaat untuk rambut. Daun dari tumbuhan ini punya pewarna hitam alami, yang memang biasa digunakan sejak dulu sebagai cara menghitamkan rambut beruban secara alami dan permanen.

Cara menggunakan, cukup dengan dioleskan sebagai masker rambut. Namun sambil dipijat-pijat lembut lalu iamkan selama 30-60 menit. Kemudian bilas sampai bersih. Ulangi sebanyak 2 kali dalam seminggu.

5. Lidah Buaya.

Jenis tanaman ini mudah ditemukan dan mengandung anti-oksidan yang dibutuhkan rambut beruban agar kembali sehat. 

Baca juga: 19 Kali Rampok BRIlink, Pelaku Ditangkap Saat Mau Kabur Ke Jawa

Anda bisa memilih produk gel atau lidah buaya asli. Penggunaannya langsung pada kulit kepala. Diamkan 10-15 menit hingga meresap ke dalam rambut. Bilas hingga bersih. Lakukan seminggu sekali agar rambutmu tampak semakin hitam dan berkilau.

Atau buat masker rambut dari lidah buaya asli. Caranya, ambil beberapa batang lidah buaya yang kulitnya tebal. M Potong-potong dan hancurkan sampai teksturnya halus. Tak perlu dicuci atau dibilas, karena getah lidah buayalah yang berkhasiat untuk menggelapkan rambutmu secara alami.

6. Daun Bunga Sepatu.

Tidak banyak yang tahu Daun bunga sepatu mempunyai nutrisi baik untuk menghitamkan rambut. Kandungan seperti pigmen alami, anti-oksidan, dan vitamin mampu menggelapkan rambut. 

Baca juga: Jika Prabowo Terpilih Jadi Presiden, Petani Tak Kesulitan Pupuk

Pasti Anda ingin tahu bagaimana cara menggunakan daun bunga sepatu? Caranya keringkan daun bunga sepatu sampai menjadi bubuk atau mencampurkannya bersama bahan lainnya.

Dengan campuran daun kari, dan 1 sdm minyak kelapa, akan semakin efektif untuk mencegah uban dan menjadikan warna rambut lebih berkilau.

Hancurkan semua daun hingga lumat, lalu campurkan minyak kelapa. Aduk hingga rata. Gunakan campuran ini langsung pada rambut kering. Ratakan dan pijat kulit kepala sekitar 5 menit. Diamkan selama sekitar 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Baca juga: Laga Uji Coba Persik vs Madura United Berbayar, Layani Pembelian Tiket di Online

7. Kulit Kentang.

Kulit kentang, salah satu bahan alami menghitamkan rambut beruban secara permanen. Karena kulit kentang mengandung protein, vitamin A, B, dan C, magnesium, niacin, dan anti-oksidan dalam enzim polifenol. Kombinasi ini yang bisa membantu menggelapkan rambut.

Kulit kepala anda dibilas dengan air rebusan kulit kentang. Jangan lupa untuk memijat kulit kepalamu. Atau, kamu juga bisa menuangkan air rebusan ini ke dalam botol spray agar lebih praktis.

8. Minyak Kelapa 

Minyak kelapa banyak mengandung nutrisi untuk menghitamkan rambut. Sebab selain memiliki kandungan asam laurat yang cukup tinggi, minyak kelapa juga punya manfaat anti-oksidan berkat kandungan polifenol di dalamnya. Minyak alami ini juga punya kandungan Vitamin E yang bagus untuk regenerasi sel dan meningkatkan kolagen

Baca juga: DPP Gerindra: Bagus Mirza Next Wali Kota, Tapi Fokus Dulu Prabowo Presiden

Kombinasi nutrisi dan kandungan dalam minyak kelapa selain melembabkan, juga merubah ubahn secara permanen.

9. Teh Hitam.

Teh hitam dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, mampu memberi rona gelap pada rambut. Teh hitam direkomendasikan sebagia salah satu cara untuk menghitamkan rambut selain menstimulasi pertumbuhan rambut.

Caranya, teh yang sudah dibalurkan pada kulit kepala sambil dipijat. Biarkan selama 30 menit. Setelah selesai bilas dengan shampo hingga bersih.

Menggunakan csra menghitamkan rambut dengan bahan alami ini, hasilnya tidak akan langsung mengubah rambut berban anda. Pastikan Anda juga nelakukan perawatan agar akan bertahan lama. Selain itu pastikan Anda rutin mengulang perawatan ini.