Helo Indonesia

Rasa Pedas dan Manis Adas, Daun, Batang, Tangkai, Biji dan Bonggol Berikan Manfaat

M. Haikal - Ragam -> Kesehatan
Rabu, 5 Juni 2024 17:15
    Bagikan  
Minyak Adas
Foto: tangkapan layar

Minyak Adas - Tanaman Adas dan banyaknya manfaat untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Di kalangan para petani, tanaman adas sangat familiar dengan sebutan adas pedas atau bahasa latinnya foeniculum vulgare miller.

Rasanya memang pedas. Tapi juga ada yang manis. Tanaman yang berasal dari Kawasan Mediterania ini bagian dari suku adas-adasan atau apiaceae.

Banyak manfaat yang didapat dari salah satu bahan baku minyak atsiri ini. Semua bagian adas yang meliputi daun, batang, tangkai, biji, dan bonggolnya memberikan banyak manfaat. Tak hanya sebagai bumbu masakan melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Adas mengandung serat makanan, karbohidrat, protein, dan lemak tetapi tanpa kolesterol. Vitamin yang dikandung oleh adas meliputi vitamin A, vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin b2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B9 (asam folat), vitamin E, dan vitamin K.

Baca juga: Expose Perkara Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif Justice Disetujui oleh Jampidum 

Adas juga mengandung berbagai mineral penting, seperti fosfor, zat besi, kalsium, seng, natrium, potasium, mangan, selenium, magnesium, sodium, dan tembaga.

Di samping itu, ada juga beberapa zat lain yang dikandungnya. Kandungan zat lainnya yang terkandung di dalam adas, seperti kolin, lutein, zeaxantin, anetol, flavonoid, asam rosmarinic, asam klorogenik, terpen, dan beberapa asam amino esensial seperti leusin, isoleusin, triptofan, dan fenilalanin.

Beberapa manfaat adas untuk kesehatan tubuh di antaranya; pertama, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena adas mengandung zat seperti selenium, antioksidan, dan memiliki efek untuk merangsang produksi sel T yang bisa menyingkirkan berbagai zat asing penyebab penyakit.

Kedua, menghentikan sakit radang dan infeksi di dalam tubuh. Beberapa zat seperti kolin dan anetol memiliki sifat antiinflamasi. Adas mengandung zat yang bersifat antibakteri. Ini bisa melawan serangan bakteri seperti Salmonella dan E coli.

Baca juga: Ternyata Warga Larangan Ciledug, Terungkap Sutradara Mama Muda Cabuli Anaknya Fyp di TikTok

Ketiga menjaga kesehatan jantung. Sebab, adas mengandung banyak zat kalium, serat, piridoksi, asam folat, dan vitamin C. zat-zat gizi tersebut bisa menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah. Kandungan vitamin B-nya juga bisa mencegah kerusakan pembuluh darah yang sangat terkait dengan kesehatan jantung.

Keempat mencegah penyakit tulang. Karena adas mengandung mineral seperti kalsium, mangan, zat besi, dan seng yang bisa menjaga struktur tulang tetap kokoh. Beberapa vitamin seperti vitamin B9 atau asam folat dan vitamin K bisa menurunkan risiko terjadinya patah tulang. Vitamin K juga sangat penting untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

Kelima, memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Terutama terkait sistem pencernaan. Pengonsumsian adas bisa meningkatkan sistem pencernaan di dalam tubuh yang berdampak pada berat badan tubuh.

Baca juga: Menguak Sosok Icha Shakila, Dalang Video Asusila Ibu dan Anak Baju Biru yang Viral

Keenam, membantu mengontrol tekanan darah karena adas mengandung natrium dan kalium yang memiliki peran penting terhadap tekanan darah. Kandungan natrium bisa menurunkan tekanan darah, sedangkan kandungan kaliumnya bisa membantu kontraksi pembuluh darah.

Ketujuh, mencegah penyakit kanker. Kandungan antioksidan, folat, dan selenium di dalam tanaman adas menjadikan adas bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker bisa dicegah karena adas membantu menangkal radikal bebas dan melakukan detoksifikasi racun penyebab kanker.