Helo Indonesia

Waspada Sakit Tenggorokan yang Tak Kunjung Hilang Pertanda Terkena Kanker Leher !

Minggu, 19 Mei 2024 22:04
    Bagikan  
Ilustrasi
Pinterest

Ilustrasi - Sakit Tenggorokan

HELOINDONESIA.COM - Jika mengalami sakit tenggorokan yang terus menerus kalian wajib waspada karena bisa menjadi tanda utama terkena kanker kepala dan leher atau head and neck cancer.

Dikutip dari National Cancer Institute, kanker kepala dan leher adalah kanker yang berasal dari sel-sel skuamosa yang melapisi permukaan mukosa kepala dan leher, misalnya di dalam mulut, hidung, dan tenggorok.


Kanker ini disebut sebagai karsinoma sel skuamosa pada kepala dan leher. Selain itu, kanker kepala dan leher juga bisa dimulai di kelenjar ludah, sinus, atau otot atau saraf di kepala dan leher, namun jenis kanker ini jauh lebih jarang terjadi dibandingkan karsinoma sel skuamosa.

Lebih lanjut, Medical Director of Cancer Treatment Facility Proton Therapy Center, Jiri Kubes menekankan beberapa tanda peringatan dini sangat mudah terlewatkan pada jenis kanker ini.


"Kanker kepala dan leher merupakan salah satu jenis kanker yang paling cepat berkembang di dunia dan diagnosis dini dapat membuat perbedaan besar dalam peluang untuk mengalahkannya," katanya dikutip dari Mirror.

"Beberapa gejala awal dapat dengan mudah disalahartikan sebagai penyakit umum lainnya sehingga penting untuk menyadari setiap perubahan pada tubuh dan mengatasi setiap kekhawatiran," jelas Jiri Kubes.

Kubes menjelaskan sakit tenggorokan persisten yang berlangsung lebih dari dua minggu adalah salah satu gejala dari kanker kepala dan leher. Selain itu, beberapa gejala seperti gusi sakit, luka, rasa nyeri pada gigi, bercak putih atau merah di dalam mulut bisa menjadi tanda-tanda yang jelas.