Helo Indonesia

Ngeri, Dua Orang Tewas Akibat Penembakan Jelang Pembukaan Piala Dunia Sepak Bola Wanita di Auckland Selandia Baru

Winoto Anung - Internasional
Kamis, 20 Juli 2023 09:15
    Bagikan  
Polisi Selandia Baru
Aljazeera

Polisi Selandia Baru - Polisi Selandia Baru menanggapi penembakan di Auckland di kawasan pusat bisnis tempat beberapa tim dari Piala Dunia Wanita menginap [Abbie Parr/AP Photo]

HELOINDONESIA.COM - Mengerikan. Menjelang perrtandingan pembukaan Piala Dunia Sepak Bola Wanita di Auckland, Selandia Baru, terjadi penembakan yang mengerikan. Dua orang tewas enam luka-luka akibat penembakan itu. Pelaku penembakan akhirnya juga tewas oleh petugas.

Perdana Menteri Chris Hipkins mengatakan turnamen sepak bola akan berjalan sesuai rencana, menambahkan penembakan itu tampaknya merupakan tindakan individu dan polisi tidak mencari orang lain sehubungan dengan insiden tersebut.

"Tidak ada motivasi politik atau ideologis yang teridentifikasi untuk penembakan itu dan karena itu tidak ada risiko keamanan nasional," kata Hipkins dalam jumpa pers di televisi.

Tidak akan ada perubahan pada tingkat ancaman keamanan Selandia Baru, meskipun akan ada peningkatan kehadiran polisi di kota tersebut, katanya.

Baca juga: Piala Dunia U-17, Bima Sakti Akan Didampingi Pelatih Dari Jerman

Polisi mengatakan penembak, bersenjatakan senapan pompa, bergerak melalui lokasi bangunan dan setelah mencapai tingkat atas, dia "menahan diri di dalam lubang elevator". "Tembakan lebih lanjut dilepaskan dari pria itu, dan dia ditemukan tewas beberapa saat kemudian," kata polisi.

Auckland menyambut ribuan pemain internasional dan turis untuk Piala Dunia Wanita kesembilan yang diselenggarakan bersama oleh Australia dan Selandia Baru.

Dalam dua pertandingan pembukaan Kamis, Norwegia melawan Selandia Baru di Auckland sementara Australia menghadapi Irlandia di Sydney.

Baca juga: Persik Kediri Hadapi RANS Nusantara Tanpa Center Bek Anderson dan Dua Pemain Lainya, Tapi Pelatih Marcelo Punya Alasa Begini

Penembakan terjadi di dekat hotel tim Norwegia di pusat kota Auckland, dan beberapa pemain melaporkan ke media sosial bahwa mereka aman.

"Semuanya tampak tenang, dan kami bersiap seperti biasa untuk pertandingan malam ini," kata kapten Norwegia Maren Mjelde kepada surat kabar Norwegia Verdens Gang selama operasi polisi.

Acara pelatihan tim Italia telah ditunda karena para pemain tidak dapat keluar dari hotel mereka, kata tim tersebut, sementara tim Amerika Serikat mengatakan semua pemain dan stafnya telah diperhitungkan dan aman.

Baca juga: Usai Bertemu Prabowo, Yunarto Charta Politika Ucapkan Selamat ke Budiman Sudjatmiko, Gabung Gerindra?

Douglas Emhoff, suami Wakil Presiden AS Kamala Harris, memimpin delegasi presiden ke Selandia Baru untuk menghadiri upacara pembukaan Piala Dunia, selamat, kata kedutaan AS.

Beberapa jalan di Auckland ditutup, semua layanan feri ke kota telah dibatalkan dan bus yang melewati beberapa daerah akan dialihkan. Sebuah acara FIFA Fan Festival hanya beberapa blok dari lokasi syuting juga ditunda.

“Tampaknya ini adalah tindakan satu individu. Ini bukan ancaman terhadap keamanan nasional, juga tidak terkait dengan Acara Piala Dunia Wanita FIFA,” kata Walikota Auckland Wayne Brown dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Persik Kediri Hadapi RANS Nusantara Tanpa Center Bek Anderson dan Dua Pemain Lainya, Tapi Pelatih Marcelo Punya Alasa Begini

Kekerasan senjata jarang terjadi di Selandia Baru, yang memperketat undang-undang senjatanya setelah seorang pria bersenjata membunuh 51 jamaah Muslim di Christchurch pada 2019 dalam penembakan massal terburuk di negara itu pada masa damai. (*)

(Winoto Anung)