Helo Indonesia

Para Pemimpin Dunia Beri Selamat ke Erdogan Usai Menangi Pilpres Turki, Ini Ucapan Presiden Jokowi

Winoto Anung - Internasional
Senin, 29 Mei 2023 14:34
    Bagikan  
Erdogan dan Jokowi
twitter / @jokowi

Erdogan dan Jokowi - Presiden Jokowi dan Preiseiden recep Tayyip Erdogan saat bertemu pada konferensi G20 di Bali,

HELOINDONESIA.COMPara pemimpin dunia mengucapkan selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah dia memenangi putaran kedua Pilpres Turki bersejarah yang menjadi tantangan terbesar dalam 20 tahun kekuasaannya. Erdogan mengungguli capres dari oposisi Kemal Kilicdaroglu.

Erdogan memenangkan kursi kepresidenan Turki dengan 52,14 persen suara, kata ketua Dewan Pemilihan Tertinggi, Ahmet Yener, pada hari Minggu, membuat hasil resmi.

Dengan 99,43 persen kotak suara dibuka, saingan Erdogan Kemal Kilicdaroglu menerima 47,86 persen suara, kata Yener. Dengan selisih lebih dari dua juta suara antar kandidat, sisa surat suara yang tidak dihitung tidak akan mengubah hasil, tambahnya.

Pemilihan, di mana lebih dari 64 juta orang Turki di dalam dan luar negeri berhak untuk memilih, berlangsung dengan latar belakang krisis biaya hidup yang menyebabkan puncak inflasi mencapai 85 persen pada bulan Oktober dan gempa bumi pada bulan Februari yang menewaskan lebih dari 50.000 orang. rakyat.

Baca juga: Gerak Cepat, Polri Usut Kebocoran Rahasia Negara di MK Tentang Putusan Pemilu Sistem Proporsional Tertutup

Erdogan, 69, yang berkuasa pada tahun 2003, awalnya sebagai perdana menteri, menawarkan visi pembangunan lebih lanjut, berjanji untuk memperluas perbaikan yang dibuat oleh pemerintahan Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK).

Pemimpin terlama anggota NATO Turki diuji tidak seperti sebelumnya dalam apa yang secara luas dilihat sebagai pemilihan paling penting di negara itu dalam 100 tahun sejarahnya sebagai republik pasca-Ottoman.

Tanpa mengakui kekalahan secara resmi, Kilicdaroglu berkata: “Kesedihan saya yang sebenarnya adalah tentang kesulitan yang menunggu negara.”

Berikut adalah beberapa reaksi dari negara dan organisasi lain:

Baca juga: Petani Tusuk Hingga Tewas Kaur Pekon Kesugihan, Kotaagung Barat

Sekjen PBB, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah mengucapkan selamat kepada Erdogan atas triplane kembali sebagai presiden.

“Dia berharap untuk lebih memperkuat kerja sama antara Türkiye dan PBB,” kata juru bicara Stephane Dujarric dalam sebuah pernyataan.

Indonesia. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat ata terpilihnya Presiden Recep Tayyip Erdogan menjadi Presiden setelah memenangkan Pilpres Turki. Jokowi menuliskan di akun Twitter @jokowi.

“Warmest congratulations to my dear brother President Erdogan @RTErdogan  of Türkiye on his re-election. Ready to continue & strengthen Indonesia-Türkiye long-standing strategic partnership, for the benefit of our peoples.”

Baca juga: Anas Urbaningrum Sentil SBY Bikin Gaduh, Netizen: Arwah yang Digantung di Monas Sudah Keluar

Salam hangat untuk saudaraku Presiden Erdogan@RTErdogan  dari Türkiye pada pemilihan ulangnya. Siap melanjutkan & memperkuat kemitraan strategis jangka panjang Indonesia-Türkiye, untuk kepentingan rakyat kita,” tulis Presiden Jokowi.

Amerika Serikat, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan diplomat top Antony Blinken telah mengirimkan ucapan selamat kepada Erdogan atas kemenangannya.

“Saya berharap untuk terus bekerja sama sebagai Sekutu NATO dalam masalah bilateral dan berbagi tantangan global,” kata Biden dalam tweet.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken menyebut Turki “Sekutu dan mitra @NATO yang berharga.” “Saya menantikan kerja sama berkelanjutan kami dengan pemerintah yang dipilih oleh rakyat Turki,” katanya.

Baca juga: Komentari Sistem Pemilu itu Soal Pilihan Tidak Halal dan Haram, Anas Urbaningrum Ditagih Netizen Kapan Digantung di Monas

Blinken juga memuji tingkat partisipasi yang tinggi pada hari Minggu dan "tradisi demokrasi yang panjang" di negara itu.

Rusia, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kemenangan Erdogan adalah bukti bahwa rakyat Turki menghargai "pekerjaan tanpa pamrih" dan kebijakan luar negerinya yang independen.

“Kemenangan pemilu adalah hasil alami dari kerja tanpa pamrih Anda sebagai kepala Republik Turki, bukti nyata dukungan rakyat Turki atas upaya Anda memperkuat kedaulatan negara dan menjalankan kebijakan luar negeri yang independen,” kata Putin dalam sebuah pesan. kepada Erdogan, menurut Kremlin.

“Kami sangat menghargai kontribusi pribadi Anda untuk memperkuat hubungan persahabatan Rusia-Turki dan kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang,” kata Putin.

Baca juga: Rilis Video Terbaru, KKB Papua Ancam Akan Tembak Mati Pilot Susi Air

NATO

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg juga turun ke Twitter untuk memberi selamat kepada Erdogan atas kemenangan pemilihannya.

“Selamat Presiden (Erdogan) atas terpilihnya kembali Anda. Saya berharap untuk melanjutkan kerja sama kita dan mempersiapkan KTT NATO pada bulan Juli,” tweetnya.

Selain itu, sejumlah pemimpin dunia dari berbagai negara juga sudah mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangan dalam Pilpres turki, Minggu 28 mei 2023. Mereka adalah para pemimpin dari negara: Qatar, Ukraina, Jerman, Saudi Arabia, Prancis, Uni Eropa, Inggris, Armenia, Swedia, Israel, Libya, Hungaia, Palestina, Azerbaijan, Iran, Sudan Serbia, Pakistan, Venezuela, UEA Unuted Arab Emirates, Brazil, Sfganistan, Malta, Algeria. (*)

(Winoto Anung)