Helo Indonesia

Kasus Pelik, Hilang Sejak 2007 di Portugal, Anak Inggris yang Hilang Masih Terus Dicari

Winoto Anung - Internasional
Selasa, 23 Mei 2023 17:36
    Bagikan  
Polisi Portugal
ArabNews

Polisi Portugal - Polisi Inggris, Portugis, dan Jerman masih menyelidiki apa yang terjadi pada malam ketika Madeleine McCann menghilang dari tempat tidurnya di resor Portugis selatan pada 3 Mei 2007. (AP)

HELOINDONESIA.COM - Ini kasus pelik. Seorang anak Inggris Bernama Madeleine McCann hilang sejak 2007 silam di wilayah Algarve selatan Portugal. Anak itu artinya sudah 16 tahun lalu hilangnya, ketika masih usia 3 tahun. Namun, masih terus dicari. Pencari lanjutan dimulai Selasa lalu. 

Pencarian pun melibatkan polisi Portugal, Inggris dan Jerman, sebab kasusnya pelik. Diduga terkait dengan pria Jerman yang pernah memperkosa di Portugal.

Antara 20 dan 30 petugas, beberapa berseragam, terlihat di daerah dekat bendungan Arade, sekitar 50 kilometer (30 mil) dari Praia da Luz, tempat bocah berusia 3 tahun terakhir terlihat hidup pada tahun 2007.

Polisi Portugal telah mendirikan tenda dasar biru dan menutup area tersebut untuk media dan publik. Saksi mata mengatakan polisi mulai menggeledah tak lama sebelum pukul 08.00 Selasa di daerah beberapa kilometer jauhnya dari tenda. Lebih dari selusin mobil dan van polisi terlihat tiba di daerah tersebut.

Baca juga: Sosok Binatang Diduga Babi Ngepet Bikin Geger Warga Depok, Warganet: Depok lagi.. Depok lagi...

Pada hari Senin, Polisi Yudisial Portugal mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa pencarian dilanjutkan atas permintaan otoritas Jerman dan dengan bantuan dari pejabat Inggris.

Jaksa Jerman di Braunschweig mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis pada Selasa bahwa "langkah-langkah prosedural kriminal saat ini sedang dilakukan di Portugal sebagai bagian dari penyelidikan atas kasus Madeleine McCann."

Mereka menambahkan bahwa “langkah-langkah tersebut dilaksanakan melalui bantuan hukum timbal balik oleh otoritas kejaksaan Portugis dengan dukungan petugas dari Kantor Polisi Kriminal Federal.”

"Informasi lebih rinci tentang latar belakang tidak dirilis saat ini karena alasan taktis investigasi," kata pernyataan itu.

Baca juga: Pengacara : Prilaku Buchori Yusuf Anggota DPR Fraksi PKS, Dari Menginjak Istri Sedang Hamil Hingga Minta Hubungan Tak Wajar

Pada pertengahan 2020, pejabat Jerman mengatakan seorang warga negara Jerman berusia 45 tahun, yang diidentifikasi oleh media sebagai Christian Brueckner, yang berada di Algarve pada 2007, menjadi tersangka dalam kasus tersebut. Brueckner membantah terlibat.

Brueckner saat ini menjalani hukuman penjara tujuh tahun di Jerman atas pemerkosaan yang dilakukannya di Portugal pada tahun 2005.

Dia sedang diselidiki atas dugaan pembunuhan dalam kasus McCann tetapi belum dituntut. Dia menghabiskan bertahun-tahun di Portugal, termasuk di Praia da Luz, sekitar waktu hilangnya Madeleine McCann.

Kasus ini membangkitkan minat seluruh dunia selama beberapa tahun, dengan laporan penampakannya yang membentang sejauh Australia, bersama dengan banyak buku dan dokumenter televisi tentang kasus tersebut.

Baca juga: Asyik Bermain Ponsel, ASN yang Baru Dilantik Langsung Disentil Bupati

Hadiah untuk menemukan Madeleine McCann, yang sekarang berusia 20 tahun, mencapai beberapa juta dolar.

Polisi Inggris, Portugis, dan Jerman masih menyelidiki apa yang terjadi pada malam ketika balita itu menghilang dari tempat tidurnya di resor Portugis selatan pada 3 Mei 2007.

Madeleine McCann berada di kamar yang sama dengan saudara kembarnya, yang berusia 2 tahun. saat itu, sementara orang tuanya makan malam bersama teman-teman di restoran terdekat. (*)
(Winoto Anung)