Helo Indonesia

Aneh bin Ajaib, Selang Sehari Menpora Dito Diperiksa, Pengacara Irwan Hermawan Ungkap Pengembalian Uang Rp 27 Milyar

Drajat Kurniawan - Nasional -> Hukum & Kriminal
Selasa, 4 Juli 2023 22:30
    Bagikan  
Pengacara Irwan Hermawan, Maqdir Ismail
Foto : Ist

Pengacara Irwan Hermawan, Maqdir Ismail - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Kejaksaan agung (Kejagung) telah memeriksa Menpora Dito Ariotedjo terkait aliran dana Rp 27 Milyar dari Irwan Hermawan dalam kasus Menara BTS pada Senin 3 Juli 2023.

Namun baru saja Dito diperiksa, beredar kabar uang senilai Rp 27 Milyar tersebut dikembalikan kepada pihak Irwan Hermawan hari ini, Selasa 4 Juli 2023.

Heboh soal pengembalian uang yang diduga dana bagian dari aliran duit korupsi BTS 4G tersebut diungkapkan Pengacara Direktur PT Solitech Media Synergi Irwan Hermawan, Maqdir Ismail LG.

Menurut Maqdir Ismail uang tersrbut dikembalikan kepada kliennya itu. "Ada yang menyerahkan kepada kami,” kata Maqdir Ismail seusai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa, 4 Juli 2023.

Baca juga: Di Australia, Jokowi Ajak Investor Tanamkan Modal di IKN, Demokrat: Apaan Sih Ini Pak?  

Namun Maqdir tidak menyebutkan dengan jelas siapa pihak yang mengembalikan dana tersebut. Dia hanya menyebutkan orang yang menyerahkan duit itu kepada pihak pengacara adalah seorang swasta. “Yang mengembalikan ke tempat kami itu pihak swasta,” kata dia.

Sehari sebelumnya, usai diperiksa Kejagung, Dito mengakui jika dirinya ingin segera mengklarifikasi terkait adanya dugaan dirinya menerima aliran uang sebesar Rp27 miliar dari proyek tersebut dalam rentang waktu November hingga Desember 2022.

"Alhamdulillah saya diperiksa sebagai saksi. Saya dari awal pengen sekali secepat-cepatnyua klarifikasi agar ini tidak berlarut-larut,” ujar Dito di Kejagung, Jakarta, Senin.

Baca juga: Mobil Tanki Limbah Minyak Sawit 16 Ton Tumpah di Panjang

Politisi muda dari partai Golkar ini mengaku ingin segera memaparkan kepada Lembaga penegak hukum atas dugaan menerima dana kasus BTS. namun hal itu terbentur adanya perjalanan dinas ke luar negeri beberapa waktu lalu.

dia melakukan kunjungan kerja ke Berlin. Dito mengatakan ia baru balik dari Berlin saat libur panjang Idul Adha kemarin. “Tadi hampir 2 jam kita dimintai keterangan, berdiskusi,” lanjutnya.

Dia berharap setelah pemanggilannha tersebut bisa meluruskan opini yang terlanjur beredar di tengaj masyarakat. Selain itu, juga turut membersihkan namanya.

Baca juga: Polemik RUU Omnibus Law Kesehatan, BEM FH Universitas Malahayati Gelar FGD

Diketahui Kejagung telah menetapkan total delapan orang tersangka proyek pembangunan menara BTS 4G dan infrastruktur pendukung 2,3,4 dan 5 BAKTI Kominfo, salah satunya yaitu Irwan Hermawan.