Helo Indonesia

LKPK Akan Laporkan Dugaan Penggelapan Kambing Libatkan Mantan Kades Fajar Baru, Mesuji

Minggu, 12 November 2023 18:22
    Bagikan  
LKPK Akan Laporkan Dugaan Penggelapan Kambing Libatkan Mantan Kades Fajar Baru, Mesuji

(Foto Ist)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi (LKPK) Kabupaten Mesuji akan melaporkan Mantan Kepala Desa Saridan ke Inspektorat dan Polres Mesuji atas dugaan penggelapan bantuan 88 kambing.

"Besok, kami akan melaporkannya dugaan penggelapan, manipulasi data, serta pemalsuan dokumen berita acara bantuan 88 kambing yang kini tak ada seekor pun lagi," kata Ketua LKPK JH Faksi, Minggu (12/11/2023).

Menurutnya, pihaknya telah menyiapkan bahan laporan untuk ke Inspektorat dan Polres Mesuji, termasuk foto kopi berita acara yang diduga dipalsukan serta foto-foto kambing yang dilaporkan mati.

Baca juga: Megawati: Kecurangan Pemilu Sudah Mulai Terjadi Lagi

Dia menyayangkan bantuan kambing yang seharusnya bisa berkembang biak untuk mensejahterakan masyarakat malah hilang tak tersisa dengan alasan mati dan tidak sesuai dengan harapan pemerintah.

Pembelian kambing menghabiskan anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2022 dengan nilai pagu Rp.142.046.000 tidak bermanfaat dan tidak berkembang biak sebagaimana rencana semula.

Baca juga: Pengamat Sebut Putusan MKMK Tak Selesaikan Masalah

Dikonfirmasi Helo Indonesia Lampung, Saridan mengatakan Program Ketahanan Pangan Tahun 2022 memang pengadaan kambing.

Kambing-kamibing itu sudah dibagikan kepada warga melalui delapan kelompok yang masing-masing kelompok mendapatkan 11 ekor, seekor jantan dan 10 kambing betina.( Aan.S)