Helo Indonesia

Megawati: Kecurangan Pemilu Sudah Mulai Terjadi Lagi

Nabila Putri - Politik
Minggu, 12 Nov 2023 16:54
    Bagikan  
Megawati: Kecurangan Pemilu Sudah Mulai Terjadi Lagi

Megawati pidato Suara Hati Nurani lewat You Tube PDIP (Foto Screenshot)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri pidato "Suara Hati Nurani" menyikapi dinamika politik nasional lewat akun YouTube PDIP, Minggu (12/11/2023).

Kecurangan pemilihan umum (pemilu) sudah mulai akan terjadi lagi. Seharusnya, kedaulatan rakyat harus dijunjung tinggi lewat pemilu yang demokratis, jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia, katanya.

Dia juga menyindir soal apa yang terjadi di MK akhir-akhir ini. Dia mengatakan apa yang terjadi di MK sebagai manipulasi hukum. "Apa yang terjadi di MK menyadarkan kita bahwa berbagai manipulasi hukum kembali terjadi," katanya.

Baca juga: Pemilu 2024 Rawan Kecurangan Usai Gibran Maju Cawapres, Ini Saran Pengamat

Semua pihak harus terus menggenggam erat semangat reformasi dan terus mengawal demokrasi berdasarkan nurani. "Jangan biarkan kecurangan Pemilu yang mulai akan terjadi lagi,” ujar Megawati.

Rekayasa hukum, kata dia, tidak boleh terjadi lagi karena hukum harus menjadi alat yang menghadirkan kebenaran. "Hukum harus menjadi alat mewujudkan keadilan," katanya.

Hukum harus menjadi alat mengayomi seluruh bangsa dan negara Indonesia. Dengan keadilan inilah, kemakmuran pasti akan bisa diwujudkan. "Terus kawal dan tegakkan demokrasi,” tambahnya. (HBM)