Helo Indonesia

Dari 11 Sapi Bantuan, Sisa 5 Sapi Kelompok Tani Margomulyo Mesuji

Sabtu, 4 November 2023 06:37
    Bagikan  
Dari 11 Sapi Bantuan, Sisa 5 Sapi Kelompok Tani Margomulyo Mesuji

(Foto Helo Indonesia)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Diberi bantuan sapi 11 sapi pada tahun 2011, sapi bukannya bertambah malah kurang jadi 5 sapi milik Kelompok Tani Margomulyo, Desa Adi Karya Mulya, Kecamatan Panca Jaya, Kebupaten Mesuji.

Alasan tak berkembang dan berkurang, sapi-sapinya mati dan hilang dicuri. Dikonfirmasi ke Maryono, ketua Kelompok Tani Margomulyo, Jumat (3/11/2023), anggota kelompok sempat tak sanggup lagi memelihara sapi.

"Anggota kelompok memang sudah tidak sanggup untuk memeliharanya dan sempat akan kami kembalikan kepada Dinas tetapi dinas terkait menolak," kata bakal calon DPRD Kabupaten Mesuji.

Baca juga: Penetapan Capres-Cawapres Akan Digelar 13 November

Anggota yang menerima bantuan sapi kebingungan mengembangkannya, akhirnya ada yang mati dan dicuri, katanya. Saat ini, sisa lima sapi yang dipelihara oleh mantan kepala Desa Adi Karya Mulya itu.

Maryono mengatakan keterangan kematian sapi sudah dilaporkannya ke dinas terkait dan yang hilang dicuri sudah dilaporkan ke pihak yang berwajib.

Ketika Helo Indonesia meminta untuk melihat berita acara kematian sapi dan hasil laporan Kepolisian, Maryono hanya bisa menunjukan berkas laporan ini saja. "Berkas yang lainnya kami tidak ada lagi, sudah diketahui dinas terkait," katanya.

Baca juga: Tegik Biaya Nikah Rp1,5-Rp2 Juta, KUA Kedamian Bilang Cuma Ngemop

Menurut Purwanto, anggota kelompok mengatakan,""Kami diserahkan oleh ketua kelompok sudah satu tahun yang lalu untuk memelihara 5 sapi tersebut. Untuk keterangan sapi yang 6 ekor lainnya, kami tidak tahu."

"Dari lima sapi yang diserahkan oleh ketua kelompok kepada kami, satu dari indukan sudah mempunyai anak yang berumur kurang lebih dua bulan," ucapnya.( Aan.S)