bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pantai Pulau Kodok, Wisata Memikat di Tegal yang Diyakini Jadi Tempat Berobat

Minggu, 25 Februari 2024 19:12
    Bagikan  
Pantai Pulau Kodok, Wisata Memikat di Tegal yang Diyakini Jadi Tempat Berobat

Pantai Pulau Kodok di Kota Tegal yang nampak permai. Foto: pulaukodok

TEGAL, HELOINDONESIA.COM - Kota Tegal memang identik dengan wisata bahari. Wilayah ini memiliki destinasi wisata berupa pantai, salah satunya yang termasyhur adalah Pantai Alam Indah (PAI).

Tapi di kota ini, sesungguhnya terdapat pantai yang tak kalah memikat yaitu Pantai Pulo Kodok atau Pulau Kodok yang berada di wilayah RW 10 Kelurahan Panggung,  Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jateng. Lokasi pantai ini mudah dijangkau dengan kendaraan. Wisatawan dari luar kota bisa menggunakan aplikasi Google Maps.

Data dari Pokdarwis Pantai Pulau Kodok, wisatawan yang berkunjung ternyata  tak hanya dari Tegal dan sekitarnya, tapi ada yang datang dari Purwokerto, Semarang, Surabaya, Bali bahkan  Kalimantan.

Baca juga: Meski Hujan, Masyarakat Demak Antusias Ikuti Pemilu Susulan

Pada sore hari ini, suasana di Pantai Pulau Kodok terasa syahdu oleh debur ombak dan semilir angin yang berembus. Apalagi saat menyaksikan sunset, ketika sang mentari akan tertidur di peraduannya. Berlibur di sana, rasa penat pun sirna oleh keindahan alam dari pantai ini.

Menurut Nurchikmah, warga Slawi, Pantai Pulau Kodok adalah tempat wisata pantai yang murah meriah, terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah.

''Tepi pantainya juga cukup aman untuk bermain anak-anak kecil. Sangat tepat untuk liburan keluarga. Kudapan dan makanan yang dijual di sini juga tak bikin kantong bolong,'' ujar wanita yang hobi karawitan ini.

 Satu hal yang menjadi magnet dari pantai tersebut adalah mitos, bahwa berendam di Pulau Kodok diyakini bisa menjadi terapi kesehatan. Pantai dianggap  sebagai tempat berobat para penderita penyakit seperti rematik, stroke, hipertensi, dan asam urat.

Entah karena pesonanya yang cantik alami atau menyebarnya sugesti sebagai tempat pengobatan alternatif,  maka pantai tersebut menjadi viral.  Warga sekitar Kota Tegal dan pengunjung dari berabagi kota sengaja berwisata ke Pantai Pulau Kodok hanya untuk berobat.

Asal-usul

Berdasarkan cerita turun temurun, asal-usul  nama Pulau Kodok dikaitkan dengan banyaknya  tambak yang dimanfaatkan sebagai tempat memancing. Keberadaan pemancing yang kerap berpindah – pindah dari tempat satu ke tempat lain dengan melompat-lompat seperti kodok.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering

 Ada juga yang mengisahkan, dulu area ini merupakan tambak yang terdapat semacam gunungan tanah yang di dalamnya ditemukan banyak kodok.

 Pantai ini  secara swadaya oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat, yaitu Pokdarwis OW Pulau Kodok RW X, Kelurahan Panggung.

 Pantai Pulau Kodok menyediakan fasilitas seperti, kamar mandi bilas, tempat duduk, tempat karaoke, serta beberapa warung di tepi pantai. Pantai ini buka 24 jam, dengan harga tiket masuknya Rp5.000 per orang.

Di kawasan pantai tersebut terdapat banyak muara sungai, yaitu Sungai Ketiwon, Sungai Sodetan dan Kali Gung yang mengalir menuju ke Laut Jawa dan menjadi batas antara Kota Tegal dengan Kabupaten Tegal. Selain itu, pulau ini memiliki daya tarik berupa tambak udang dan ikan yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat.

Pantai Pulau Kodok menyediakan fasilitas seperti, kamar mandi bilas, tempat duduk, perkemahan, tempat karaoke, permainan anak-anak, serta beberapa warung di tepi pantai. (Aji)