Helo Indonesia

7 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Minggu, 25 Februari 2024 10:41
    Bagikan  

-

HELOINDONESIA.COM - Permasalahan rambut berbeda-beda bagi setiap orang. Apabila permasalahan kamu adalah kulit kepala gatal dan rambut rontok dan kering. Kamu pasti paham betul bagaimana keduanya membawa dampak buruk pada penampilan.

Bahkan, outfit yang paling trendy pun gak akan cukup kalau rambut terlihat kering atau rontok di baju kamu. Tapi, bagaimana sih cara merawat rambut rontok dan kering secara efektif? Berikut dibawah ini cara mengatasi rambut rontok dan kering, yuk di simak!

1. Potong Rambut Lebih Pendek

Sebenarnya, rambut yang lebih pendek juga tetap berisiko mengalami kerontokan. Namun, rambut yang pendek memungkinkan kamu untuk memotong bagian ujung rambut yang sudah kering dan bercabang. Setelah itu, kamu pun bisa menyisir secara mudah tanpa khawatir sisir kusut dan menarik rambut keluar dari folikel.

2. Hindari Paparan Panas Secara Langsung

Panas berlebih dapat menghilangkan kelembapan rambutmu dan menjadikannya mudah rontok. Adapun cara merawat rambut rontok dan kering yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi frekuensi penggunaan hair dryer, pencatok, dan menghindari sinar matahari yang langsung terkena rambut. Jika ingin mengeringkan rambut, bungkus dengan handuk dan biarkan hingga kering secara sendirinya.

3. Perbanyak Konsumsi Biotin

Pola makan yang baik yang dapat membuat rambutmu jauh dari kekeringan dan kerontokan adalah dengan memperbanyak biotin, misalnya dari ikan, daging, susu, pisang, singkong, dan juga bayam. Jika kekurangan biotin, kamu mungkin akan merasakan rambut yang semakin tipis, bercabang, atau kusut.

4. Berikan Nutrisi dari Luar

Selain memperhatikan asupan nutrisi lewat makanan, nutrisi juga bisa dilakukan dari luar. Adapun cara merawat rambut rontok dan kering yang bisa dilakukan, seperti menggunakan hair vitamin, hair mask, dan conditioner. Kemudian, untuk bahan alami, kamu bisa mencoba minyak esensial, seperti peppermint dan chamomile, atau bahan lainnya, seperti minyak kelapa.

5. Gunakan Air Dingin Saat Keramas

Selain panas dari matahari dan alat penata rambut, kamu juga perlu memperhatikan suhu air. Pasalnya, air yang hangat atau panas mampu menarik minyak alami yang menjadikan rambut lembap. Maka dari itu, upayakan untuk menggunakan air dingin ketika keramas.

5. Pilih Shampoo yang Berbahan Ringan

Saat keramas, gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Anda disarankan untuk menggunakan sampo berbahan ringan, misalnya yang mengandung tambahan minyak esensial dan air bunga yang dibuat khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Selain melembutkan, kedua kandungan tersebut juga akan membuat rambut Anda wangi.

Hindari menggunakan sampo berbahan sulfat, dan pilihlah sampo yang hanya mengandung sedikit deterjen. Selain itu, hindari pula produk sampo yang mengandung alkohol, karena bisa membuat rambut menjadi lebih kering.