Helo Indonesia

Disporapar Sebut Kunjungan Wisata di Kendal Tumbuh Positif Selama 2023

Kamis, 4 Januari 2024 14:39
    Bagikan  
Disporapar Sebut Kunjungan Wisata di Kendal Tumbuh Positif Selama 2023

Kali Kesek Village adalah salah satu DTW di Kendal yang memiliki banyak pengunjung. Foto: Aji

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Kunjungan Wisatawan pada beberapa objek wisata di Kabupaten Kendal sepanjang 2023 tumbuh positif dan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid, Selasa 3 Januari lalu.

Ircham menjelaskan, dari hasil rekapitulasi kunjungan wisata di Kendal pada tahun 2023, total wisatawan di Kendal mencapai 1.805 562 orang, atau naik 18,83 persen dibandingkan tahun 2022 dengan total 1.519.447 orang.

"Ada kenaikan 286.115 jumlah pengunjung dibanding tahun lalu atau sekitar 18,83 persen," ujar Ircham.

Baca juga: Sambangi PWI, Capres Prabowo: Kalau Pers Dinamis, Keras dan Kuat, Tidak Ada Kelaparan

Dipaparkan, adapun Daya Tarik Wisata (DTW) di Kendal yang banyak diserbu wisatawan, di antaranya Kali Kesek Village di Desa Sriwulan, Kecamatan Limbangan, Kolam Renang di Kecamatan Boja, Pantai Ngebum di Kecamatan Kaliwungu, Pantai Indah Kemangi di Kecamatan Kangkung, Pantai Cahaya dan Sendang Sikucing di Kecamatan Rowosari, serta Curugsewu yang berada di Kecamatan Patean.

Pada kesempatan itu Ircham mengungkapkan, semua upaya yang sudah lakukan pihaknya dalam meningkatkan jumlah pengunjung dan nantinya juga akan berdampak positif pada meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sektor Pariwisata di Kendal.

“Kabupaten Kendal memiliki banyak tempat pariwisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Oleh sebab itu kami mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat dari luar daerah untuk bisa berlibur di Kabupaten Kendal, karena liburan di Kendal tidak kalah asiknya dengan daerah lain,” bebernya.

Tak Ragu

Di tempat lain, sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, meski sudah memasuki tahun 2024, di mana akan terselenggara Pemilu, dirinya terus mendorong supaya masyarakat tak ragu untuk tetap berwisata.

Baca juga: Persik Kediri Menunggu Kesembuhan Bek Tengah Hamra Menghadapi Keganasan Bali United

Menparekraf/Kabaparekraf pun mengaku optimistis, di tahun baru sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan semakin kuat lagi.

“Meskipun ini tahun politik 2024, sebentar lagi akan ada pemilu. Namun wisata terus berjalan, dan healing terus bergerak. Mudah-mudahan pariwisata di Indonesia akan terus bangkit, dan 2024 saya optimistis pariwisata akan semakin kuat lagi," ujarnya. (Anik)