Mau Pakai Memory Card Untuk HP Android? Simak Dulu 7 Kerugiannya

Senin, 14 Agustus 2023 14:45
(Ist) Foto : Ist

HELOINDONESIA.COM - Pengguna handphone pasti menginginkan gadgetnya tidak lambat alias lemot lantaran kapasitas memori internal sudah hampir penuh. 

Banyak pengguna handphone akhirnya memilih alternatif mencari memori eksternal tambahan untuk handphone, yaitu SD card. Ya dengan SD card, bisa menyimpan banyak file tergantung dari kapasitas micro SD tersebut. 

Adapun kapasitas SD card tersebut tersedia mulai dari ukuran kecil 4GB, 8GB hingga ratusan GB. Semakin besar kapasitas SD card semakin banyak menampung file yang ada di handphone.

Meski begitu, kamu harus tahu kalau ternyata menggunakan memori eksternal tidak sepenuhnya aman. Bahkan akan menimbulkan masalah jika digunakan khususnya untuk handphone android.

Baca juga: September, Yenny Wahid Siap Dampingi Capres Ganjar Pranowo Jalan-jalan ke Jawa Timur

Berikut ini 7 kerugian akibat memakai SD card di handphone yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakannya :

1. Kesulitan menemukan file

Dengan menggunakan memori tambahan terdapat dua tempat penyimpanan, SD card dan memori internal. Kondisi tersebut membuat pengguna handphone akan mengalami kesulitan mencari file di dalam handphone.

Contohnya, kamu menyimpan foto dan musik di SD card, tetapi file download tersimpan di memori internal. Semakin banyak aplikasi yang digunakan, semakin sulit menemukan file di dalam handphone.

Baca juga: Pemprov Lampung Apresiasi Inisiasi Pembangunan Irigasi Oleh Rotary Club

2. Mengurangi performa game

Banyak pengguna yang memindahkan aplikasi Game ke SD card mengingat game aplikasi yang banyak memakai RAM dan menghabiskan kapasitas memori.

Namun cara tersebut malah menjadi pilihan yang salah. Kamu akan mengalami banyak gangguan, grafis yang hilang, dan crashing.

3. Kesulitan saat berganti handphone

Masalah lain jika kamu menggunakan SD card yaitu pada beberapa kasus, memori tersebut tidak bisa digunakan lagi saat berganti handphone. SD card pasti ikut dipindahkan karena sudah disetel sebagai penyimpanan lokal handphone lamamu.

Sebab, SD card pada Android tidak bekerja seperti flash disk. Kamu bisa memindahkan file dengan flash disk tanpa masalah karena ia bersifat portable, bisa dipindahkan.

Baca juga: Konsisten Kendalikan Inflasi

4. Masalah kecepatan kimerja handphone

SD card memiliki siklus read/write yang terbatas. Setiap kali kamu mengakses dan memformat data, kemampuan kartu memori tersebut akan berkurang

5. File yang Disimpan Akan Hilang Jika Memori eksternal Rusak

Masalah lainya, kita juga tidak bisa memperkirakan berapa lama SD card bisa bertahan. Ditambah lagi, pengguna tidak akan mendapatkan peringatan dahulu sebelumnya, sehingga akan banyak data yang hilang saat SD card tidak terbaca.

6. Hilangnya password yang tersimpan saat SD card error

SD card yang error memang menyebabkan banyak masalah di dalam handphone. Khusudnya jika aplikasi tersimpan di dalam SD card. Saat terjadi error di memori tersebut, kamu akan kehilangan password yang tersimpan sehingga harus masuk ulang ke dalam aplikasi tersebut.

Baca juga: 4 Pemain Cedera, Manchester United Diprediksi Unggul Tipis Lawan Wolves Selasa Dini Hari

7. Banyak SD card palsu yang akan merusak handphone

Saat ini, banyak SD card palsu yang beredar di pasaran tanpa bisa disadari. Tidak hanya SD card palsu, ada pula SD card yang tidak memiliki merek. Mereka tentunya memiliki kualitas yang rendah.

Dampaknya tentu akan merugikan pengguna. Karena akan memengaruhi kinerja handphone. Bahkan kini Xiaomi tidak melengkapi produknya dengan slot SD card karena alasan tersebut.

Meski berpotensi menimbulkan masalah, memakai SD card pada handphone Android memang bisa memberikanmu tambahan kapasitas memori yang lebih besar. Nah setelah menyimak kerugian menggunakan memori eksternal, pilihan uyntuk tetap menggunakan atau tidak, ada pada Anda.


Berita Terkini