Tak lagi Pakai Kartu SIM, Indonesia Mulai Beralih Gunakan eSim Untuk Handphone, Ini Manfaatnya

Selasa, 13 Juni 2023 21:50
(Freepik) Foto : Tangkapan Layar

HELOINDONESIA.COM - Embedded Subscriber Identity Module atau eSim mulai digunakan di Indonesia. Dengan eSim, tekhnologi SIM yang berwujud fisik kartu SIM tidak lagi digunakan. 

SIM Card atau kartu SIM sendiri adalah sebuah chip yang dipasang di perangkat seluler agar bisa menghubungkan perangkat dengan jaringan Operatr seluler.

Lalu apa manfaat menggunakan eSim ketimbang kartu SIM? 

Aman dan Tidak Mudah Dilepas

Jika sebelumnya, kartu SIM regular dapat dengan mudah dilepas dari HP. Sebaliknya, eSim jenisnya SIM tertanam, chip tersebut bisa diprogram terpasang diperangkat handphone.

Baca juga: PSI Sebut Depok Carut Marut Butuh Sosok Kaesang, Netizen: Tak Usahlah Jelek-jelekin Pesaing, Itu Gak Simpatik

Dengan chip tertanam berupa eSim maka pengguna handphone tidak perlu khawatir kehilangan SIM card. Bahkan ketika kehilangan atau pencurian, keberadaan HP bisa dilacak penggunanya.

Mempercepat Proses Pembelian Nomor

eSim berbeda dengan SIM card dalam hal pembelian. Jika SIM card bisa dibeli di toko, eSim tidak perlu lagi pergi ke toko untuk membeli kartu perdana. 

Terlebih jika kita berada di luar negeri. Kita hanya perlu memindai barcode yang sudah tersedia tanpa perlu mengantre atau menunggu SIM card dikirimkan.

Bakal Awet

Dengan memakai eSIM tentu saja berbeda dengan SIM card atau kartu SIM yang masih dalam benyuk fisik. Karena tidak sedikit pengguna handphone mengalami kartu SIM rusak atau hilang. 

Baca juga: Heru Budi Respon Udara Buruk Sambil Guyon, DPRD DKI : Masalah Keselamatan Warga Kok Bercanda

Untuk mengaktifkan kembali pun bakal menyita waktu kita yang mungkin sedang bekerja. Mengaktifkan SIM card pun perlu data-data pengguna sebelumnya. Hal ini tentu akan merepotkan bila harus mengganti nomor baru.

Berita Terkini