Helo Indonesia

Inter Perkenalkan Thunderbolt 5, Teknologi Input/Output Berkecepatan Tinggi

M. Haikal - Teknologi
Sabtu, 23 September 2023 18:52
    Bagikan  
thunderbolt 5,
Foto: tangkapan layar

thunderbolt 5, - Selain peningkatan kecepatan, Thunderbolt 5 juga menggandakan throughput data PCI Express, yang memungkinkan penyimpanan dan grafis eksternal berjalan lebih cepat.

HELOINDONESIA.COM - Thunderbolt, teknologi input/output berkecepatan tinggi yang dikembangkan oleh Intel, menggabungkan fitur dari berbagai teknologi lain, seperti USB, DisplayPort, dan PCIe, ke dalam satu konektor dan kabel.

Hal ini memungkinkan beberapa perangkat untuk terhubung ke komputer melalui satu port, seperti port Type-C yang biasa digunakan.

Baru-baru ini Intel mengumumkan Thunderbolt 5, generasi selanjutnya dari standar konektivitas berkecepatan tinggi.

Berikut adalah detailnya agar tidak penasaran.

Bandwidth dua arah sebesar 80 Gbps—dua kali lipat kecepatan Thunderbolt 4—dan dukungan Bandwidth Boost, yang dapat meningkatkan bandwidth hingga 120 Gbps untuk aplikasi video intensif.

Baca juga: Angka Orang Mengalami Gangguan Mata di Indonesia Tinggi, Yuk Ikuti 5 Cara dan Tips untuk Mencegah Katarak

Selain peningkatan kecepatan, Thunderbolt 5 juga menggandakan throughput data PCI Express, yang memungkinkan penyimpanan dan grafis eksternal berjalan lebih cepat.

Thunderbolt 5 juga lebih hemat daya dibandingkan versi sebelumnya, karena dibangun berdasarkan standar industri seperti USB4 V2, DisplayPort 2.1, dan PCI Express Gen 4.

Selain itu, perangkat ini sepenuhnya kompatibel dengan versi sebelumnya dari Thunderbolt dan USB.

Memiliki kapasitas untuk menghasilkan hingga 240 watt, cukup untuk mengisi laptop atau memberi daya pada GPU eksternal.

Pembuat konten, gamer, dan profesional sangat membutuhkan bandwidth.

Baca juga: Cocok Buat Pecinta Mobil dan Ponsel, Infinix Note 30 VIP Racing Edition Collab dengan BMW Luncurkan Ponsel Secara Global

Saat bekerja dengan file data dan video yang semakin besar, para pengguna ini menginginkan tampilan dengan resolusi tinggi dan latensi visual yang rendah.

Kebutuhan ini dapat dipenuhi oleh Thunderbolt 5, yang menawarkan kinerja dan bandwidth yang diperlukan untuk aplikasi yang paling menuntut.

Bagaimana menurut kalian apa kalia tertarik?