Helo Indonesia

Google Kembali Merilis Fitur Terbarunya, Berikut Daftar Beserta Kegunaannya

Jumadi - Teknologi
Kamis, 7 September 2023 14:54
    Bagikan  
Fitur terbaru Google
pixabay

Fitur terbaru Google - Fitur terbaru Google

HELOINDONESIA.COM - Google kembali meluncurkan sejumlah pembaruan dengan fitur-fitur barunya pada 5 September 2023.

Fitur-fitur tersebut diklaim akan membantu produktivitas sehari-sehari penggunanya.

Hal ini akan membantu seiring dengan penantian pengguna akan peluncuran Android 14 yang belum berakhir.

Berikut ini daftar fitur terbaru dari Google dan kegunaannya:

1. Adaptasi AI

Fitur menggabungkan AI langsung ke layar beranda dengan widget Assistant At a Glance.

Baca juga: Polda Tetapkan 8 Tersangka Penggelapan Dana Koperasi Betik Gawi

Ini memanfaatkan kekuatan AI untuk update secara berkala melalui pembaruan cuaca yang sangat tepat, perjalanan yang berlangsung, dan pengingat acara mendatang bila diperlukan.

Widget At a Glance yang versi terbaru mendapat pembaruan pada desainnya yang semakin segar dan mudah dalam penggunaannya.

Di samping itu, fitur ini menawarkan lebih banyak informasi bermanfaat tentang acara, situasi, dan cuaca pada lokasi lokal pengguna.

2. Google Wallet pass

Pembaruan pada Google Wallet sehingga mampu mengimpor tiket menggunakan kamera untuk mendigitalkan tiket yang memiliki kode batang atau kode QR dan menambahkannya langsung ke aplikasi Wallet seperti kartu perpustakaan.

Ini akan mengunggah gambar pass yang diambil dan menyimpannya di aplikasi Wallet sehingga siap untuk digunakan.

Google juga memperbarui aplikasi Wallet untuk mempermudah mengunggah gambar barcode dan kode QR dengan menambahkan fitur impor foto.

Baca juga: Tutup Pintu Dukungan Untuk Anies Baswedan, Demokrat : Tidak Ada Kata CLBK

3. Lookout

Aplikasi baru ini memberikan deskripsi gambar pada layar untuk orang-orang dengan gangguan penglihatan atau kebutaan.

Dengan bantuan asisten suara berkekuatan AI, aplikasi ini mampu mendeskripsikan pemandangan dengan lebih cerdas dan menjawab pertanyaan lanjutan.

Lookout juga menyediakan 11 bahasa baru di aplikasinya, termasuk Jepang, Korea, dan China, sehingga jumlah total bahasa yang didukung menjadi 34.

4. Zoom dan Webex pada Android Auto

Dengan tambahan Webex oleh Cisco dan Zoom, pengguna akan dapat memulai dan bergabung dalam panggilan konferensi melalui audio dan menelusuri jadwal rapat dari layar mobilnya.

Melihat polanya, Google terus mengeluarkan sejumlah pembaruan pada versi terbaru Android, alih-alih memberikan perbedaan signifikan pada setiap rilis model.

Di lain sisi, logo Android akan mulai terlihat berbeda.

Baca juga: Rocky Gerung Ungkap Skenario Jokowi di Balik Keputusan Nasdem : Cak Imin Dipilih Untuk Ngerjain Anies di Pilpres 2024

Jenis huruf yang dipakai akan lebih mirip dengan yang digunakan logo Google sendiri, serta Android sekarang akan dieja dengan huruf kapital A.

Manajer merek Google, Jason Fournier, menjelaskan perubahan tersebut dalam unggahan blog perusahaan, mengatakan bahwa perubahan itu lebih mencerminkan logo Google dan menciptakan keseimbangan di antara Google dan Android.

5. Personal Routines

Pembaruan terakhir hadir pada Rutinitas Pribadi dengan data aktivitas dan tidur dari Fitbit atau Google Fit tersedia untuk ditambahkan ke rutinitas.

Baca juga: Kembali Beredar Kabar Akan Melakukan Merger, Begini Tanggapan dari Smartfren dan XL Axiata

Untuk memulai, Google merekomendasikan untuk menambahkan jam tidur dan waktu mulai tidur ke rutinitas Selamat Pagi, yang akan merangkum statistik tidur di pagi hari bersama dengan item rutinitas lainnya.