bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ungkap Penyebab Rangka eSAF Honda Rawan Patah, Kemenhub, KNKT dan PT AHM Bentuk Tim Khusus

Syahroni - Teknologi
Senin, 28 Agustus 2023 22:51
    Bagikan  
Motor matic honda patah rangka.
Instagram/ @infoddepok_id

Motor matic honda patah rangka. - Tangkapan layar motor matic honda yang menggunakan rangka eSAF mengalami patah rangka di jalan.

HELOINDONESIA.COM - Banyaknya keluhan rangka eSAF pada motor Honda yang cepat berkarat dan mudah patah, berbuntut panjang.

Setelah sebelumnya dimintai klarifikasinya oleh Kementerian Perdagangan, kini pihak PT Astra Honda Motor kembali dipanggil oleh pihak Kementerian Perhubungan dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Dalam pertemuan yang dilakukan di Kantor Kemenhub, Jakarta pada Senin (28/9), Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat ingin menelusuri akar permasalahan serta meminta penjelasan PT AHM soal rangka eSAF yang berkarat serta mudah patah yang kemudian viral di media sosial.

Baca juga: Viral Motor Honda Vario dan Beat Patah Rangka, Berikut Daftar Motor Matik Honda yang Pakai Sasis eSAF

"Pertemuan ini penting dilakukan karena kita perlu menelusuri dan meminta penjelasan kepada PT. AHM. Hal ini dilakukan tentu dalam rangka memastikan terwujudnya kendaraan bermotor yang berkeselamatan," ujar Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Danto Restyawan, dalam keterangannya, Senin (28/8).

Sebagai bentuk tindak lanjut, pemerintah akan membentuk tim penelitian yang menangani isu patah dan korosi rangka eSAF yang terdiri dari Kementerian Perhubungan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan PT Astra Honda Motor.

"Di samping itu, PT Astra Honda Motor juga akan melakukan perbaikan dan perawatan sesuai kondisi yang diperlukan melalui bengkel resmi AHM terdekat untuk memastikan kendaraan yang digunakan aman dan selamat," tambah Danto.

Tak cukup sampai disitu, PT Astra Honda Motor (AHM) diminta untuk membuka pusat pengaduan bagi masyarakat yang memiliki motor dengan kerangka Enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF.

Baca juga: Viral Motor Honda Vario dan Beat Patah Rangka, Berikut Daftar Motor Matik Honda yang Pakai Sasis eSAF

Untuk itu, PT. Astra Honda Motor membuka jalur penyampaian keluhan terkait rangka eSAF melalui layanan telepon 1-500-989, e-mail customercare@astrahonda.com, atau SMS di 0811-9-500-989.

Dalam kesempatan yang sama, Senior Investigator KNKT, Ahmad Wildan, menjelaskan, keputusan tersebut telah disepakati oleh KNKT, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT AHM.

Wildan memaparkan, pusat pengaduan tersebut akan mulai dioperasikan hari ini dan bertugas menampung keluhan dari para pelanggan yang motornya menggunakan rangka eSAF.

Dia menuturkan, pelanggan yang melaporkan keluhan atau aduan pada pusat pengaduan tersebut akan mendapatkan pemeliharaan dan perawatan sesuai dengan kondisi motornya di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) terdekat.

“Nanti kalau itu harus diganti, akan diganti. Jangan sampai masyarakat dirugikan,” kata Wildan.

Baca juga: Harga Motor Honda EM1 e Masih Tinggi Karena Belum Dapat Subsidi, Standar TKDN-nya Belum Terpenuhi?

Selain itu, Kemenhub, KNKT, dan PT AHM juga telah sepakat untuk membentuk tim penelitian khusus untuk mendalami masalah rangka eSAF.

Tim tersebut akan mulai bertugas hari ini dan mencari penyebab-penyebab masalah tersebut secara terstruktur dan komprehensif.

Wildan menuturkan, tim gabungan tersebut akan mengumpulkan data-data motor dengan rangka eSAF yang patah.

Kemudian, tim akan melakukan perbandingan dengan melihat kendaraan sejenis dari sisi tahun pembuatan, lokasi, dan lainnya.

Selanjutnya, tim gabungan tersebut akan melakukan site visit ke pabrik-pabrik tempat pembuatan rangka eSAF. Dia mengatakan, tim tersebut akan melihat secara komprehensif proses-proses pembuatan rangka di masing-masing pabrik.