Helo Indonesia

Viral Motor Honda Vario dan Beat Patah Rangka, Berikut Daftar Motor Matik Honda yang Pakai Sasis eSAF

Syahroni - Teknologi
Selasa, 15 Agustus 2023 18:23
    Bagikan  
Motor matic honda patah rangka.
Instagram/ @infoddepok_id

Motor matic honda patah rangka. - Tangkapan layar motor matic honda yang menggunakan rangka eSAF mengalami patah rangka di jalan.

HELOINDONESIA.COM - Para pengguna sepeda motor Honda kini tengah resah. Video viral sejumlah motor yang patah rangka jadi penyebabnya.

Dalam beberapa unggahan di media sosial disebutkan, rangka motor matic Honda mudah keropos dan bengkok ketika dipakai berkendara.

Ada dua kejadian yang sempat terekam kamera netizen yang memperlihatkan dua produk berbeda, yaitu Beat dan Vario.

Kasus pertama diunggah pada akun media sosial @infodepok_id di Instagram yang memperlihatkan skutik Beat mengalami patah pada bagian tengah kendaraan.

Pengendara yang sedang berboncengan itu merasa bingung dan tidak mengetahui penyebab motornya bisa seperti itu. Dalam video itu terlihat motor patah sehingga sisi tengah dasbor menekuk ke bawah.

Baca juga: Motor Listrik Mirip Honda PCX Harganya Cuma Rp 13 Juta, Ini Keungguilannya

Di media sosial Tiktok,ungganan pemilik akun @mahdom_14, beda cerita. Dalam videonya, pemilik akun tersebut memperlihatkan struktur rangka Beat terbaru yang sudah menggunakan eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame).

Sasis eSAF yang berkarat itu disinyalir jadi penyebab banyaknya Beat yang mengalami patah rangka.

“Itu karena rangka sekarang tipis, saya ukur juga beat deluxe tebalnya hanya 2 cm, terkadang kalo habis tabrakan suka susah dipres, soalnya tipis,” tulis keterangan posting tersebut.

Banyak netizen yang menuding kalau rangka eSAF merupakan penyebab utama rangka motor matic Honda bengkok karena mudah keropos. Buat yang belum tahu rangka eSAF atau yang merupakan singkatan dari Enhanced Smart Architecture Frame.

Rangka tipe ini diKlaim bisa membuat handling motor jadi lebih lincah, dan nyaman untuk bermanuver. Kalau dibandingkan rangka pipa biasa rangka eSAF Honda juga punya bobot yang lebih ringan, makanya bobot beberapa motor kini bisa lebih rendah dari generasi sebelumnya.

Menggunakan material besi atau steel, rangka eSAF ini dibuat lewat proses press serta laser welding.

Baca juga: Skutic Honda U-GO Terbaru Sanggup Tempuh Jarak 95 Km dalam Sekali Pengisian Baterai

Rangka eSAF ini digunakan pertama kali pada motor Honda Genio yang diluncurkan pada 2019. Kemudian menyusul Honda BeAT dan Honda Scoopy serta Honda Vario 160.

Berikut 5 tipe motor matic Honda yang menggunakan rangka eSAF

1. Honda All New BeAT

Satu tahun setelah dirilisnya Genio, Astra Honda Motor juga menyegarkan tampilan Honda BeAT-nya di tahun 2020. Di generasi barunya ini All New BeAT (termasuk All New BeAT Street) juga ikut dibekali rangka eSAF seperti di Genio.

2. Honda All New Scoopy

Seperti BeAT, All New Scoopy yang juga lahir tahun 2020 juga hadir dengan rangka eSAF. Selain rangkanya yang baru, All New Scoopy ini juga hadir sepaket dengan mesin yang kini basisnya sama dengan All New BeAT dan Genio.

Baca juga: Daftar Motor Listrik Terlaris di Tahun 2023, Tunggangan Anda Ada Diurutan Berapa?

3. Honda New Genio

Sudah hadir lewat generasi pertamanya, tentu keberadaan rangka eSAF ini diterusakn ke Honda Genio generasi kedua. Hadir di tahun 2022, sejumlah ubahan dari Honda New Genio di antaranya ada di desain tameng depan, serta penggunaan pelek 12 inci mirip Scoopy.

4. Honda Vario 150

AHM tampaknya pede dengan kualitas rangka eSAF, terbukti dengan rangka tersebut juga diaplikasikan ke Vario 160 yang dirilis tahun 2022 lalu.

Disematkannya rangka eSAF di Vario 160 juga jadi bukti kalau rangka ini ternyata mampu menghandle mesin yang lebih besar dari 110 cc.

5. Honda New Vario 125

Setelah Vario 160 dirilis, Honda New Vario 125 juga menyusul dengan juga menerapkan rangka eSAF. Secara dimensi memang tak segambt Vario 160, tapi Vario 125 tetap saja lebih besar dari All New BeAT, New Genio, bahkan All New Scoopy.

Pakai rangka eSAF ini Vario 125 juga membawa sejumlah ubahan di desain bodinya. Seperti seperti di bagian batok setang, bodi samping, hingga penggunaan pelek dan ban baru yang lebih besar.