bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Mengenal Teknologi NFC pada Fitur Ponsel, Pengganti Kartu Kredit Hingga Bayar e-Toll, ini Kelebihan dan Kekurangannya

M. Haikal - Teknologi
Rabu, 5 Juli 2023 18:02
    Bagikan  
nfc,
Foto: tangkapan layar

nfc, - Fitur NFC pada ponsel yang memiliki banyak fungsi, terutama untuk bertransaksi.

HELOINDONESIA.COM - Beberapa jenis telepon seluler tertentu kini memiliki fitur NFC. Singkatan dari Near Field Communication, fitur ini hanya didapatkan pada beberapa jenis ponsel tertentu.

Artinya, tidak semua ponsel sudah dilengkapi dengan fitur yang satu ini. NFC akan memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas pada smartphone anda seperti mengecek saldo e toll, menerima dan mengirim file, bahkan untuk melakukan pembayaran dengan mudah.

Namun teknologi NFC juga memiliki kelebihan dan kekurangan untuk penggunanya. Berikut adalah kelebihan dan kekuranga dari NFC.

Kelebihan :

1. NFC membantu bertransaksi lebih mudah

Baca juga: RAM Cuma 1 GB, Penyimpanan 123 GB, 5 Ponsel Termahal di Dunia ini Harganya Capai Ratusan Miliar

Melalui NFC kita bisa melakukan pembayaran dengan sangat mudah. Kita tidak perlu menggunakan kartu kredit atau kartu prabayar lainnya untuk melakukan transaksi jual beli.

Dengan begitu, waktu yang kita butuhkan pun tidak terlalu lama dan bahkan kita tidak perlu mengantri untuk melakukan transaksi tersebut. Yang harus kita lakukan adalah cukup dengan menempelkan perangkat yang sudah terintegrasi atau terhubung dengan NFC ke pembayaran yang kita inginkan.

2. Digunakan untuk mengecek dan mengisi saldo E money

Bagi yang sudah mempunyai ponsel dengan fitur NFC, maka tidak perlu khawatir saat ingin mengecek atau mengisi saldo e-money atau e-toll.

Baca juga: Pengembalian Rp27 Miliar Kasus BTS 4G, Tak Menghapus Kejahatan, Demokrat: Seret Semua

Karena salah satu fungsi dari NFC adalah bisa melakukan top up langsung melalui handphone. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu menempelkan kartu ke bagian belakang handphone.

Setelah itu, isi saldo sesuai dengan nominal yang dibutuhkan. Ini tentu sangat berguna ketika kamu sudah masuk di jalan tol, tetapi lupa untuk melakukan top up E money.

3. Mempermudah dalam berbagi file

Fitur NFC mempermudah kita dalam berbagi file seperti gambar, musik, kontak nomor telepon, e-mail, atau data lainnya ke perangkat lain. Kontak yang dikirim akan otomatis tersimpan di daftar kontak serta dapat langsung dihubungkan di-sync ke WhatsApp.

Baca juga: Alasan Masyarakat Masih Ragu Beralih ke Kendaraan Listrik

4. Mengisi daya smartphone

Perkembangan terbaru dalam NFC saat ini adalah digunakan sebagai pengisi daya untuk smartphone. Perlu diketahui teknologi ini belum bisa digunakan oleh kebanyakan smartphone. Namun, diprediksi fasilitas ini akan mulai disebar beberapa tahun ke depan.


Kekurangan NFC :

1. Minim perangkat yang support NFC

Kekurangan yang menjadi kendala NFC adalah belum terlalu banyaknya hp yang support dengan fitur tersebut. Hanya smartphone - smartphone keluaran sekarang ini yang sudah bisa menggunakan fitur yang NFC ini. Selain itu di Indonesia masih terkendala dengan minimnya perangkat yang sudah bisa menggunakan NFC.

2. Belum banyak orang yang mengetahui fungsi NFC pada smartphone

Meskipun sudah banyak smartphone keluaran terbaru yang sudah menggunakan NFC, namun masih banyak orang yang belum tahu mengenai fungsi dari NFC itu sendiri.

Banyak yang beranggapan bahwa NFC adalah sebuah fitur yang tidak terlalu bermanfaat bagi para pemakainya sehingga kehadiran fitur tersebut hanya dianggap sebagai fitur tambahan saja. Padahal, NFC memiliki beragam manfaat untuk kita, salah satunya adalah untuk melakukan transaksi pembayaran sehingga kita tidak memerlukan kartu prabayar.

Baca juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Pornas Korpri XVI di GOR Jatidiri Semarang

3. Menggunakannya harus jarak dekat

NFC dapat digunakan jika handphone saling berdekatan satu sama lain dengan jarak sekitar 4 cm. Karena hal inilah NFC dianggap kurang praktis dibanding teknologi lain bagi beberapa orang.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan NFC. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jumadi Sallam