Helo Indonesia

Review Realme 11 Pro Plus 5G: Ponsel Ajaib di Kelas Menengah

Syahroni - Teknologi
Senin, 3 Juli 2023 11:00
    Bagikan  
Realme 11 Pro Plus 5G
pixabay

Realme 11 Pro Plus 5G - Review ponsel Realme 11 Pro Plus 5G.

HELOINDONESIA.COM - Realme, yang dikenal dengan komitmennya menghadirkan smartphone berkualitas dengan harga terjangkau, sekali lagi meningkatkan standarnya. Rilis terbarunya, Realme 11 Pro Plus 5G ada di tangan. Dikemas dengan fitur-fitur yang mengesankan dan desain yang memukau, smartphone kelas menengah ini bertujuan untuk memikat pengguna dan menantang anggapan bahwa ponsel unggulan adalah satu-satunya yang patut dipertimbangkan.

Dalam ulasan kali ini, kami akan mempelajari berbagai aspek Realme 11 Pro Plus 5G, termasuk desain, tampilan, kamera, performa, masa pakai baterai, dan lainnya. Di akhir artikel ini, Anda akan memiliki pemahaman yang jelas apakah smartphone ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Spesifikasi REALME 11 PRO+ 5G

  • Layar AMOLED melengkung Full HD+ 6,7 inci (2412×1080 piksel) dengan kecepatan refresh 120Hz
  • Laju sampling sentuh 360Hz, laju sampling sentuh instan 1260Hz
  • Peredupan PWM 2160Hz, gamut warna DCI-P3 100%, kecerahan hingga 950 nits
  • Octa Core (2 x 2.6GHz Cortex-A78 + 6 x 2GHz Cortex-A55 CPUs) Prosesor
  • MediaTek Dimensity 7050 6nm dengan GPU Mali-G68 MC4
  • RAM LPDDR4X 8GB / 12GB dengan penyimpanan 128GB / 256GB (UFS 3.1)
  • Dual SIM (nano+nano)
  • Android 13 dengan realme UI 4.0
  • Sensor 200MP 1/1.4″ Samsung HP3, bukaan f/1.69, kamera ultra lebar 8MP dengan bukaan f/2.2
  • Kamera makro 2MP 4cm dengan bukaan f/2.4, lampu kilat LED
  • Kamera depan 32MP dengan sensor Sony, bukaan f/2.45
  • Sensor sidik jari dalam layar
  • Audio USB Type-C, speaker Stereo, Dolby Atmos, Hi-Res Audio
  • Dimensi: 161.6×73.9×8.2mm (Hitam) / 8.7mm (Krem dan Hijau); Berat: 183g (Hitam) / 189g (Krem dan Hijau)
  • 5G SA/NSA, Dual 4G VoLTE, Wi-Fi 6 802.11 ax (2.4GHz + 5GHz), Bluetooth 5.2, GPS frekuensi ganda/ GLONASS/ Beidou, USB Tipe-C
  • Baterai 5000mAh (khas) dengan 67W (realme 11 Pro) / 100W (realme 11 Pro+)

Baca juga: Asus Zenfone 10: Ponsel Super Ringkas dengan Teknologi Stabilisasi Gimbal

DESAIN: ESTETIKA PREMIUM

Realme 11 Pro+ 5G menonjol dengan desainnya yang premium dan menarik. Berkolaborasi dengan mantan desainer GUCCI Matteo Menotto, perusahaan telah menciptakan ponsel yang memancarkan gaya dan kecanggihan. Rangka logam yang ramping, panel melengkung, dan panel kulit yang khas di bagian belakang langsung menarik perhatian. Lapisan kulit tidak hanya menambah sentuhan kemewahan tetapi juga memberikan pegangan yang aman. Ini memastikan bahwa telepon tidak pernah terlepas dari tangan Anda. Panel belakang tetap bebas dari noda dan sidik jari, mempertahankan tampilan yang halus.

Salah satu fitur menonjol dari desain Realme 11 Pro Plus 5G adalah modul optik melingkar yang menonjol di panel belakang. Tempatkan tiga lensa dalam satu baris, dengan lampu kilat LED diposisikan di atas, pengaturan ini dipertegas oleh cincin emas di tengahnya. Branding Realme diam-diam diposisikan di bagian bawah panel belakang. Di tepi kanan perangkat, Anda akan menemukan tombol power dan volume rocker. Tepi bawah adalah rumah bagi baki SIM, mikrofon, port Type-C, dan kisi-kisi speaker.

Bagian depan Realme 11 Pro+ 5G menawarkan panel melengkung 6,7 inci yang menyenangkan secara visual. Dengan bezel minimal dan lubang punch-hole kecil untuk selfie di bagian atas, smartphone ini menawarkan pengalaman menonton yang imersif. Tepi melengkung dan panel belakang kulit vegan memberikan rasa nyaman di tangan. Meski bobot ponsel ini sedikit lebih berat dari pendahulunya, ponsel ini tetap terasa ringan dan mudah ditangani.

Baca juga: Ponsel Keluaran Terbaru dari OnePlus, Tawarkan Memori Hingga 24GB RAM

TAMPILAN: SANGAT MENAKJUBKAN

11 Pro Plus 5G menampilkan panel AMOLED melengkung FHD+ 6,7 inci, menawarkan grafis memukau dan warna cerah. Dengan kecepatan refresh 120Hz dan gamut warna DCI-P3 100%, tampilan ini menawarkan pengalaman yang menawan. Apakah Anda sedang menonton video, bermain game, atau menelusuri media sosial, tampilan Realme 11 Pro+ 5G menghidupkan konten.

Perusahaan China telah memberi pengguna empat profil warna berbeda untuk dipilih, termasuk mode Cinematic, Natural, Vivid, dan Bright. Setiap profil menawarkan pengalaman yang berbeda, memungkinkan pengguna menyesuaikan panel sesuai dengan preferensi mereka. Bezel tipis yang mengelilingi layar semakin meningkatkan pengalaman imersif, membuat konsumsi konten menyenangkan.

Layar Realme 11 Pro Plus 5G juga mendukung HDR, dengan berbagai macam warna dan reproduksi satu miliar warna. Namun, kecerahan puncak 950 nits dapat menimbulkan beberapa tantangan saat melihat layar di bawah sinar matahari langsung. Namun demikian, panel bekerja dengan sangat baik di sebagian besar kondisi pencahayaan, memberikan grafik yang tajam dan hidup.

Baca juga: Spesifikasi 5 Ponsel Terbaik untuk Fotografi di Tahun 2023, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

KAMERA: KESENANGAN FOTOGRAFER

Salah satu fitur menonjol dari Realme 11 Pro Plus 5G adalah pengaturan optiknya yang mengesankan. Dilengkapi dengan sensor utama 200MP, disertai dengan sensor ultrawide 8MP dan lensa makro 2MP, smartphone ini menghadirkan kemampuan fotografi yang luar biasa. Sensor utama 200MP, memanfaatkan sensor Samsung HP3 dengan aperture f/1.69 dan Optical Image Stabilization, menangkap bidikan menakjubkan dengan kejernihan luar biasa, detail rumit, dan reproduksi warna akurat. Kamera unggul dalam menghasilkan rentang dinamis yang mengesankan, memungkinkan pengambilan gambar yang seimbang bahkan dalam kondisi pencahayaan yang menantang.

Di lingkungan dengan cahaya redup, kamera Realme 11 Pro+ 5G bekerja dengan mengagumkan. Itu dapat menangkap bidikan dengan berbagai rona yang terlihat alami. Efek pencahayaan ditangkap dengan baik, secara akurat menggambarkan baik cahaya yang terlihat maupun yang dipantulkan. Sensor gambar juga unggul dalam menangkap detail, baik itu wajah subjek atau bayangan halus pada pakaian.

Kamera ultrawide 8MP bekerja dengan baik dalam kondisi siang hari, menangkap bidikan dengan kualitas terpuji dan bidang pandang yang luas. Namun demikian, di lingkungan dengan cahaya redup, performa lensa ultrawide mungkin akan mengalami sedikit penurunan.

Shooter menghadap ke depan dari Realme 11 Pro Plus 5G telah mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan pendahulunya, dengan sensor 32MP menggantikan sensor 16MP sebelumnya. Peningkatan ini menghasilkan potret diri yang detail dan bersemangat dengan akurasi dan kontras warna yang mengesankan. Kamera juga menangkap rona kulit alami tanpa meningkatkan kewajaran secara artifisial, menambah keaslian selfie.

Baca juga: 5 Ponsel Pilihan Harga di Bawah 2 Jutaan yang Banyak Dibeli di Bulan Juni, Spesifikasi Cukup Mewah

KINERJA: HALUS DAN KUAT

Didukung oleh chipset MediaTek Dimensity 7050 octa-core, 11 Pro+ 5G menghadirkan kinerja yang mulus dan bertenaga. Dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal hingga 1TB, perangkat ini dapat menangani semua tugas harian Anda dengan mudah. Baik itu penelusuran web, penelusuran media sosial, multitasking, atau bermain game, Realme 11 Pro Plus 5G bekerja dengan mengagumkan.

Berbicara tentang game, smartphone ini terbukti menjadi smartphone yang mumpuni untuk game kasual dan menuntut. Dengan motor linier sumbu X dan sistem pendingin ruang uap, Realme 11 Pro Plus 5G memastikan pengalaman bermain game yang mulus bahkan dalam kondisi yang menuntut. Mekanisme pendinginan secara efektif mengatur suhu perangkat, mencegah kepanasan, dan mempertahankan performa gaming yang stabil.

Realme 11 Pro+ 5G berjalan pada Realme UI 4.0 berbasis Android 13. Ini menawarkan antarmuka yang ramah pengguna dengan berbagai fitur dan opsi penyesuaian. Meskipun perangkat dilengkapi dengan beberapa aplikasi pra-instal, bloatware tertentu dapat dihapus, memberikan pengalaman pengguna yang lebih efisien.

Perangkat ini juga dilengkapi sensor sidik jari dalam layar, yang cepat dan responsif, memastikan akses yang aman ke ponsel Anda. Speaker bekerja dengan baik, dengan suara yang jernih dan terdengar, baik saat Anda menonton video atau mendengarkan musik. Namun, perlu dicatat bahwa Realme 11 Pro Plus 5G tidak memiliki jack audio, yang mungkin membuat sebagian pengguna tidak nyaman.

Baca juga: Bingung Milih Smartphone Baru? Berikut Ini 10 Daftar Ponsel Xiaomi Terbaik di Tahun 2023

BATERAI: TAHAN LAMA DAN PENGISIAN CEPAT

Realme 11 Pro Plus 5G mengemas baterai 5000mAh, memberikan daya tahan lama untuk membuat Anda tetap terhubung sepanjang hari. Dengan dukungan fast charging 100W, ponsel ini menawarkan kemampuan pengisian cepat. Hanya dalam 10 menit pengisian, baterai dapat mencapai 50%, dan dalam waktu kurang dari 30 menit dapat terisi penuh. Meski dalam pemakaian berat, baterai Realme 11 Pro Plus 5G dengan mudah dapat bertahan seharian penuh, menjadikannya pendamping yang dapat diandalkan untuk segala aktivitas Anda.

KESIMPULAN: OPSI MID-RANGE YANG KOMPETITIF

Realme 11 Pro Plus 5G menghadirkan dirinya sebagai pilihan menarik bagi individu yang mencari desain menarik dan performa luar biasa di segmen kelas menengah. Jelas itu mungkin tidak menawarkan chipset paling kuat yang tersedia atau menyertakan perlindungan Gorilla Glass. Namun itu memberikan paket kompetitif secara keseluruhan. Desain yang menarik, tampilan melengkung, kemampuan kamera yang mengesankan, kinerja yang mulus, dan baterai yang tahan lama menjadikan 11 Pro Plus 5G pesaing yang layak di pasar smartphone kelas menengah.

Jika Anda memprioritaskan kemampuan desain dan pencitraan, dan mencari smartphone yang terjangkau namun kuat, Realme 11 Pro+ 5G pasti patut dipertimbangkan. Dengan fitur-fiturnya yang luar biasa dan harga yang kompetitif, smartphone ini menawarkan nilai uang yang luar biasa.