Helo Indonesia

Spesifikasi 5 Ponsel Terbaik untuk Fotografi di Tahun 2023, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Syahroni - Teknologi
Sabtu, 1 Juli 2023 16:06
    Bagikan  
Ilustrasi
Pixabye

Ilustrasi - 5 Ponsel terbaik dengan hasil jepretan foto luar biasa.

HELOINDONESIA.COM - Ponsel kamera terbaik mengambil foto dan video yang dapat menyaingi kamera konvensional. Tak salah karena ponsel kamera terbaik menawarkan kombinasi menggiurkan dari puncak teknologi pencitraan dengan tampilan tajam dan konektivitas internet secepat kilat. Faktanya, beberapa handset dapat menghasilkan foto yang lebih baik daripada kamera 'tepat' yang mungkin membuat Anda tergoda untuk membelinya.

Seiring kemajuan teknologi telepon kamera, Anda mungkin merasa sulit untuk tetap mengetahui handset terbaru yang tersedia. Untuk membantu Anda menemukan ponsel kamera terbaik saat ini, kami telah mengumpulkan pilihan model terbaru dengan berbagai anggaran.

Teknologi ponsel kamera benar-benar dapat bermuara pada satu konsep sederhana – kenyamanan murni dan sederhana. Ponsel kamera terbaik tidak hanya memiliki sensor gambar yang kuat (misalnya, Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki sensor 200MP yang luar biasa – lebih tinggi dari kebanyakan kamera profesional terbaik), tetapi mereka juga akan memiliki fitur fotografi komputasional yang luar biasa. milidetik untuk memproses gambar yang Anda tangkap dan meningkatkan aspek seperti ketajaman, white balance, dan lainnya.

Baca juga: Pilih Mana, Android atau iPhone? Berikut Perbedaan Kedua Jenis Ponsel Tersebut

Meskipun ponsel kamera terbaik mungkin belum dapat mengalahkan kamera DSLR atau kamera mirrorless terbaik untuk kualitas gambar yang bagus, satu-satunya area yang membuat ponsel kamera mengalahkan kamera tradisional adalah ukurannya. Bahkan kamera saku terbaik masih dapat memenuhi sebagian besar saku Anda (bahkan jika pas!), Tetapi ponsel lipat terbaik seperti Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Samsung Galaxy Z Fold 4 sangat ringkas.

Tidak peduli apakah Anda sedang mencari ponsel kamera kelas atas yang akan membantu Anda menangkap konten media sosial yang hebat, atau Anda hanya mencari ponsel sehari-hari yang akan menangkap foto keluarga yang indah, kami telah mengumpulkan ponsel kamera terbaik saat ini.

1. Google Pixel 7 Pro

SPESIFIKASI:

Tanggal Dirilis: Februari 2022
Kamera Depan: 50MP (f/1.85) main, 12MP (f/2.2) ultrawide, 48MP (f/3.5) telephoto with 5x optical zoom
Kamera Belakang: 10.8MP (f/2.2)OIS: YesWeight: 7.5 ounces (212g)Dimensions: 6.4 x 3 x 0.3 inches (162.9 x 76.6 x 8.9 mm)Storage: 28GB, 256GB

Kelebihan:
+ Campuran kamera dengan spesifikasi yang mengesankan
+ Mendukung pengisian nirkabel
+ IP68 tahan air

Kekurangan:
- Jauh lebih mahal dari Pixel 7
- Benjolan kamera yang dirancang memecah belah
- Pengisian lebih lambat dari kompetitornya

Baca juga: 5 Ponsel Pilihan Harga di Bawah 2 Jutaan yang Banyak Dibeli di Bulan Juni, Spesifikasi Cukup Mewah

Google Pixel 7 Pro merupakan ponsel kamera terbaik yang dapat Anda beli sesuai dengan harganya. Ponsel ini menyalip iPhone 14 dengan harga yang sama dan mengalahkan iPhone 14 Pro yang jauh lebih mahal.

Meskipun penangkapan RAW 7 Pro tidak terlalu mengesankan, dan beberapa tradisionalis mungkin tidak menyukai cara Google memproses foto, perpaduan kamera masih sangat bagus sejauh fotografi point-and-shoot.

Dengan desain yang ramping, layar yang kuat, dan pemeriksaan masa depan yang sangat baik melalui dukungan perangkat lunak yang berkelanjutan, Anda mendapatkan banyak keuntungan di sini. Jadi, meskipun ponsel ini memiliki beberapa cegukan kecil di zaman kita – khususnya dalam hal konektivitas, sebagai sebuah paket, Anda akan kesulitan untuk mendapatkan ponsel unggulan dengan nilai yang lebih baik daripada Google Pixel 7 Pro.

2. Samsung Galaxy S23 Ultra

SPESIFIKASI:

Kamera Belakang: 200MP main, 12MP ultrawide, 10MP telephoto (3x zoom), 10MP telephoto (10x zoom)
Kamera Depan: 12MPDimensions: 78.1 X 163.4 X 8.9mmStorage: 256GB, 512GB, 1TB

Baca juga: Bingung Milih Smartphone Baru? Berikut Ini 10 Daftar Ponsel Xiaomi Terbaik di Tahun 2023

Kelebihan:
+ Sensor kamera +200MP
+ Aplikasi tangkapan RAW 50MP
+ Prosesor Qualcomm Snapdragon terbaru untuk Galaxy
+ Layar besar yang indah dengan S Pen

Kekurangan:
-Terlalu banyak penekanan pada ekosistem Galaxy yang lebih luas
-Satu UI masih terasa seperti mengulangi pekerjaan yang telah dilakukan Google

Dalam kesan pertama kami tentang Samsung Galaxy S23 Ultra, kami menyimpulkan bahwa ini adalah ponsel yang cantik. Samsung telah menggandakan gaya bersih minimal tahun ini, dan itu benar-benar terbayar, dengan gaya canggih yang keren, yang juga sangat berbeda dari pabrikan besar lainnya.

Layarnya besar, cerah, dan berwarna-warni dengan layar melengkung yang hampir tanpa bingkai, sangat menyenangkan untuk dilihat. Di bagian belakang ponsel, guntingan kamera telah diganti dengan masing-masing lensa duduk sendiri hampir rata dengan perangkat. S Pen terus terselip di bagian bawah ponsel siap untuk mencatat pada saat itu juga.

Baca juga: 10 Tips Membuat Proses Booting di Ponsel Android Anda Menjadi Lebih Cepat

Sementara itu, ponsel Android ini memang memiliki kekuatan! Dengan Snapdragon 8 Gen 2 terbaru untuk Galaxy, Anda dapat melakukan tugas sehari-hari, game seluler, dan pembuatan konten. Soal fotografi, Samsung tidak main-main. Dengan sensor kamera 200MP baru, yang sekarang dapat menangkap foto RAW 50MP, dan algoritme pemrosesan AI baru yang berspesialisasi dalam malam hari baru dan astrofotografi, ponsel ini mengemas beberapa potongan serius dalam hal fotografi.

3. Apple iPhone 14 Pro

SPESIFIKASI

Tanggal Dirilis: September 2022
Kamera Belakang: 48MP (f/1.8) main with 2x optical zoom, 12MP (f/2.2) ultrawide, 12MP (f/2.8) telephoto with 3x optical zoom
Kamera Depan: 12MP (f/1.9)

Kelebihan:
+ Performa kamera yang luar biasa
+ Foto RAW dimuat dengan detail
+ Desain IP68 Premium
+ Internal yang kuat

Kekurangan:
-Tidak ada slot kartu SIM
-Kamera telefoto tidak terkemuka di kelasnya
-Sangat mahal

IPhone 14 Pro adalah pembangkit tenaga listrik yang serius dan dapat dikantongi. Ya, ponsel ini tebal, tetapi tapaknya yang relatif ringkas dan kamera yang luas serta perpaduan daya menjadikannya pilihan yang menarik, terutama bagi fotografer.

Baca juga: Berikut Ini Cara Menggunakan Ponsel Android Anda sebagai Perangkat Pelacak GPS

Sayangnya tidak ada mode pro untuk fotografi manual, foto RAW 48MP 14 Pro menghasilkan hasil yang luar biasa. Pemrosesan foto mode otomatis juga merupakan salah satu yang terbaik jika bukan yang terbaik, yang pernah kami lihat di telepon. Selain itu, meskipun kurangnya zoom periskop menjadi momok saat menggunakan Pro, pada ponsel yang lebih kecil, harapan untuk zoom yang jauh lebih kecil.

Jadi, meskipun iPhone 14 Pro baru mahal, ini adalah ponsel hebat dengan kamera brilian, bertenaga, dan tahan seharian penuh. Jika Anda seorang penggemar Apple yang menyukai ponsel yang lebih ringkas, iPhone 14 adalah pilihan yang tepat. Tetapi jika Anda menganggap diri Anda sebagai pengguna yang kuat yang membutuhkan baterai superior dan pengalaman menonton terbaik, maka Anda harus mempertimbangkan untuk membeli 14 Pro Max.

4. Samsung Galaxy S22 Ultra

SPESIFIKASI:

Tanggal Dirilis: Februari 2022
Kamera Belakang: 108MP f/1.8, 10MP f/2.4, 10MP f/4.9, 12MP f/2.2 ultrawide
Kamera Depan: 40MP
OIS: Yes
Berat: 228 g
Dimensi: 163.3 x 77.9 x 8.9 mm
Penyimpanan: 128GB/256GB/1TB

Kelebihan:
+ Kamera belakang superior
+Zoom digital yang canggih
+Kamera selfie 40MP
+ Kontrol stilus

Kelemahan:
- Agak mahal
- Tidak memiliki slot microSD

Baca juga: Jangan Panik, Begini Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang, Meski Sudah Dimatikan

Meskipun bukan model Galaxy Ultra terbaru, sistem empat kamera unggulan tahun lalu masih unggul, menampilkan sensor wide, ultra-wide, telefoto, dan super-zoom. Yang pertama membanggakan sensor 108MP, dengan aperture f/1.8, Dual Pixel AF, dan bidang pandang 85 derajat. Kamera ultra lebar 12MP memiliki aperture f/2.2 dan bidang pandang 120 derajat. Ada juga satu telefoto 10MP dengan zoom setara tiga kali (f/2.4) dan telefoto 10MP lainnya dengan zoom 10 kali lipat (f/4.9). Belum lagi kamera selfie, dengan resolusi 40MP, aperture f/2.2, dan pengambilan video 8K pada 24fps.

Secara lebih luas, ini adalah smartphone yang besar, bergaya, dan bertenaga. Layar AMOLED 6,8 inci-nya sangat menarik, dengan gerakan halus, warna cerah, kecerahan mengesankan, dan resolusi 500 piksel per inci.

Stylus S Pen brilian dan memberi Anda jenis produktivitas yang sebelumnya hanya Anda dapatkan dengan Galaxy Note. Ada baterai 5.000 mAh yang kuat untuk bertahan selama berjam-jam, dan desain serta tampilan ponselnya sederhana tetapi, menurut kami, sangat bergaya.

5. Google Pixel 7

SPESIFIKASI:

Tanggal Dirilis: Februari 2022
Kamera Belakang: 50MP f/1.9, 12MP f/2.2 ultrawide
Kamera Depan: 10.8MP(f/2.2)
Penyimpanan: 128GB, 256GB128GB, 256GB

Kelebihan:
+ Kamera utama yang bagus
+ Mendukung pengisian nirkabel
+ Lebih banyak desain premium daripada Pixel 6
+ IP68 tahan air

Kelemahan:
-Masa pakai baterai bisa tidak konsisten
-Ultra-lebar tidak memiliki fokus otomatis
-Tidak ada kamera telefoto
-Tidak ada mode foto manual

Baca juga: Masih Pakai Micro SD untuk Tambah Memori HP? Siap-siap Saja Ponsel Anda jadi Lemot

Google Pixel 7 adalah taruhan yang sangat aman bagi fotografer yang menginginkan ponsel yang seimbang. Ya, Anda harus mengorbankan sedikit kontrol manual – tidak ada mode pro atau akses ke foto RAW 50MP tidak ideal. Tetapi untuk ponsel point-and-shoot, tidak ada yang terbaik dalam kisaran harga Pixel.

Pemrosesan foto Google berselera tinggi dan masih menambah banyak detail bayangan, sensor besar melakukan hal-hal hebat dengan foto close-up, memburamkan latar belakang secara alami, dan pemandangan redup, mencerahkan segalanya dengan andal. Ponsel ini bukan untuk ahli fotografi, tetapi kemungkinan akan mencentang kotak orang lain dari sudut pandang kamera.

Sedangkan untuk ponsel lainnya – tentu saja, kinerja baterai yang lebih konsisten akan ideal di minggu kami dengan ponsel ini. Dimasukkannya pengisian daya nirkabel dan ketahanan air IP68 merupakan keuntungan dari segi harga, dan setelah hari ketiga kami dengan telepon, itu selalu membuat kami tetap hidup dari pagi hingga malam.