Helo Indonesia

Berikut Ini Cara Menggunakan Ponsel Android Anda sebagai Perangkat Pelacak GPS

Syahroni - Teknologi
Kamis, 22 Juni 2023 18:31
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - Menjadikan ponsel android sebagai perangkat pelacak GPS.

HELOINDONESIA.COM - GPS sangat bagus untuk memulihkan perangkat Anda saat hilang atau dicuri, atau bernavigasi saat mengemudi dengan Google Maps. Dan ini sangat bagus karena GPS berfungsi bahkan saat terputus dari internet. Cukup unduh peta Anda sebelumnya!

Tapi bagaimana dengan menggunakan ponsel Android sebagai pelacak GPS? Ini mungkin bukan pilihan yang paling dapat diandalkan, dan memang ada beberapa kekurangan yang tidak terlalu signifikan, tetapi ini bisa menyelesaikan pekerjaan jika Anda putus asa. Inilah cara mengubah ponsel Android Anda menjadi pelacak GPS.

Pelacakan Dengan Fitur Asli Android

Sebagian besar perangkat Android yang dirilis mulai tahun 2014 dan seterusnya memiliki fitur bawaan yang disebut Temukan Perangkat Saya/Find My Defice. Layanan ini terus-menerus mem-ping lokasi perangkat Anda kembali ke server Google sehingga Google mengetahui di mana ponsel Anda berada.

Untuk membuatnya berfungsi, Google mengumpulkan berbagai jenis data tentang ponsel Anda, seperti perkiraan dan lokasi persis Anda serta pengenal yang berbeda, termasuk pengenal pribadi. Anda kemudian dapat menggunakan antarmuka web Google untuk melihat di mana perangkat Anda pada waktu tertentu.

Baca juga: 7 Aplikasi Anti-Pencurian Terbaik untuk Lindungi Ponsel Android Anda dari Tangan Penjahat

Agar Find My Defice berfungsi, Anda harus memiliki akun Google di perangkat Anda. Perangkat Anda harus mengaktifkan akses lokasi, terlihat di Google Play, memiliki daya, dan terhubung ke data seluler atau Wi-Fi. Terakhir, Find My Defice harus diaktifkan. Begini caranya:

Cara Mengaktifkan Find My Defice di Android:

  • Arahkan ke Pengaturan perangkat Anda.
  • Ketuk Kata Sandi dan keamanan.
  • Pilih Privasi.
  • Ketuk Find My Defice.
  • Aktifkan fitur di halaman berikutnya.

Langkah-langkah yang tepat pada ponsel Anda mungkin berbeda, tetapi langkah-langkah tersebut seharusnya cukup mirip untuk sebagian besar perangkat Android. Jika Anda tidak dapat mengetahui di mana Temukan Perangkat Saya berada di perangkat Anda, buka aplikasi Pengaturan dan gunakan bilah pencarian di bagian atas agar lebih mudah. Hal yang menyenangkan tentang Find My Defice adalah ini bukan sekadar pelacak—ini memungkinkan Anda mengontrol perangkat dari jauh.

Cara Menggunakan Find My Defice di Android

Setelah diaktifkan, yang harus Anda lakukan adalah meluncurkan browser web, menavigasi ke dasbor Find My Defice, dan masuk ke akun Google Anda (yang sama yang terkait dengan perangkat Anda).

Setelah Anda masuk, pilih ponsel yang ingin Anda temukan (jika Anda memiliki beberapa) dan Find My Defice akan menampilkan lokasi terakhirnya yang diketahui, berapa lama terakhir kali terlihat, jika terhubung ke internet, dan level baterai.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang, Meski Sudah Dimatikan

Pelacakan Dengan Aplikasi Android Pihak Ketiga

Jika Anda tidak menyukai Find My Device karena alasan apa pun, Anda selalu dapat menggunakan salah satu dari banyak alternatif pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Atau, jika Anda lebih suka menggunakan ponsel Android tanpa Google, Anda dapat mengunduhnya dari salah satu situs terbaik untuk mengunduh APK Android. Aplikasi ini mudah dipasang, dan Anda tidak perlu melakukan apa pun selain membuat akun untuk menggunakannya.

Ada dua yang kami rekomendasikan: Life360 dan Prey. Sebagian besar aplikasi pelacakan dipasarkan sebagai aplikasi keamanan anti-pencurian dan anti-kehilangan untuk Android, dan tentu saja berguna untuk tujuan tersebut, tetapi Anda dapat menggunakannya untuk pelacakan langsung jika diinginkan.

Jadikan Perangkat Android Anda Dapat Dipasang untuk Pelacakan

Setelah perangkat Anda diatur sebagai dapat dilacak, apakah menggunakan Find My Device atau aplikasi pihak ketiga, hanya ada satu hal yang harus dilakukan: pasang perangkat ke orang atau objek yang ingin Anda lacak. Jelas, ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Ingin tahu cara melacak mobil dengan ponsel?

Opsi termudah dan paling efektif adalah menggunakan dudukan mobil magnet. Sebagian besar kit dua bagian dilengkapi dengan sisipan magnet (yang Anda tempatkan di dalam casing perangkat Anda) dan alas magnet (yang Anda pasang ke apa pun yang ingin Anda pasang). Dengan model yang bagus, gaya magnetnya harus cukup kuat agar ponsel Anda "terpasang" ke alas dan tetap aman.

Baca juga: Waspada, Berikut Ini 5 Cara untuk Mengetahui Ponsel Android Anda Diretas Atau Tidak

Tidak Ada yang Mengalahkan Pelacak GPS Khusus

Meskipun perangkat Android Anda dapat berfungsi sebagai pelacak dalam keadaan darurat, jangan berharap itu lolos dari pelacak lokasi GPS yang serius. Ada tiga kelemahan utama yang harus Anda waspadai, dan jika salah satu dari kelemahan ini terbukti bermasalah bagi Anda, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan pelacak khusus:

1. Masa Pakai Baterai: Ponsel cerdas Anda memiliki banyak perangkat lunak yang berjalan di latar belakang setiap saat, seperti layanan tingkat sistem dan aplikasi pihak ketiga, dan semua pemrosesan itu menghabiskan masa pakai baterai. Pelacak GPS khusus hanya perlu memproses pelacakan GPS, menghasilkan masa pakai baterai yang lebih lama per pengisian daya.

2. Kualitas Sinyal: Pelacak GPS tidak sempurna, tetapi sinyalnya jauh lebih unggul daripada sinyal ponsel cerdas. Dengan demikian, tidak hanya pelacak GPS khusus lebih akurat, tetapi mereka dapat terus melacak bahkan di area di mana smartphone biasanya terputus.

3. Risiko dan Biaya: Apakah Anda rela kehilangan perangkat Android Anda? Misalkan Anda memasangnya ke bagian bawah mobil, dan terjatuh di tengah jalan raya. Pelacak GPS khusus lebih mudah dipasang dan lebih kuat, dan meskipun hilang atau rusak, lebih murah untuk diganti.

Dengan kata lain, jangan ubah ponsel Android Anda menjadi pelacak GPS kecuali Anda tidak memiliki pilihan lain. Untuk alternatif yang lebih akurat dan andal, pertimbangkan untuk mencoba sesuatu seperti Pelacak GPS Portabel Spytec atau Pelacak GPS Tracki.

Ponsel Android Anda Memiliki Banyak Aplikasi

Ponsel Android Anda lebih kuat dari yang Anda pikirkan. Anda dapat menggunakannya sebagai kamera untuk menjepret foto dan video, perangkat komunikasi untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan kolega, dan pelacak GPS, di antara kegunaan lainnya.

Ponsel Anda bisa menjadi banyak hal; satu-satunya persyaratan adalah mengetahui cara memanfaatkan fitur-fiturnya yang luas. Semoga sekarang Anda dapat menggunakan perangkat Anda sebagai pelacak GPS dengan mengikuti petunjuk di atas.