Helo Indonesia

7 Aplikasi Anti-Pencurian Terbaik untuk Lindungi Ponsel Android Anda dari Tangan Penjahat

Syahroni - Teknologi
Kamis, 22 Juni 2023 18:10
    Bagikan  
Aplikasi Anti-Pencurian.
ist

Aplikasi Anti-Pencurian. - Jika ponsel Android Anda dicuri, Anda memerlukan cara untuk mendapatkannya kembali. Berikut adalah aplikasi anti-pencurian Android terbaik.

HELOINDONESIA.COM - Tidak ada yang ingin memikirkan ponsel mereka dicuri, tetapi kenyataannya hal itu bisa terjadi pada siapa saja. Oleh karena itu, selalu merupakan ide bagus untuk memiliki aplikasi anti-pencurian di perangkat Anda.

Google menawarkan keamanan Android bawaan, termasuk opsi yang disebut Temukan Perangkat Saya yang dapat digunakan untuk ponsel yang hilang, tetapi ada juga beberapa opsi pihak ketiga yang tersedia. Mari kita lihat aplikasi anti-pencurian terbaik untuk Android.

1. Find My Device

Find My Device adalah aplikasi antipencurian Google, dan salah satu opsi keamanan bawaan terbaik Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengunci ponsel dari jarak jauh, keluar dari perangkat, dan menghapus kontennya. Anda juga dapat melihat lokasi ponsel Anda di peta dan memanggilnya melalui aplikasi yang menyertainya.

Jika Anda mengunci ponsel dari jarak jauh, Anda dapat menulis pesan layar kunci yang akan ditampilkan perangkat secara permanen hingga Anda menonaktifkannya.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang, Meski Sudah Dimatikan

Fitur Find My Device diaktifkan secara default, tetapi sebaiknya periksa apakah Anda tidak mematikannya secara tidak sengaja. Untuk memeriksa status Find My Device, buka Pengaturan > Google > Keamanan dan ketuk Find My Device. Geser toggle di bagian atas jendela ke posisi On jika fitur tidak aktif.

Ada dua cara untuk mengakses fitur Find My Device, melalui aplikasi web Find My Device atau aplikasi smartphone.

2. Cerberus

Cerberus sudah mapan sebagai aplikasi anti-pencurian pihak ketiga terkemuka untuk Android. Aplikasi ini memiliki serangkaian fitur kaya yang harus dipenuhi oleh para pesaingnya.

Tiga cara utama Cerberus melindungi perangkat Anda adalah kendali jarak jauh melalui portal web, kendali jarak jauh melalui pesan teks, dan peringatan otomatis.

Aplikasi ini dapat menemukan dan melacak ponsel Anda, mengunci perangkat Anda, memulai alarm di ponsel Anda, mengunggah log panggilan, dan menghapus memori internal dan eksternal.

Cerberus juga akan membantu memastikan siapa pun yang mencuri ponsel Anda akan menghadapi masalah hukum. Diam-diam dapat mengambil foto dan merekam video siapa pun yang memiliki perangkat Anda, lalu mengunggahnya ke cloud untuk Anda lihat. Anda bahkan dapat merekam audio dari mikrofon ponsel Anda.

Aplikasi ini juga mendukung tindakan otomatis. Misalnya, Anda dapat membuat ponsel mengunci sendiri jika kartu SIM diganti, atau langsung menerima foto jika seseorang memasukkan PIN yang salah.

Baca juga: Waspada, Berikut Ini 5 Cara untuk Mengetahui Ponsel Android Anda Diretas Atau Tidak

3. Anti-Theft Alarm

Di ujung lain dari skala kompleksitas adalah Anti-Theft Alarm. Ini adalah pencegah pencurian; tapi aplikasi ini tidak memiliki fitur pasca-pencurian seperti lokasi ponsel dan penghapusan jarak jauh.

Seperti namanya, aplikasi akan membunyikan alarm keras dalam keadaan tertentu. Misalnya, Anda dapat membunyikan alarm saat seseorang mengambil atau mencuri ponsel Anda saat sedang mengisi daya, jika seseorang memindahkan ponsel dari tempat Anda meninggalkannya, jika Anda menjatuhkan ponsel, atau jika seseorang mengganti kartu SIM. Anda juga dapat mengaktifkan alarm dari jarak jauh jika Anda menyadari seseorang telah mencurinya.

Alarm dapat berbunyi meskipun perangkat Anda dalam mode senyap. Setelah diaktifkan, kebisingan tidak akan berhenti tanpa kata sandi; mengganti baterai atau SIM tidak akan berpengaruh apa pun.

4. McAfee Mobile Security

McAfee paling terkenal dengan aplikasi anti-virusnya, tetapi aplikasi Android perusahaan juga menyertakan fitur anti-pencurian, yang berarti ini adalah toko serba ada untuk semua kebutuhan keamanan Anda.

Fitur anti-pencurian khusus mencakup keamanan kunci perangkat, kamera pencuri, dan perlindungan pencopotan pemasangan aplikasi. Jika seseorang memasukkan kode PIN yang salah sebanyak tiga kali, ponsel akan mengunci sendiri hingga Anda memasukkan kata sandi utama, dan memotret pelaku.

Baca juga: Begini Cara Memulihkan Data Setelah Ponsel Android Anda Direset ke Setelan Pabrik

McAfee Mobile Security juga memiliki fitur find my phone. Anda dapat melihat ponsel Anda di peta, membunyikan alarm dari jarak jauh, dan mendapatkan pelacakan lokasi langkah demi langkah.

5. CrookCatcher

CrookCatcher dirancang untuk membantu Anda mendapatkan kembali ponsel Anda, tetapi juga memberi Anda kepuasan saat menangkap pencuri yang sedang beraksi secara real-time.

Ketika seseorang mencoba membuka kunci ponsel Anda dengan kode yang salah, aplikasi itu akan mengambil gambar orang tersebut dan segera mengirimkannya melalui email kepada Anda. Email tersebut akan berisi gambar, koordinat dan keakuratan GPS, perkiraan alamat jalan, dan peta. Anda dapat men-tweak berapa banyak entri yang salah diperbolehkan sebelum gambar diambil dan email dikirim.

Salah satu perbedaan terbesar antara CrookCatcher dan aplikasi lain di daftar kami adalah kurangnya daya baterai. Aplikasi hanya aktif ketika kode yang salah dimasukkan; tidak perlu berjalan di latar belakang secara permanen.

6. Prey

Prey adalah pelacak seluler anti-pencurian lainnya, tetapi berfungsi ganda sebagai solusi lintas platform yang dapat melacak ponsel, laptop, tablet, dan semua jenis perangkat lainnya.

Baca juga: Ponsel atau Tablet Android Anda Tidak Mau Nyala? Berikut Ini 7 Cara Memperbaikinya

Ada versi gratis dan premium. Versi gratisnya memungkinkan Anda melacak hingga tiga perangkat, tetapi membatasi Anda ke satu zona keamanan.

Versi premium—dengan biaya $5/bulan—menambahkan pagar geografis, tindakan zona kontrol, kunci layar jarak jauh, peringatan pesan, riwayat lokasi, dan dukungan untuk pelacakan melalui GPS, triangulasi Wi-Fi, dan GeoIP.

Jika Anda memiliki paket premium, Anda juga dapat menghapus data dan mengambil file dari jarak jauh.

7. Where's My Droid

Where's My Droid menawarkan versi gratis dan paket berbayar. Dalam versi gratisnya, Anda dapat menemukan perangkat melalui GPS, membunyikannya, menyetel kode sandi, menghapus kartu SD, melakukan reset pabrik, dan mendapatkan peringatan saat seseorang mengganti SIM.

Paket premium (disebut Elite) menambahkan lebih banyak fitur seperti mengambil foto dari jarak jauh, memotret saat seseorang mencoba dan gagal membuka kunci ponsel, geofencing, pelacakan lokasi pasif, pencegahan pencopotan pemasangan, dan dukungan multi-perangkat. Paket Elite berharga $1/bulan atau $9/tahun.