Helo Indonesia

Jaringan di Luar Rumah Lemot? Begini Cara Meningkatkan Koneksi Internet Hingga ke Pekarangan Anda

Syahroni - Teknologi
Senin, 26 Juni 2023 17:53
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - Cara meningkatkan konektivitas internet di luar rumah.

HELOINDONESIA.COM - Router modern saat ini sudah cukup membantu memperkuat jaringan internet nirkabel di dalam rumah. Tapi bagaimana jika dipakai hingga ke luar ruangan? Dengan semakin meningkatkan penggunaan perangkat teknologi berbasis digital, semakin banyak pula peralatan yang membutuhkan jaringan internet. Sebagai contoh, kamera keamanan, lampu pintar, bel pintu, dan bahkan ponsel, laptop saat ingin digunaakan di luar rumah.

Seperti diketahui, dinding rumah Anda adalah penghalang Wi-Fi yang cukup efektif. Itulah sebabnya jjaringan wi-fi , tidak sampai ke kebun yang ada di luar rumah Anda. Dan meskipun sinyal dapat menembus kaca tanpa terlalu banyak masalah, masih ada masalah bahwa kekuatan sinyal semakin lemah semakin jauh Anda dari router.

Di sini, kami akan menjelaskan opsi yang tersedia untuk mengatasi masalah ini. Jika Anda cukup beruntung, dengan hanya mengatur ulang posisi router, Anda sudah bisa mendapat sinyal wi-fi di luar rumah. Namu kalau tidak, cara-cara berikut ini mungkin bisa Anda coba.

1. Menambah adaptor saluran listrik

Ini adalah opsi tercepat, paling sederhana, dan kemungkinan paling hemat biaya bagi kebanyakan orang, tetapi ini bergantung pada daya utama yang Anda inginkan untuk mendapatkan koneksi Wi-Fi. Soket apa pun harus berada dalam posisi di mana adaptor saluran listrik tidak boleh basah, yang berarti opsi ini paling baik untuk mereka yang menginginkan internet andal di garasi atau gudang.

Baca juga: Jaringan Internet di Rumah Suka Lemot? Berikut Tips Memperbaiki Koneksi WiFi yang Tidak Stabil

Adaptor Powerline mengubah kabel listrik menjadi kabel jaringan, jadi Anda mencolokkan satu di sebelah router Anda dan yang lainnya di soket tempat Anda memerlukan Wi-Fi. Sangat penting untuk dicatat bahwa adaptor saluran listrik standar tidak memiliki Wi-Fi, jadi Anda perlu membeli kit yang salah satu colokannya memiliki Wi-Fi bawaan, seperti TP-Link. KIT TL-WPA8631P.

Kelemahan dari powerline adalah bahwa mereka bisa relatif lambat. Secara teoritis, kit TP-Link menawarkan 1500Mbps, tetapi kenyataannya, Anda bisa mendapatkan 40Mbps atau bahkan kurang. Itu karena kabel listrik sepertinya tidak menyukai kabel listrik jarak jauh, seperti yang mengalir dari rumah Anda ke ruang taman.

2. Beli antena Wi-Fi luar ruangan

Jika Anda tidak memiliki jaringan wi-fi di luar, opsi alternatifnya adalah membeli antena Wi-Fi luar ruangan. Produk ini ada 2 jenis. Jenis sekrup pertama langsung ke router Anda sebagai pengganti salah satu antena normalnya, tetapi Anda perlu memeriksa router Anda untuk melihat apakah ada yang dapat dilepas atau tidak. Kebanyakan tidak, jadi tip ini tidak akan berguna sama sekali.

Baca juga: Bingung Milih Smartphone Baru? Berikut Ini 10 Daftar Ponsel Xiaomi Terbaik di Tahun 2023

Jika Anda memiliki router yang sesuai, berikut adalah beberapa antena oudoor yang dapat Anda beli di toko online. Antena Wi-Fi USB eksternal. Ini bukan hal yang persis sama. Ini dirancang untuk dihubungkan ke perangkat jarak jauh seperti laptop. Anda bisa memasangnya di dinding ruang taman Anda – atau garasi – menghadap ke rumah Anda dan seharusnya bisa menangkap sinyal lemah yang datang dari router Anda.

Opsi lain adalah router Wi-Fi eksternal seperti TP-Link Deco X50 Outdoor. Alat ini dapat dipasang di tiang atau dinding. Meskipun ini adalah bagian dari jangkauan Wi-Fi X50 mesh TP-Link, Anda tidak harus menggunakannya dengan sistem X50. Anda dapat menghubungkannya ke router biasa dengan kabel Ethernet dan mendapatkan efek yang sama. Itu harus menyediakan Wi-Fi yang kuat pada jarak 200-300 kaki (60-90 meter) – mungkin lebih jika ada sedikit hambatan.

3 – Beli perangkat Wi-Fi extender atau mesh Wi-Fi

Jika Anda tidak dapat memindahkan router lebih dekat ke tempat yang Anda inginkan sinyal luar ruangan, perluasan Wi-Fi adalah pilihan berikutnya. Produk ini banyak dijual di toko online dan harganya tidak mahal. Alat ini dapat meningkatkan Wi-Fi Anda sehingga Anda dapat online di kebun Anda.

Baca juga: 10 Tips Membuat Proses Booting di Ponsel Android Anda Menjadi Lebih Cepat

Namun ada kekurangannya: cara kerja extender adalah dengan mengambil sinyal dari router Anda dan menyiarkannya kembali, yang berarti mereka harus menggunakan separuh kecepatannya untuk menerima sinyal dan separuh lainnya untuk menyiarkannya, jadi mereka bukan yang tercepat.

4. Menggunakan kabel Ethernet

Cara lama menambah jangkauan adalah dengan menggunakan kabel Ethernet. Kabel ditarik dari router utama di rumah ke taman di luar. Cara ini terbilang cukup murah untuk dilakukan, terutama jika Anda bisa memasangnya sendiri.

Kabel yang akan Anda gunakan juga banyak jenisnya. Anda dapat membeli kabel luar ruangan siap pakai dengan jack Ethernet di kedua ujungnya. Selain itu, alat khusus yang diperlukan agar sesuai dengan konektor RJ-45 dapat dibeli dengan harga murah dan tidak sulit digunakan. Setelah kabel terpasang, Anda akan memiliki koneksi internet super cepat di bangunan tambahan Anda. Untuk mendapatkan Wi-Fi, Anda memerlukan router kedua (dalam mode titik akses atau "jembatan") atau, lebih baik lagi, sistem Wi-Fi mesh yang mendukung backhaul kabel. Itu berarti Anda dapat menghubungkan router menggunakan kabel Ethernet, bukan Wi-Fi.

Baca juga: Berikut Ini Cara Menggunakan Ponsel Android Anda sebagai Perangkat Pelacak GPS

5. Beli titik akses

Titik akses sebenarnya hanyalah nama yang berbeda untuk router Wi-Fi. Perbedaan utamanya adalah titik akses dirancang untuk terhubung ke router yang ada dan menyediakan Wi-Fi di area lain. Mereka terutama untuk kantor, dan tidak benar-benar ditujukan untuk konsumen. Itu adalah jenis perangkat yang dapat Anda pasang secara profesional saat peralatan jaringan konsumen tidak berfungsi.

Meskipun Wi-Fi mesh sering kali berfungsi dengan baik di dalam ruangan, tidak terlalu bagus jika Anda memerlukan koneksi cepat di kebun atau garasi Anda, dan titik akses bisa menjadi solusinya. Bergantung pada jarak, Anda mungkin memerlukan hanya satu yang dipasang di lokasi terpencil Anda yang menghadap ke rumah. Anda sebaiknya memilih model yang masih dapat mengirimkan sinyal Wi-Fi ke perangkat Anda saat dalam mode klien, seperti D-Link DAP-2680.

Jika bangunan luar Anda sangat jauh dari rumah Anda, Anda mungkin perlu membeli sistem Wi-Fi point-to-point (PtP). Ini pada dasarnya adalah dua titik akses yang membuat jembatan nirkabel. Mereka bisa menjadi model indoor atau outdoor, dengan model outdoor bekerja lebih dari kilometer daripada meter. Ini mungkin berlebihan untuk digunakan di rumah, tetapi dapat memberikan keandalan yang Anda butuhkan.