Helo Indonesia

Duel Sengit F-16 Vs Su-37 di Langit Ukraina, Begini Jalannya Pertempuran

Ruru - Teknologi
Sabtu, 27 Mei 2023 20:57
    Bagikan  
F-16
Istimewa

F-16 - Jet tempur F-16

HELOINDONESIA.COM - Baru-baru ini, Zelensky pergi ke KTT G7 di Hiroshima, Jepang untuk minta sedekah, dan sesuai keinginannya, dia mendapatkan jet tempur F-16 yang telah lama ditunggu-tunggu.

AS dan negara-negara Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat berjanji untuk memberi Ukraina yang satu ini. Senjata yang sangat mereka butuhkan sekarang.

Dilihat dari situasi saat ini, sangat mungkin jet tempur F-16 akan tiba di Ukraina satu demi satu dalam waktu sekitar setengah tahun. Jika konflik antara Rusia dan Ukraina masih berlangsung, kita dapat menyaksikan perang F-16 melawan Uni Soviet atas Ukraina. 35. F-16 vs Su-57, ini membuat orang heboh, dan tidak sabar untuk melihatnya.

F-16 yang dijanjikan akan dibantu oleh Amerika Serikat dan Barat kali ini, secara umum, struktur teknisnya relatif tua. Saat ini, F-16 yang dipastikan dibantu Ukraina adalah F-16 A dan F-16 B TNI AU Belanda. , setelah modifikasi jangka menengah, ia dapat meluncurkan beberapa rudal udara-ke-udara jarak menengah yang relatif canggih termasuk AIM-120, tetapi masa pakai badan pesawat mereka tidak terlalu banyak, dan mungkin tidak lama lagi mereka akan dinonaktifkan.

Baca juga: Panglima Tertinggi Ukraina Zaluzhnyi Dikabarkan Kritis, Terluka di Bagian Genitalnya

Di medan perang konflik Rusia-Ukraina, rudal udara-ke-udara canggih semacam ini sebenarnya sangat mengancam Angkatan Udara Rusia. Pesawat tempur Angkatan Udara Rusia yang ditembak jatuh di perbatasan dua hari lalu dikatakan telah diselundupkan ke perbatasan oleh tentara Ukraina.

Sistem misil NASAMS menembak jatuh, dan sistem misil NASAMS menggunakan misil AIM-120. Rudal canggih ini telah membawa korban bagi Angkatan Udara Rusia. Sangat mungkin di masa depan Ukraina, jika ada F-16 AIM-120, kita akan melihat adegan kedua belah pihak bertarung sengit di udara.

Ini adalah ancaman besar bagi pesawat militer yang saat ini digunakan oleh Angkatan Udara Rusia di Ukraina. Ancaman di sini tidak hanya tentang Su-34, tetapi juga serangkaian serangan darat seperti Tu 22M, Tu 160, dll. Jenis pesawat termasuk Su-27, Su-35 dan bahkan Su-57.

Semua orang tahu bahwa kombinasi F-16 dan AIM-120 sebenarnya adalah kombinasi yang dipasarkan di seluruh dunia. Menurut statistik yang tidak lengkap, F-16 ada di lebih dari 70 negara dan wilayah. Ini adalah produk yang sangat bagus. Dikatakan sebagai petarung yang sukses. Jumlah AIM-120 yang diproduksi hingga saat ini sudah mencapai puluhan ribu.

Su-57


Rudal AIM-120 terkenal di perang Irak, termasuk perang Yugoslavia. Dapat dikatakan bahwa AIM-120 telah membuktikan keefektifannya dalam menghadapi ancaman pesawat tempur Soviet. Oleh karena itu, kali ini F-16 didukung ke Ukraina, yang dianggap sebagai bobot penting yang dapat membalikkan keseimbangan kekuatan udara Ukraina saat ini.

Baca juga: Siapkan Serangan Balasan ke Rusia, Presiden Ukraina Desak Inggris Kirim Jet Tempur

Pesawat tempur Rusia yang saat ini muncul di udara Ukraina tidak hanya Su-35, tetapi juga Su-57 generasi baru. Dari tampilan pesawat tempur Su-57 sebenarnya mewarisi beberapa fitur aerodinamis dari keluarga Su-27.

Namun, pesawat tempur Su-57 telah melakukan apa yang disebut stealth. Meskipun dibandingkan dengan J-20 China, F-35 Amerika, dan F-22 Amerika, struktur siluman Su-57 masih relatif primitif. Masih relatif kasar.

Namun secara umum, area pantulan radar Su-57 memang jauh lebih kecil. Selain itu, Su-57 juga dilengkapi radar top-level phased array Rusia. Secara teori, Su-57 masih memiliki kemampuan pengendalian udara yang relatif kuat. dari. Ini sama dengan apa yang disebut perang J-8 melawan F-22 yang dibayangkan para penggemar militer ketika China terbelakang dalam persenjataan.

Untuk Angkatan Udara Ukraina, jika ada F-16, mereka harus memikirkan bagaimana menggunakan F-16 untuk memilih pesawat tempur Su-57, dan dengan dukungan situasi udara NATO, Pesawat tempur F-16 AIM-120 yang diluncurkan memang dapat menimbulkan ancaman tertentu bagi pesawat tempur Su-57.

Baca juga: Pengalaman di Perang Teluk 1991, Amerika Kirimkan Rudal Patriot MIM-104 ke Ukraina Tangkal Serangan Udara Rusia

Menurut berita dari Angkatan Udara Rusia, Su-57 sebenarnya telah digunakan sampai batas tertentu di medan perang Ukraina. Namun, Rusia tidak tahu tentang kemampuan siluman pesawat tempur Su-57.

Selanjutnya, langit di Ukraina kemungkinan akan menjadi batu ujian bagi Su-57, sebuah lapangan latihan, yang memungkinkannya membuktikan kepada dunia bahwa kinerja silumannya cukup untuk membentuk perbedaan generasi seperti itu dengan F-16?

Apakah cukup untuk melawan seluruh NATO dan sistem tempur angkatan udara yang semakin mendukung Ukraina? Tentu saja, konfrontasi semacam itu, kontes semacam itu, adalah hal yang sangat berarti.**