bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Lomba IT Genetic Nasional USM, 18 Tim Bersaing Rebut Tiket Final

Ajie - Teknologi
Rabu, 1 Mei 2024 09:14
    Bagikan  
Lomba IT Genetic Nasional USM, 18 Tim Bersaing Rebut Tiket Final

Sekar Cinta Amaria dan Kasa Kusuma Wardani (kiri dan kanan) saat menjadi nara sumber dalam talk show di Radio Jaya yang dipandu Putri Sabila

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Sebanyak 18 tim masuk ke babak semi final dan siap memperebutkan tiket ke final pada Lomba Generasi Teknologi Informasi Competition (IT Genetic) antarpelajar, mahasiswa, dan umum tingkat nasional yang digelar oleh Komunitas Developer Community (Decomus) dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Informatika dan Sistem Informasi (Himmatisi) USM.

Panitia Penyelenggara, Sekar Cinta Amaria mengatakan, lomba tersebut merupakan program kerja kolaborasi dari Himmatisi dan Komunitas Decomus USM yang baru pertama kali diselenggarakan.

''Kami komunitas yang bergerak dibidang TI, jadi kita ingin tahu juga apakah masyarakat mengikuti perkembangan TI atau tidak. Kami dari Decomus juga kerja sama dengan Himmatisi karena itu merupakan organisasi mahasiswa teknologi informatika dan sistem informasi,'' kata Sekar saat menjadi narasumber di Talkshow USM Update dari Radio USM Jaya.

Baca juga: Siap Menghibur, Daftar Film Bioskop Terbaru 2024

Tak sendiri, Sekar ditemani oleh rekan sesama panitia yaitu Kasa Kusuma Wardani saat menjadi narasumber dalam talkshow yang dipandu Penyiar Radio USM Jaya Semarang, Putri Sabila di Studio Radio USM Jaya Semarang, Gedung N USM pada Selasa (30/4/2024).

Menurut Kasa, lomba tersebut terdapat dua divisi competition yaitu Inovation System Competition dan UI/UX Design Competition.

''Untuk saat ini, ibaratnya sudah di tahap semifinal. Jadi pendaftaran sudah dibuka secara online di Desember sampai Maret 2024. Sudah ada 50 tim yang mendaftar, satu tim terdiri atas 3 orang. Setelah itu, diseleksi dan ada 18 tim yang berhasil masuk ke semifinal, dan sekarang proses pengiriman video untuk nanti kita akan seleksi kembali dan kita ambil 5 tim untuk bertanding di babak final di USM,'' ujar Kasa.

Babak final akan dilaksanakan secara offline di Gedung M Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) USM pada Minggu (26/5/2024) mendatang.

Baca juga: 7 Resep Minuman Serba Kayu Manis yang Menyehatkan

Dia mengungkapkan, kegiatan tersebut mendapatkan dukungan penuh dari struktural FTIK USM.

''Dari awal berdirinya Komunitas Decomus, kami mendapatkan dukungan penuh oleh struktural FTIK USM. Kami sudah beberapa kali mengikuti lomba, jadi tidak ada salahnya jika kita mengadakan lomba sekaligus mengenalkan FTIK USM kepada masyarakat. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Bu Dekan, Kaprodi, hingga Dosen-Dosen FTIK USM,'' ungkapnya.
Uang Pembinaan
Menurutnya, tim peserta yang paling jauh dalam mengikuti perlombaan tersebut berasal dari Bali. Pemenang lomba ini akan mendapatkan uang pembinaan, sertifikat tingkat nasional, serta dapat menambah relasi.

Pada sesi terakhir Talkshow yang mengangkat tema "Genetic (Generasi Teknologi Informasi Competition) Lomba IT antar Pelajar, Mahasiswa, dan Umum Tingkat Nasional" itu, Kasa dan Sekar berharap kegiatan tersebut dapat menjadi acara tahunan.

''Terima kasih untuk semua tim, panitia, struktural FTIK USM yang sudah mendukung kami dari awal sampai sekarang. Kami mengucapkan selamat juga untuk tim yang lolos seleksi. Kami berharap, adik-adik tingkat yang sudah tergabung dalam Komunitas Decomus dapat terus komitmen dan kegiatan ini jadi event tahunan,'' ungkapnya.

Adapun daftar 18 tim yang lolos seleksi tahap 1 untuk Innovation System Competition diantaranya Farara, SehatSelalu, Strawberry Teacher Club, Titik Kumpul, Cobitarian, Arctic, Skanilan Tech, dan Orbit. Lalu, untuk UI/UX Design Competition antara lain Bisayuk, Skyblues, KAS, Bintang, CreaCatalyst, SnapanDeh, SavorLabs, Innominds, Boneka Pertahanan, serta Sijo. (Aji)