Helo Indonesia

Dortmund atau Bayern, Perburuan Gelar Bundesliga Ditentukan Hingga Laga Terakhir

Winoto Anung - Olahraga -> Sepakbola
Kamis, 25 Mei 2023 23:05
    Bagikan  
Borussia Dortmund
tangkapan layar

Borussia Dortmund - Borussia Dortmund beruoaya merebut gelar setelah 10 tahun paceklik gelar. (Foto: twitter/tangkapan layar)

HELOINDONESIA.COM - Perburuan gelar Bundesliga terketat selama bertahun-tahun harus ditentukan hingga laga terakhir pada hari terakhir musim ini, yakni pada Sabtu mendatang. Pada hari terakhir baru ketahuan, Borussia Dortmund atau Bayern Munich yang akan dinobatkan sebagai juara.

Dortmund memimpin dengan dua poin dan perlu mengalahkan Mainz di kandang untuk memastikan mengakhiri kejayaan Bayern selama 10 tahun. Sedangkan, Bayern Munich mengharapkan kesalahan Dortmund saat mereka mengunjungi Cologne pada waktu yang sama.

Selisih gol Bayern Munich lebih baik dari Dortmund. Dengan kondisi ini, hasil imbang tidak akan cukup bagi Dortmund jika Bayern mengalahkan Cologne.

“Kami harus menang sekali lagi. Itu saja yang penting,” kata direktur olahraga Dortmund Sebastian Kehl.

Baca juga: Syok Gegara Video Syur Viral, Rebecca Klopper Belum Mau Bicara ke Publik

Itu akan menjadi gelar liga Jerman pertama bagi Dortmund sejak Jürgen Klopp memimpin tim "hitam dan kuning" meraih kemenangan beruntun pada 2011 dan 2012. Sejak saat itu Bayern selalu menang.

Fakta bahwa Dortmund belum menyelesaikan gelar berarti musim akan dianggap gagal - bahkan jika Mainz membantu Bayern dan menyebabkan kekecewaan pada hari Sabtu.

Total 68 poin Bayern adalah yang terendah yang mereka miliki pada tahap musim ini sejak 2011, ketika pelatih sementara Andries Jonker memimpin tim ke posisi ketiga setelah Louis van Gaal dipecat.

Bayern juga memecat pelatihnya musim ini, ketika Julian Nagelsmann mengundurkan diri pada Maret karena klub merasa target mereka di Liga Champions, Piala Jerman, dan Bundesliga terancam.

Baca juga: MK Tambah Masa Jabatan Pimpinan KPK Jadi Lima Tahun, Dewan Tuding Sesat Pikir, Dapat Back Up Politik

Bayern kemudian tersingkir dari dua tim pertama di bawah pelatih baru Thomas Tuchel, tetapi dia mungkin masih bisa menyelamatkan harga diri yang hilang jika mantan timnya Dortmund gagal mengalahkan Mainz – di mana dia memulai karir kepelatihan seniornya.

Dengan 70 poin Dortmund hanya satu poin lebih banyak dari yang mereka raih musim lalu, ketika mereka finis 10 poin di belakang Bayern.

Kisah Bundesliga musim ini adalah salah satu penurunan Bayern, bukan lompatan besar yang dibuat oleh Dortmund – meski tim telah mengembangkan ketahanan baru di bawah pelatih Edin Terzić.

“Kami siap untuk mengambil langkah terakhir bersama – sebagai tim, sebagai klub, sebagai kota,” kata Terzić pada hari Kamis.

Baca juga: Dendi: Perlu Pencepatan Penyelesaian Sengketa Tanah Agar Cepat Masuk Program PTSL

Klub Leipzig Masuk ke Liga Champions

Leipzig memastikan tempat ketiga terlepas dari hasil mereka di kandang Schalke, tetapi keempat – tempat kualifikasi terakhir untuk kompetisi utama Eropa – masih diperebutkan antara Union Berlin dan Freiburg.

Kedua tim memiliki poin yang sama, dengan Union unggul dengan selisih empat gol. Union dapat membukukan tempat Liga Champions mereka dengan kemenangan di kandang atas Werder Bremen, atau dengan menyamai hasil Freiburg di Eintracht Frankfurt – asalkan Freiburg tidak mencetak empat gol lebih banyak dari Union.

Merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Union dan Freiburg – kedua klub dengan sumber daya yang sederhana – untuk berada di posisi ini menuju babak final.

Liga Eropa/Liga Kongerensi Eropa

Salah satu dari Union atau Freiburg akan finis kelima dan lolos ke Liga Europa. Bayer Leverkusen yang berada di urutan keenam dan Wolfsburg yang berada di urutan ketujuh berharap untuk bergabung, tergantung pada apa yang terjadi di final Piala Jerman pada 3 Juni antara Leipzig dan Eintracht Frankfurt.

Baca juga: Penjaga Makam Ini Bangga Anaknya Jadi Lulusan Terbaik SMKN Jateng, Plus Dapat Beasiswa Kuliah di UI

Karena pemenang piala mendapat tempat kualifikasi Eropa, Leverkusen dan Wolfsburg akan bersorak untuk Leipzig di final. Jika Leipzig berhasil mempertahankan gelarnya, mereka akan membebaskan satu lagi tempat kualifikasi Liga Europa (keenam di Bundesliga), karena sudah lolos ke Liga Champions. Jika Frankfurt menang, maka finisher urutan keenam pergi ke Europa Conference League.

Leverkusen mengunjungi Bochum pada hari terakhir. Wolfsburg hanya terpaut satu poin di belakang Leverkusen dan yakin bisa mencetak tiga poin lagi melawan Hertha Berlin yang sudah terdegradasi. Frankfurt, tertinggal tiga poin dari Leverkusen, hanya memiliki peluang tipis untuk finis di urutan keenam.

BERJUANG UNTUK SURVIVAL

Augsburg, Stuttgart, Bochum dan Schalke semuanya masih bermain untuk bertahan hidup di hari terakhir. Dua tim terbawah akan terdegradasi dan tim yang finis di atas mereka akan menjalani dua leg playoff promosi degradasi melawan tim peringkat ketiga divisi dua untuk melihat tim mana yang bermain di Bundesliga musim depan.

Semua pertandingan babak final dimainkan pada waktu yang sama pada hari Sabtu.  (*)

(Winoto Anung)