Helo Indonesia

Ini Syarat Skuad Garuda Lolos ke Babak Ketiga Usai Gulung Vietnam 3-0, Menang Sekali Lagi!

Rabu, 27 Maret 2024 05:36
    Bagikan  
Ini Syarat Skuad Garuda Lolos ke Babak Ketiga Usai Gulung Vietnam 3-0, Menang Sekali Lagi!

Timnas Indonesia saat tampil melawan Vietnam. Foto: getty image

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Timnas Indonesia tampil ciamik dengan menggulung Vietnam 3-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa malam 26 Maret 2024.

Tiga gol yang digelontorkan Skuad Garuda ke gawang Vietnam, masing-masing dicetak oleh Jay Idze menit kesembilan, Ragnar Oratmangoen (23'), dan Ramadhan Sananta pada injury time.

Sukses mempecundangi tuan rumah Vietnam usai menang 3-0. Kemenangan ini turut menandai berakhirnya tren buruk skuad Garuda di kandang lawan, sekaligus membuka asa lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca juga: Lebaran Glowing, Ini Rekomendasi Masker yang Bisa Mencerahkan Kulit Kusam

Kemenangan ini menandai kemenangan pertama Indonesia di Vietnam sejak menang 3-0 di fase grup Piala AFF 2004, alias 20 tahun silam.

Usai pertandingan di Hanoi, Shin Tae-yong gembira dengan kemenangan Indonesia atas Vietnam. Dia menyebut keberuntungan menyertai kemenangan pasukannya.

"Saat konferensi pers jelang pertandingan, saya katakan semua statistik bisa berubah. Hari ini kami melakukannya. Namun, di pertandingan ini Indonesia sedikit beruntung. Para pemain saya juga berusaha keras dan sudah melakukan yang terbaik," ucap juru racik asal Korsel itu.

Koleksi tiga poin yang diraup pasukan Shin Tae-yong ini menempatkan Rizky Ridho dkk bertengger di posisi kedua klasemen semetara Grup F dengan nilai tujuh. Indonesia masih unggul empat poin atas Vietnam yang menempel di urutan ketiga.

Baca juga: Begini Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Posisi teratas masih dipuncaki Irak dengan mengoleksi 12 poin sekaligus merebut tiket ke fase selanjutnya. Posisi juru kunci ditempati Filipina dengan satu poin.

Indonesia sendiri bisa lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, andaikan:

1. Petik satu kemenangan di dua laga sisa

Indonesia bisa mendampingi Irak jika bisa memenangi satu pertandingan dari dua laga sisa Grup F di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Keduanya akan duel pada 6 dan 11 Juni mendatang.
Anda satu kemenagan saja dipetik, Skuad Garuda bakal meraih 10 poin. Jumlah poin ini tidak bisa dikejar Vietnam yang maksimal hanya bisa meraih sembilan poin.

2. Unggul selisih gol jika seri

Hasil imbang di dua laga terakhir juga berpeluang mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga meskipun Vietnam memenangi dua laga sisa. Jika itu terjadi, maka kedua tim sama-sama mengantongi nilai sembilan. Namun dengan catatan, selisih gol Indonesia lebih baik ketimbang Vietnam. (Aji)