Helo Indonesia

Widodo C Putra Mau Jadi Pelatih Arema Dengan Persyarakat Seperti ini

Minggu, 11 Februari 2024 16:52
    Bagikan  
PELATIH BARU
arema official

PELATIH BARU - Pelatih baru Arema FC, Widodo C Putro mengawali latihan di klub Singo Edan Malang

HELOINDONESIA.COM - Pasca sepeninggal pelatih Fernandi Valente yang diputus kontraknya, manajemen Arema FC bergerak cepat dengan menyodorkan kontrak kepada Widodo C Putro.

Mantan pemain Petro Kimia Putera tahun 2002 ini menjadi pilihan manajemen Arema FC sebagai pelatih kepala Arema yang baru menggantikan Fernando Valente.

Tak Widodo, namun Arema juga mengontrak pelatih kiper baru yakni Agung Prasetyo yang merupakan satu paket dengan pelatih kepala.

Baca juga: Selamat Datang Widodo C Putro di Arema FC, Terima Kasih Fernando Valente

"Alasannya yang pertama adalah karakter dan pengalaman. Kami menilai Coach Widodo adalah figur pelatih yang memiliki karakter serta pengalaman," ungkap Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas kepada wartawan di Malang, Sabtu (10/2/2024).

Seperti kita ketahui saat ini Arema masih bertahan di peringkat 16 dengan 21 poin, dengan catatan menang lima kali, imbang enam kali, dan sisanya kalah 13 kali.

Kehadiran Widodo Cahyono Putro di Arema FC, ternyata tak begitu saja mengambil keputusan mau jadi pelatih Arema.

Baca juga: Gawat! Arema Terpuruk Dihabisi PSIS Semarang 1-4, Semakin Dalam di Zona Degradasi Fernando Tak Bisa Berbuat Banyak

Namun pria asal Cilacap itu mengaku sempat mengajukan syarat khusus kepada manajemen Arema FC.

Setelah kontraknya bersama Deltras Sidoarjo di Liga 2 2023-2024, Widodo ditelepon langsung oleh CEO Arema, Iwan Budianto.

Widodo tak langsung mengiyakan tawaran tersebut, namun ia mengajukan sejumlah persyaratan sebelum dia datang memimpin skuad Singo Edan.

Awalnya, Widodo mengembalikan keputusannya kepada manajemen Arema, ia meminta manajemen klub menanyakan hal ini kepada seluruh personel Arema.

Baca juga: Ingin Lolos dari Zona Degradasi, Arema Harus Memenangi Seluruh Pertandingan Tersisa, ini Jadwalnya

Bentu persyaratan dari Widodo C Putro adalah setelah kursi pelatih kepala kosong, apakah mau dilatih olehnya, ternyata mendapat jawaban positif dari tim.

"Katanya, hampir semua pemain oke dan menyetujui. Makanya saya oke. Saya mau bantu, karena saya gak melihat Arema ini begini-begitu. Tugas saya sebagai pelatih. Kalau ada klub yang membutuhkan saya, maka akan saya bantu. Bangga bisa menangani Arema, klub besar," kata Widodo seperti dilansir wearemania, Sabtu (10/2/2024).

Setelah dari Deltras Sidoarjo, yang berhasil sampai ke putaran kedua Liga 2 Indonesia, Widodo sebenarnya ingin istirahat dahulu.

Baca juga: Menuju Lima Besar! Setelan Ze Valente dan Irfan Bachdim Membuka Jalan Kebuntuan Persik Hingga Kalahkan Arema

Namun, karena yang meminta Arema, maka Widodo menyanggupinya, karena dinamika dalam sepakbola begitu cepat bergitu berubah.

"Sepak bola itu kan dinamis, kita gak pernah tahu besok posisi ada di mana ketika selesai melatih," ujar mantan penggawa Timnas Indonesia tahun 1990-an itu.

Widodo mengakui punya keinginan beristirahat, karena ada keinginan dari Arema, maka harus merelakannya menyanggupi demi yang terbaik Arema.

Baca juga: Derby Keluarga Arema FC vs Persik, Mampukah Ze Bobol Gawang Tim Asuhan Ayahnya

"Kemarin sebenarnya mau istirahat, tapi namanya juga tugas pelatih, saya pengen membantu. Bukan karena saya pelatih hebat atau gimana-gimana, tapi memang tugas saya kan melatih."

Widodo Cahyono Putro adalah mantan pemain sepak bola Indonesia dan pelatih kepala untuk klub Liga 1, Arema.

Widodo dikenal karena mencetak gol dengan tendangan mautnya dengan cara salto dalam pertandingan melawan Kuwait di Piala Asia 1996.

Baca juga: Menuju Lima Besar! Setelan Ze Valente dan Irfan Bachdim Membuka Jalan Kebuntuan Persik Hingga Kalahkan Arema

Ia lahir di Cilacap, 8 November 1970 (usia 53 tahun), tim yang dilatih Arema FC sebagai pelatih kepala mulai 2024, Bali United pelatih kepala 2017–2018.

Widodo menikahi Adna Rohanny Tucunan dan memiliki anak antara lain, Anya Aurelia Putri, Eugelian Daniel Cahyono Putro. **