Helo Indonesia

Dampak Piala Dunia U-17, Nana Sebut Geliat Ekonomi di Surakarta Tumbuh

Kamis, 30 November 2023 06:12
    Bagikan  
Dampak Piala Dunia U-17, Nana Sebut Geliat Ekonomi di Surakarta Tumbuh

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat menyaksikan semifinal Piala Dunia U-17. Foto: jatengprov.go.id

SOLO, HELOINDONESIA.COM - Gelaran Piala Dunia U-17 yang sebagian perhelatannya diselenggarakan di Stadion Manahan, Kota Surakarta, diyakini mampu meningkatkan geliat ekonomi daerah setempat, khususnya pelaku UMKM.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, seusai menyaksikan semifinal Piala Dunia U-17 antara Argentina melawan Jerman, di Stadion Manahan, Surakarta, Selasa (23/11/2023) sore.

Baca juga: Ayo Persikmania Serbu Stadion Brawijaya! Laga Melawan Dewa Panpel Cetak Enam Ribu Tiket


Menurutnya, banyak penonton dari mancanegara dan beberapa daerah lain di Indonesia yang datang menonton ke Stadion Manahan. Penjualan UMKM pun ikut terangkat berkat kehadiran penonton tersebut.

“Kita harapkan pada saat final dan penutupan nanti, UMKM di Solo dan Soloraya ini akan lebih tumbuh, dan jauh lebih meningkat (penjualannya),” kata Nana, seperti dikutip dari jatengprov.go.id, Rabu 29 November 2023.

Ia berharap, keseruan setiap pertandingan dapat meningkatkan animo penonton pada partai final, yang berlangsung 2 Desember 2023 mendatang.

Berjalan Lancar

Sejauh ini, berdasarkan pantauan Nana, pelaksanaan Piala Dunia U-17 yang diselenggarakan di Stadion Manahan berjalan lancar dan tertib. Antusiasme penonton cukup maksimal untuk datang ke stadion.

Baca juga: 8 Penyebab Mata Merah yang Harus Diwaspadai, Bisa Picu Rabun hingga Kebutaan

“Antusiasme penonton kami lihat cukup maksimal, tetapi mungkin di final nanti perlu ada penambahan penonton. Tadi masih ada beberapa bagian stadion yang kosong,” ujarnya.

Pada gelaran Piala Dunia U-17 ini, terang Nana, Stadion Manahan menjadi venue pertandingan penyisihan Grup B, dua pertandingan 16 besar, dua pertandingan perempat final, dua pertandingan semifinal, perebutan tempat ketiga, dan laga final. Pertandingan final akan digelar 2 Desember 2023, pukul 19.00 WIB.

“Insyaallah untuk pelaksanaan final nanti, akan hadir Presiden FIFA (Gianni Infantino). Presiden RI Joko Widodo juga akan hadir menonton,” tambahnya. (Aji)