Helo Indonesia

Pelatih Persebaya Josep Gombau Punya Banyak Opsi, Pelatih Bojan Hodak Hanya Berharap Persib Miliki Daya Juang Tinggi

Rabu, 4 Oktober 2023 19:22
    Bagikan  
TIM BESAR
persebaya surabaya/persib /facebook

TIM BESAR - Dua tim lenda Indonesia, Persebaya vs Persib Bandung bakal bertemu dalam laga di Stadion GBT Surabaya, Sabtu (7/10/2023) jam 15:00 WIB.

HELOINDONESIA.COM - Dua tim sepakbola legendaris Indonesia bakal bertemu di pekan ke-15 antara Persebaya vs Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu (7/10/2023) pukul 15:00 WIB.

Namun dalam laga itu, Persebaya akan menghadapi Persib Bandung tanpa Catur Pamungkas, yang merupakan bek kanan andalan Persebaya.

Catur harus absen dalam laga itu karena kena kartu merah dalam laga sebelumnya saat melawan Dewa United.

Baca juga: Kumpulan Lirik Lagu Suporter Persebaya Dalam Mendukung Tim Kebanggannya

Persebaya, kehilangan satu pemain yang cukup berharga, namun pelatih Persebaya Josep Gombau sudah tak khawatir, sejumlah opsi pengganti sudah dipersiapkan dengan baik.

Selain Catur, Persebaya memiliki dua pemain berposisi asli bek kanan, yakni Nuri Fasya dan George Brown.

Brown sudah bergabung dalam latihan setelah bersama kiper Ernando Ari pulang dari membela timnas di Asian Games.

Baca juga: Kumpulan Lirik Lagu Suporter Persib Bandung, Yel-yel Maung Bandung dan Pangeran Biru

Riswan Lauhin yang berposisi aslinya centre back, beberapa kali juga diturunkan sebagai bek kanan, baik di era Gombau maupun saat Uston Nawawi menjadi pelatih caretaker.

"Riswan masuk pada babak kedua pada laga melawan Dewa United, dan dia bermain bagus. Besok, kami akan mulai bekerja, dan memberi yang terbaik," jelas pelatih Josep Gombau kepada wartawan di Surabaya, Rabu (4/10/2023).

Pada latihan, Kamis (5/10/2023), besok Persebaya akan memulai latihan taktikal untuk menghadapi Persib Bandung.

Baca juga: Usai Cetak Hattrick David da Silva Tak Sabar Memikirkan Pertandingan Persebaya, Bonek Bisa Kejang-kejang

Song Ui-young yang absen dalam laga melawan Dewa United kini ia sudah bisa diturunkan melawan Persib.

Kehadiran Song akan membuat lini tengah Bajol Ijo semakin solid, dan semakin kuat untuk menghadapi tim yang kini berada di peringkat ke-3 Liga 1 2023/2024.

Persib sendiri akan datang ke Gelora Bung Tomo dengan bekal yang sangat baik, dengan kepercayaan diri para pemain berada dipuncak.

Baca juga: Pertahanan Arema Masih Rapuh Saat Hadarpi Persebaya, Begini Komentar Pelatih Fernando Valente

Dalam laga ke-14 Minggu lalu, mereka menang 5-0 atas Persita, Tangerang, hingga saat ini Persib sudah mengoleksi 26 gol dari 14 pertandingan.

Mantan pemain Persebaya yang kini bergabung ke Persib Bandung, David da Silva sudah mengoleksi delapan gol, sedangkan Ciro Alves mendulang enam gol.

"Saya pikir Persib tim bagus. Tapi setiap laga pasti berbeda. Kami harus konsentrasi penuh dan mencoba bermain baik," kata Josep.

Josep beranggapan semua pemain Persib bagus, dan memiliki striker yang berbahaya, namun Persebaya tetap harus pokus dan yakin untuk menatap laga dengan penuh semangat dan fokus.

Baca juga: Balada PSIS Semarang, Sudah Kalah dari Persib lewat Dua Penalti juga Kehilangan Pemain Pilar

"Saya pikir semua pemain mereka bagus. Dan tentu saja striker mereka cukup berbahaya. Ada David da Silva, tapi kami lihat nanti di pertandingan seperti apa," sambungnya.

Daya juang
Sementara Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak berharap, anak asuhnya punya motivasi tinggi untuk menatap dua pertandingan tandang beruntun Persib yakni melawan Persebaya Surabaya dan Borneo FC.

Laga kontra Persebaya dijadwalkan di Stadion Gelora Bung Tomo, 7 Oktober 2023, sementara kontra Borneo FC di Stadion Segiri, pada 21 Oktober 2023.

Bagi Bojan, dua laga away tersebut akan menjadi tantangan menarik bagi timnya.

Baca juga: Persebaya Hadapi Tim Dengan Kekuatan Merata, Tetangga Seberang Jembatan yang Produktif Gol di Lini Tengah

Menurutnya, tidak mudah bagi Persib untuk melanjutkan hasil positif di kandang Persebaya dan Borneo FC.

Kendati demikian, Bojan tetap menyatakan, timnya punya kapasitas untuk menundukkan Persebaya dan Borneo FC di kandang mereka.

Syaratnya, Marc Klok dan kawan harus mempunyai daya juang tinggi di dua laga tersebut dan pantang menyerah.

Baca juga: Luar Biasa, Persib Sikat Tuan Rumah Persik Kediri 2-1 Secara Dramatis

"Akan menjadi laga yang sulit, tapi kami sedang dalam laju yang bagus. Saya harap pemain mempunyai spirit yang bagus. Menurut saya ini akan jadi tantangan yang menarik," kata pelatih asal Kroasia tersebut.

Bukan hanya soal bermain di kandang lawan, Persebaya dan Borneo FC pun merupakan tim-tim penghuni papan atas klasemen sementara ini.

Hingga pekan ke-14, Persebaya menempati peringkat keenam dengan nilai 22, terpaut 2 poin dari Persib yang berada di posisi 3.

Baca juga: Hasil Hattrick Gustavo Almeida Saat Melawan Persib Bandung, Pelatih Arema Sebut Begini

Sementara Borneo FC menjadi pemuncak klasemen sementara ini dengan 28 poin merupakan tim yang berhasil menggeser posisi Madura United, dengan kemenangan di kandang lawan.

"Saya hanya ingin melihat bagaimana reaksi dari tim karena akan menghadapi dua tim di posisi atas. Kita akan lihat bagaimana level permainan kami," ucapnya.**