bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Dugderan, Makara Kubah dan Dua Gunungan Masjid Agung Kendal Diarak

Senin, 11 Maret 2024 08:15
    Bagikan  
Dugderan, Makara Kubah dan Dua Gunungan Masjid Agung Kendal Diarak

Kubah dan gunungan Masjid Agung Kendal diarak dalam pawai Dugderan. Foto-foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Tradisi dugderan sambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, Takmir Masjid Agung Kendal mengarak Makara kubah atau pucuk kubah Masjid Agung Kendal dan dua gunungan hasil bumi dalam acara Kirab Budaya Grebeg Gunungan, Minggu sore, 10 Maret 2024.

Kirab Budaya Grebeg Gunungan diikuti sekitar 600 peserta yang terdiri dari warga sekitar hingga lembaga pendidikan. Kirab tersebut merupakan agenda rutin satu tahun sekali sebagai bentuk nguri-uri budaya dan merawat tradisi jelang bulan suci Ramadan.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijrah, Hari Selasa 12 Maret 2024

Ketua Takmir Masjid Agung Kendal, KH Asroi Tohir menjelaskan, dugderan menyambut bulan suci Ramadan menjadi tradisi yang dilaksanakan oleh sebagian umat Islam di Indonesia. Karena hal tersebut menurutnya merupakan ekspresi kegembiraan umat muslim untuk menyambut bulan puasa.

gunungan

"Karena kemuliaan bulan Ramadan sangat patut bagi kita untuk menyelenggarakan kegiatan yang merupakan ekspresi kita dalam menyambut bulan puasa," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, kirab ini menjadi sebuah momentum agar Masjid Agung Kendal dapat menjadi salah satu ikon di Kabupaten Kendal.

"Maka kita awali dengan kegiatan budaya semacam ini. Yang tidak meninggalkan nilai-nilai luhur agama, jadi ajaran agama selalu menginspirasi munculnya budaya positif yang bermanfaat bagi kita," lanjut KH Asroi Tohir.

Baca juga: Dampak Puting Beliung, TNI-Polri Gotong Royong Perbaiki Rumah Warga di Weleri

Ditambahkan, pada kesempatan tersebut juga diarak Makara kubah atau pucuk kubah Masjid Agung Kendal, dua gunungan hasil bumi dan diikuti sekitar 600 peserta dari dari warga sekitar maupun lembaga pendidikan.

"Makara tadi siang juga sudah dikelilingkan sampai Kecamatan Patebon. Ini sebagai sosialisasi bahwa Masjid Agung Kendal mendekati finish. Mungkin bulan depan masjid ini selesai dan bisa diresmikan," tandasnya.

Dilepas Bupati

Kirab Budaya Grebeg Gunungan dilepas oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto di Halaman Masjid Agung Kendal. Selanjutnya peserta kirab berkeliling menuju jalan Laut Kendal - Pasar Kendal - jalan soekarno Hatta Kendal dan kembali ke Halaman Masjid Agung Kendal.

Baca juga: 10 Makanan Berkuah yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto berharap, di bulan suci Ramadan ini seluruh umat Islam di Kabupaten Kendal dapat melaksanakan ibadah puasa sebaik mungkin dan kedepan bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

"Kegiatan ini sangat baik. Tadi Pak KH Asroi Tohir sudah menyampaikan pentingnya menyambut bulan suci Ramadan. Doa saya semoga kita bisa melakukan ibadah semaksimal mungkin," ujarnya.

Terkait pembangunan Masjid Agung Kendal, Dico juga berharap pembangunan Masjid Agung Kendal bisa segera selesai. Dan bisa berfungsi tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi dapat berfungsi menjadi tempat ekonomi, sosial dan pendidikan.

"InsyaAllah kedepan Masjid Agung Kendal ini lebih ikonik dan menjadi kebanggaan masyakat Kendal," pungkas Bupati Dico. (Anik)