Meski Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Tetap Waspadai Efek Samping Stevia Berikut Ini

Jumat, 11 Agustus 2023 15:50
efek samping stevia. Tangkapan layar Youtube

HELOINDONESIA.COM - Stevia sudah umum digunakan penderita diabetes sebagai pengganti gula. Tanaman dengan nama latin Stevia rebaudiana ini dinilai aman dikonsumsi penderita diabetes karena tidak merusak kesetabilan kadar gula darah.

Badan obat dan makanan AS, Food and Drug Administration (FDA) menyetujui dua jenis Stevia untuk digunakan dalam makanan: rebaudioside A dan stevioside.

Meskipun rasanya berbeda, keduanya aman untuk dikonsumsi. Anda juga bisa menggunakan ekstrak daun stevia dari tanaman yang disetujui. Studi menunjukkan bahwa Stevia mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan

Namun demikian, beberapa orang mungkin mengalami efek samping usai mengonsumsi stevia. Salah satu efek samping Stevia adalah ia juga dapat berinteraksi dengan beberapa obat.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Stevia, Alternatif Pengganti Gula yang Sangat Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Berikut kami rangkum beberapa efek samping stevia bagi kesehatan.

1. Mual

Beberapa orang mungkin akan mengalami mual setelah mengkonsumsi daun utuh Stevia. Ini biasanya merupakan efek samping ringan dan hilang dengan sendirinya.

Perasaan mual sering terjadi ketika Anda mencapai aftertaste pahit yang muncul setelah rasa manisnya.

2. Muntah

Dalam kasus yang jarang terjadi, Stevia dapat menyebabkan muntah. Itu terjadi karena bahan kimia di dalam tanaman mengiritasi lapisan usus, menyebabkan muntah. Bisa juga karena reaksi alergi terhadap stevia.

3. Diare

Stevia juga dapat menyebabkan diare dan masalah pencernaan lainnya pada beberapa orang. Ini biasanya merupakan efek samping ringan dan hilang dengan sendirinya.

Baca juga: Ragam Pemanis Alami Terbaik untuk Gantikan Konsumsi Gula Anda

Orang yang terlalu banyak mengonsumsi tanaman ini mungkin mengalami diare. Untuk itu disarankan untuk mengonsumsi stevia secukupnya saja.

4. Sakit kepala

Beberapa orang mungkin mengalami sakit kepala setelah mengkonsumsi Stevia. Ini biasanya merupakan efek samping ringan dan hilang dengan sendirinya.

5. Kram Perut

Stevia juga bisa menyebabkan kram perut pada beberapa orang. Ini biasanya merupakan efek samping ringan dan hilang dengan sendirinya.

Baca juga: Masih Konsumsi Pemanis Buatan untuk Kontrol Berat Badan? Hati-hati, Ini Penjelasan dari WHO

6. Aftertaste Pahit

Stevia memiliki aftertaste yang sedikit pahit sehingga beberapa orang mungkin merasa tidak enak. Ini adalah efek samping yang umum dari Stevia dan tidak menimbulkan risiko kesehatan.

Senyawa yang bertanggung jawab memberikan rasa manis adalah Steviol Glikosida. Setelah matang daunnya terasa pahit.

Berita Terkini