Berkat Kandungan Nutrisi pada Jambu Air, Sembelit dan Berbagai Penyakit Langsung Menyingkir

Kamis, 27 Juli 2023 20:21
Manfaat jambu air untuk kesehatan. Istimewa

HELOINDONESIA.COM - Jambu air. Siapa orang Indonesia yang tidak mengenal buah satu ini. Kesegaran rasa, dan manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya, membuat buah satu ini cukup digemari oleh berbagai kalangan di tanah air.

Konsumsi jamu air di Indonesia sendiri cukup tinggi. Hal ini berbanding lurus dengan buah yang diproduksinya setiap tahun. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI, di tahun 2022, Indonesia memproduksi 237.565 ton buah jambu air.

Buah dengan nama latih Syzygium aqueum kini memiliki beragam jenis dengan keunggulan rasa yang berbeda-beda. Pun demikian, gizi yang terkandung di dalam setiap jenisnya, tidak jauh berbeda.

Jambu air mengandung nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, serat, karbohidrat dan protein. Jambu air merupakan buah yang rendah kalori karena kandungan lemak dan kalorinya yang rendah serta kandungan airnya yang tinggi, yaitu kurang lebih 90%.

Baca juga: 7 Manfaat Segar Daun Jambu Biji dan Cara Menggunakannya untuk Mengatasi Jerawat

Jambu air mengandung berbagai senyawa bioaktif yang dapat menunjukkan beberapa sifat biologis yang dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat jambu air untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mengatasi Sembelit

Jambu air memiliki khasiat mengatasi masalah pencernaan, khususnya sembelit. Ini terjadi karena jambu air banyak mengandung serat yang dapat mendukung sistem pencernaan.

Serat yang terkandung dalam jambu air berperan dalam membentuk kotoran sehingga lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh. Sifat-sifat jambu air ini mungkin bermanfaat bagi mereka yang menghadapi masalah buang air besar atau sembelit yang tidak teratur.

2. Mengatasi penyakit jantung

Jambu air diketahui sangat bermanfaat melawan penyakit jantung karena aktivitas antioksidannya. Antioksidan bioaktif seperti vitamin C yang ada dalam jambu air dapat melawan radikal oksigen bebas.

Spesies oksigen bebas ini terbentuk di dalam tubuh selama proses penguraian makanan atau saat tubuh terpapar radiasi tertentu atau saat merokok. Vitamin C dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan dengan demikian dapat meningkatkan kelancaran fungsi jantung.

Baca juga: 7 Manfaat Luar Biasa Daun Jambu Biji untuk Atasi Bau Mulut dan Cara Membuatnya

3. Mengobati Diabetes

Jambu air memiliki sifat anti-diabetes. Sebuah tinjauan literatur ilmiah telah menyatakan bahwa menggunakan jambu air dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan meningkatkan aktivitas enzim metabolisme karbohidrat spesifik.

Selain buahnya, penelitian juga telah menunjukkan efek positif dari ekstrak daun dalam menurunkan kadar glukosa darah karena adanya senyawa bioaktif tertentu.

4. Mengatasi sengatan matahari

Jambu air terdiri dari 90% air. Selama musim panas, jambu air adalah pilihan buah yang sangat baik yang dapat membantu memuaskan dahaga. Kandungan air yang terkandung di buah ini juga efektif dalam mengatasi sengatan matahari.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat makan jambu air diduga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Karena, vitamin B3 alias niacin di dalam jambu air dapat meningkatkan HDL, serta menurunkan LDL dan trigliserida.

6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Makan jambu air dapat mempercepat proses tubuh menyerap karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan. Karena, komponen di dalam jambu air bertindak sebagai katalis (zat yang mempercepat laju reaksi kimia) enzim dalam proses biokimia. Pada gilirannya, jambu air bermanfaat menjaga kelangsungan metabolisme dengan baik.

Baca juga: Beda dengan Jambu Biji Biasa, Berikut Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan Anda

7. Mengurangi Kram Otot

Kandungan kalium tinggi bisa didapat dari jambu air. Konsumsi rutin dalam jumlah cukup membantu meningkatkan kekuatan otot dan mengurangi kram.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan flavonoid dalam jambu air berkhasiat mencegah kerusakan sel dan jaringan kulit akibat stres oksidatif. Pada gilirannya, buah jambu air dapat mencerahkan kulit, serta mengurangi kerutan dan kulit kering.

Manfaat jambu air untuk wajah berikutnya antara lain menghambat pertumbuhan jerawat, memblokir efek buruk sinar UVB, dan menyamarkan flek hitam.

Baca juga: Dipercaya Mampu Mengobati AIDS Hingga Kanker, Berikut 7 Manfaat Ajaib Buah Merah Endemik Papua

9. Melawan bakteri

Jambu air memiliki sifat antimikroba. Ekstrak kulit buah ini diduga sanggup melawan sejumlah bakteri penyebab penyakit, misalnya Staphylococcus aureus yang memicu gangguan kulit, hipersensitivitas, dan alergi.

10. Melindungi organ hati

Sebuah studi yang digagas Gujarat Ayurved University, India, mengungkapkan ekstrak daun jambu air diduga dapat melindungi dan mengurangi risiko kerusakan liver pada tikus.

Manfaat tersebut berasal dari kandungan antioksidan jambu air yang berperan sebagai hepatoprotektor (pelindung hati).

Berita Terkini