5 Manfaat Kesehatan Belimbing Wuluh, Wasir dan Hipertensi Aja Masih Bisa Sembuh

Rabu, 26 Juli 2023 20:43
5 manfaat kesehatan belimbing wuluh atau belimbing sayur. pixabay

HELOINDONESIA.COM - Meski cukup dikenal karena rasanya yang sangat masam, namun belimbing wuluh atau belimbing sayur masih banyak digunakan sebagai penyedap masakan dalam berbagai menu masakan di tanah air. Tak hanya menyegarkan masakan, ternyata buah dari tanaman yang bernama latin Averrhoa bilimbi ini juga menyimpan banyak manfaat kesehatan.

Berikut kami kutip 5 dari berbagai sumber terkait manfaat belimbing wuluh terhadap kesehatan Anda.

1. Membantu Mengatasi Hipertensi

Belimbing wuluh atau belimbing sayur kaya akan antioksidan dan protein yang menjadikannya obat alami yang luar biasa untuk menurunkan tekanan darah tinggi/hipertensi.

Baca juga: Jangan Remehkan Buah Belimbing, Ternyata Bisa Sembuhkan Diabetes, Ini Penjelasanya

Mengkonsumsi sari buah belimbing wuluh dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi di pembuluh darah, dengan melebarkan pembuluh darah, kapiler, arteri dan mengendurkan otot jantung.

2. Mengatur Tingkat Gula Darah

Buah belimbing wuluh mengontrol kadar gula darah dengan aktivitas insulin tubuh. Kandungan serat makanan dan flavonoid yang kaya dalam buah belimbing wuluh membantu mencegah lonjakan tiba-tiba kadar glukosa darah setelah makan, oleh karena itu, buah ini membantu menjaga gejala diabetes tetap terkendali.

3. Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Kandungan vitamin C dalam belimbing wuluh memberikan manfaat luar biasa untuk fungsi sistem kekebalan tubuh dan pada gilirannya juga mengobati batuk dan pilek yang timbul akibat perubahan cuaca ataupun alergi, memperkuat mekanisme pertahanan tubuh.

Baca juga: Dipercaya Mampu Mengobati AIDS Hingga Kanker, Berikut 7 Manfaat Ajaib Buah Merah Endemik Papua

4. Mengobati Wasir

Tanaman belimbing wuluh mengandung unsur anti inflamasi yaitu: terpen dan tanin. Kedua unsur ini membantu mengurangi pembengkakan di pembuluh darah anus dan rektum, suatu kondisi yang dikenal sebagai wasir.

Selain itu, mengoleskan ekstrak daun tanaman belimbing wuluh pada area yang terkena juga dapat segera mengurangi rasa sakit, pendarahan dan peradangan sehingga wasir cepat sembuh.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah belimbing wuluh sarat dengan jumlah kalsium yang baik, yang meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga struktural kerangka dalam tubuh. Makan ekstrak belimbing wuluh, atau mengonsumsi makanan yang di tambahkan belimbing wuluh dapat membantu membuat tulang menjadi keras dan membuatnya lebih kuat dari sebelumnya.

Berita Terkini