12 Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

Rabu, 19 Juli 2023 20:13
Makanan yang harus dihindari sebelum tidur. pixabay/ xiangying_xu

HELOINDONESIA.COM - Apakah Anda sulit tidur akhir-akhir ini? Jika demikian, pola makan Anda mungkin penyebabnya. Pasalnya, makan tepat sebelum tidur dapat merangsang sistem pencernaan Anda dan mempersulit pikiran dan tubuh Anda untuk rileks.

Berikut adalah 12 makanan dan minuman yang harus dihindari jika Anda ingin mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari. Mulai dari minuman berkafein, hingga camilan manis dan berminyak, pelajari item mana yang akan membuat Anda terjaga sepanjang malam – dan mengapa lebih baik untuk mengatakan tidak saat Anda mencari yang manis-manis.

Makanan dan minuman yang harus dihindari sebelum tidur

1- Alkohol

Alkohol adalah pedang bermata dua. Cairan ini bisa berbahaya sekaligus bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah sedang, seperti anggur, telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan bahkan kanker tertentu. Namun, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kerusakan hati, tekanan darah tinggi, dan gangguan kesehatan mental.

Baca juga: Bagaimana Posisi Tidur Mempengaruhi Kesehatan Anda, Ibu Hamil dan yang Suka Ngorok Wajib Baca

2- Es krim

Tidak dapat disangkal bahwa es krim adalah suguhan favorit di seluruh dunia. Namun mengonsumsi es krim sebelum tidur tidak disarankan. Karena dengan minum es krim, pencernaan Anda terpaksa harus kembali bekerja sehingga tubuh tidak menjadi rileks. 

3- Makanan berat

Makanan berat bisa jadi enak dan memuaskan, tetapi penting untuk menikmatinya dalam jumlah sedang. Baik itu hidangan pasta yang kaya rasa atau makanan penutup yang dekaden, memanjakan diri dengan makanan berat ini dapat membuat kita merasa lesu dan terbebani.  Ini semua tentang menemukan keseimbangan dan menikmati makanan ini dengan cara yang tidak membahayakan kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. 

4- Kafein

Kafein membuat kita terus terjaga. Untuk itu harus dihindari di waktu malam sebelum tidur. Kafein ada di mana-mana akhir-akhir ini, mulai dari secangkir kopi pagi hingga soda pick-me-up sore hari. Tapi tahukah Anda bahwa kafein juga bisa disembunyikan di tempat yang tidak terduga? Beberapa obat-obatan, batangan energi, dan bahkan camilan cokelat dapat mengandung kafein. Artinya, meskipun Anda mengira sedang menghindari kafein, kafein masih bisa mengintai di beberapa produk yang Anda konsumsi setiap hari.

5- Kandungan air yang tinggi

Kandungan air yang tinggi merupakan faktor yang sangat penting dalam menjaga kesehatan yang baik. Ini karena air memainkan peran penting dalam setiap fungsi tubuh yang kita lakukan, mulai dari mencerna makanan hingga mengatur suhu tubuh kita. Tanpa air yang cukup, kita berisiko mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan masalah seperti sakit kepala, pusing, dan bahkan pingsan. Namun, perlu juga mempertimbangkan jumlah air yang kita konsumsi melalui diet kita.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Menggunakan Kipas Angin di Saat Tidur Berefek Buruk Bagi Kesehatan

6- Makanan super manis

Makanan super manis membuat tubuh berenergi. Sehingga tidak baik dikonsumsi sebelum waktu tidur. Terlepas dari demam gula dan kalori ekstra, ada sesuatu tentang suguhan super manis yang membuat kita merasa bahagia dan terhibur, seperti pelukan hangat dari seseorang yang kita cintai. Jadi, lanjutkan dan manjakan diri Anda dengan makanan penutup dekaden setiap saat, dan nikmati manisnya hidup.

7- Makanan pedas

Makanan pedas dapat mengganggu pencernaan. Apalagi jika dikonsumsi sebelum waktu tidur. Anda tentu tidak ingin waktu tidur terganggu karena perut anda sakit karena makanan pedas bukan?

8- Makanan asam

Sama seperti makanan pedas, makanan asam juga dapat mengganggu pencernaan dan bahkan enamel gigi jika dikonsumsi sebelum tidur. Makanan asam sebaiknya dihindari agar Anda mendapatkan tidur yang berkualitas tanpa ada gangguan.

9- Makanan yang mengandung gas

Kita semua pernah mengalaminya - merasa kembung dan tidak nyaman setelah makan. Meskipun ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gas dan kembung, makanan tertentu lebih mungkin menyebabkan gejala tidak nyaman ini. Beberapa penyebab umum termasuk kacang-kacangan, sayuran silangan (seperti brokoli dan kembang kol), produk susu, dan minuman berkarbonasi.

Baca juga: Benarkah Wanita Lebih Sering Mengalami Gangguan Tidur? Simak Pendapat Para Ahli

10- Hindari cokelat hitam

Meskipun sebagian besar dari kita menyukai cokelat, bagi mereka yang lebih menyukai sesuatu yang lebih manis, cokelat hitam mungkin bukan pilihan terbaik. Cokelat hitam memiliki persentase kakao yang lebih tinggi dan karenanya sedikit lebih pahit daripada susu atau cokelat putih. Faktanya, beberapa merek dark chocolate bisa terasa hampir sama pahitnya dengan kopi.

11- Daging merah dan ayam

Apakah Anda pecinta daging? Jika demikian, Anda mungkin memiliki preferensi antara daging merah dan ayam. Keduanya memiliki rasa dan tekstur unik yang membuatnya menonjol. Daging merah, seperti daging sapi atau domba, terkenal dengan rasanya yang kaya dan sering dipadukan dengan pendamping yang sehat seperti kentang atau umbi-umbian. Jika dikonsumsi sebelum tidur, tentunya proses pencernaan akan berlangsung saat tubuh butuh istirahat sehingga sulit menjadi rilaks.

12- Keju

Keju tidak hanya menjadi camilan yang enak, tetapi juga dapat mengangkat hidangan apa pun. Namun mengonsumsi keju sebelum tidur sangat tidak disarankan. 

Berita Terkini