Helo Indonesia

Bagaimana Posisi Tidur Mempengaruhi Kesehatan Anda, Ibu Hamil dan yang Suka Ngorok Wajib Baca

Syahroni - Ragam
Selasa, 18 Juli 2023 21:53
    Bagikan  
Ilustrasi
pixabay/ xiangying_xu

Ilustrasi - Bagaimana poisis tidur mempengaruhi kesehatan Anda.

HELOINDONESIA.COM - Bagi sebagian orang, cara atau posisi tidur mungkin bukanlah sesuatu yang harus dipikirkan. Namun kenyataannya, kebanyakan orang hanya mencari posisi yang nyaman untuk membantunya agar tertidur lebih cepat saja. Tapi tahukah Anda bahwa posisi tidur Anda sebenarnya dapat berdampak besar pada kesehatan Anda?

Posisi tidur memengaruhi segalanya mulai dari seberapa baik Anda bernapas di malam hari hingga postur tubuh Anda dan bahkan munculnya kerutan. Dalam artikel kali ini kami akan mengungkap kebenaran tentang bagaimana setiap posisi tidur yang umum memengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan.

1- Pilih pose tidur Anda

Mendapatkan tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental kita. Namun, kita sering mengabaikan pentingnya posisi tidur kita untuk mencapai tidur yang nyenyak. Posisi tidur terbaik bersifat subyektif, karena bergantung pada faktor-faktor seperti preferensi pribadi, kesehatan fisik, dan apakah Anda mendengkur atau tidak.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Menggunakan Kipas Angin di Saat Tidur Berefek Buruk Bagi Kesehatan

Misalnya, tidur miring ke kiri dapat meningkatkan pencernaan dan mengurangi refluks asam, sedangkan tidur telentang dapat meredakan nyeri punggung. Jika Anda seorang pendengkur, sebaiknya hindari tidur telentang dan pilihlah tidur menyamping. Ada baiknya meluangkan waktu untuk bereksperimen dengan berbagai posisi tidur dan menemukan yang paling cocok untuk Anda, sehingga Anda dapat bangun dengan perasaan segar dan berenergi setiap hari.

2- Posisi menindih perut

Penelitian menunjukkan bahwa posisi tertentu dapat menyebabkan gangguan tidur dan bahkan berkontribusi terhadap masalah kesehatan dari waktu ke waktu. Misalnya, tidur tengkurap dengan perut menghadap kasur dapat membuat leher dan tulang belakang tegang, sedangkan tidur miring mungkin tidak memberikan dukungan yang cukup untuk punggung.

Penting untuk menemukan pose yang paling cocok untuk Anda, apakah itu meninggikan kepala dengan bantal tambahan atau bereksperimen dengan bantal tubuh untuk menjaga agar tulang belakang Anda tetap sejajar. Jadi lain kali Anda memukul kasur, lakukan pose yang akan mengirim Anda ke alam mimpi dengan nyaman dan bangun dengan perasaan segar.

3- Posisi perut: terjun bebas

Sebuah studi yang dilakukan oleh Sleep Assesment and Advisory Service menemukan bahwa tidur miring dengan perut menjuntai seperti terjun bebas adalah posisi yang paling menguntungkan untuk tidur malam yang nyenyak. Posisi ini membantu mengurangi dengkuran dan juga dapat meringankan gejala sleep apnea.

Baca juga: Benarkah Wanita Lebih Sering Mengalami Gangguan Tidur? Simak Pendapat Para Ahli

4- Posisi miring dengan bantal di antara lutut kedua

Penelitian menunjukkan bahwa tidur miring dengan bantal di antara kedua lutut dapat meredakan nyeri punggung, sedangkan tidur telentang dapat mengurangi refluks asam. Jadi, apakah Anda tidur menyamping, tidur telentang, atau bahkan tidur tengkurap, luangkan waktu untuk bereksperimen dengan berbagai posisi tidur dan temukan yang terbaik untuk Anda. Tubuh Anda akan berterima kasih di pagi hari!

5- Posisi belakang: tentara

Apakah Anda lebih suka tidur miring, telentang, atau tengkurap? Masing-masing memiliki set sendiri pro dan kontra. Misalnya, tidur telentang seperti tentara dapat meredakan refluks asam, sementara tidur tengkurap dapat mengurangi dengkuran. Jadi, untuk mendapatkan hasil maksimal dari tidur Anda, penting untuk bereksperimen dengan berbagai posisi tidur dan menemukan posisi yang paling cocok untuk Anda. Selamat tidur!

6- Posisi punggung: bintang laut

Dengan menyesuaikan posisi tidur dengan pose bintang laut, Anda dapat mengurangi dengkuran, mengurangi risiko apnea tidur, dan bahkan meredakan nyeri punggung. Jadi, lain kali Anda memukul jerami, luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan posisi tidur mana yang akan memberikan pose sempurna untuk tidur malam yang lebih nyenyak.

7- Tidur miring

Postur tidur miring dapat berdampak besar pada kualitas tidur Anda. Bagi mereka yang lebih suka tidur miring, posisi ini sebenarnya diketahui bisa mengurangi dengkuran dan meredakan refluks asam. Sebaliknya, mereka yang tidur tengkurap dapat memperparah nyeri leher dan punggung bagian bawah. Jadi, lain kali Anda memukul jerami, perhatikan postur tidur Anda dan coba temukan posisi yang cocok untuk Anda!

Baca juga: Studi Menunjukan Tidur Siang Menjaga Kesehatan Otak

8- Posisi samping: janin

Tidur miring diyakini sebagai posisi terbaik untuk pernapasan dan keselarasan tulang belakang yang optimal dan juga baik untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Jadi, lain kali Anda memukul jerami, berhentilah dan pikirkan tentang bagaimana pose tidur Anda dapat berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

9- Posisi samping: log

Tidur telentang seperti kayu dapat membantu meringankan nyeri punggung dan leher sekaligus mengurangi risiko keriput. Sementara tidur miring sangat bagus untuk mengurangi refluks asam dan mendengkur. Dan jika Anda sedang hamil, tidur miring ke kiri dapat meningkatkan sirkulasi ke bayi Anda yang sedang tumbuh. Jadi silakan, pilih posisi tidur favorit Anda dan biarkan diri Anda tertidur lelap.

10- Posisi samping: tahun

Tidur telentang selama bertahun-tahun dapat membantu mencegah keriput dan nyeri punggung, sedangkan tidur miring dapat meredakan dengkuran dan sleep apnea. Posisi apa pun yang Anda pilih, penting untuk memprioritaskan tidur malam yang nyenyak agar berfungsi dengan baik di siang hari. Jadi silakan, lakukan pose tidur Anda dan hanyut dalam mimpi indah.

11- Posisi samping: menyendok

Posisi tidur yang paling direkomendasikan adalah tidur menyamping karena mengurangi dengkuran, meredakan sakit punggung, dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Jadi, lain kali Anda melompat ke tempat tidur, pertimbangkan pose tidur mana yang terbaik bagi tubuh Anda untuk membantu mencapai tidur yang sebaik mungkin.

Baca juga: Olahraga saat Kurang Tidur, Jangan Dipaksakan, ini Bahayanya Bagi Kesehatan

12- Jika Anda mendengkur

Pernahkah Anda bangun dengan perasaan lebih lelah daripada saat Anda pergi tidur? Bisa jadi karena posisi tidur Anda. Menemukan pose tidur yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam mendapatkan istirahat malam yang baik. Misalnya, tidur tengkurap dapat menyebabkan sakit leher dan punggung, sedangkan tidur telentang dapat memperparah dengkuran dan sleep apnea.

Posisi terbaik bagi kebanyakan orang adalah tidur miring, dengan bantal di antara kedua kaki untuk menyelaraskan tulang belakang. Bereksperimenlah dengan berbagai posisi dan lihat mana yang paling cocok untuk Anda. Saatnya untuk melakukan pose tidur dan bangun dengan perasaan segar!

13- Jika Anda menderita sakit punggung

Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk merasa istirahat dan segar keesokan harinya. Namun tahukah Anda bahwa posisi tidur Anda juga bisa berdampak pada kualitas tidur Anda? Benar, melakukan pose tidur yang tepat dapat membuat perbedaan. Apakah Anda lebih suka tidur telentang, tengkurap, miring, atau bahkan dalam posisi janin, ada pro dan kontra untuk setiap posisi.

Misalnya, tidur telentang dapat menyebabkan mendengkur dan sleep apnea, sedangkan tidur tengkurap dapat menyebabkan nyeri leher dan punggung. Pada akhirnya, menemukan posisi tidur yang tepat untuk Anda adalah pilihan pribadi, tetapi bereksperimen dengan berbagai posisi mungkin menjadi kunci untuk mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak.