Lomba Esai ILPN 2023, DKL Terima 42 Naskah Penulis Daerah Ini

Senin, 17 Juli 2023 22:38
Lomba Esai ILPN 2023, DKL Terima 42 Naskah Penulis Daerah Ini

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Para penulis esai Lampung sangat antusias terhadap lomba yang diadakan Inkubator Literasi Pustaka Nasional (ILPN). Dewan Kesenian Lampung (DKL) sebagai penyelenggaranya menerima 42 naskah esai.

Provinsi Lampung merupakan salah satu kota terpilih yang terpilih bersama 19 kota lainnya di Indonesia yang turut menggelar lomba esai yang bertenggat waktu 15 Juli 2023.

Inkubator Literasi Pustaka Nasional (ILPN) adalah program kepenulisan Perpustakaan Nasional RI yang diinisiasi Perpusnas Press, bekerja sama dengan Komite Sastra Dewan Kesenian Lampung sebagai penyelenggara di Lampung.

Antusias penulis Lampung sangat luar biasa terhadap lomba esai ini. Tema yang diusung adalah "Menulis Esai Membangun Bumi Ruwa Jurai Dengan Kearifan Lokal Lampung", dari tema besarnya, yaitu "Menggali Kearifan Lokal, Menguatkan Identitas Daerah".

Baca juga: Dugaan Pungli Seleksi Wasit, Erick Thohir Dipanggil Polisi

"Senang banget baca judul-judulnya," ujar Yuli Nugrahani, salah satu juri dan narasumber ILPN. Tak berbeda dengan Udo Z. Karzi, juri dan narsum lainnya, ia pun merasa senang karena tema tulisannya beragam dan menarik. Mulai dari Budaya Muput Lesung. Sebambangan, Sakai Sambaian, pesona alam, kuliner, termasik juga kopi Lampung, dll.

Sementara itu Indah Sukma Ningsih, salah satu penulis menganggap event ini keren sekali. "Masya allah, semoga semua ide ataupun gagasan peserta bisa membantu kemajuan lampung. ya. Kak," tulisnya dalam pesan WA kepada narahubung, Jauza Imani.

Pimpinan Redaksi Perpusnas Press, Edi Wiyono, menyatakan bahwa ILPN ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong terwujudnya masyarakat literat yang ditandai dengan lahirnya penulis-penulis di daerah.

Perpusnas Press akan membukukan 15 naskah terbaik dan peserta akan mengikuti workshop kepenulisan di bulan Agustus mendatang. Lalu akan diambil tiga naskah terbaik yang akan mendapatkan hadiah uang. (Relis/Bambang SBY)

Berita Terkini