Lima Lokasi Tempat Berburu Barang Antik di Jakarta, Catat Alamatnya

Kamis, 22 Juni 2023 01:32
(Ist) Foto : Ist

HELOINDONESIA.COM - Barang antik kerap diburu karena menarik Perhatian. Sebagian orang menyukai barang antik karena hobi namun ada juga yang menjadikannya sebagai koleksi. 

Ada banyak jenis barang antik yang sering dicari, dari mulai uang kuno, kartu pos, guci kuno, Jam dinding hingga kendaraan antik.

Jika Anda kolektor barang antik tentu saja harus rela merogoh kocek lebih dalam, mengingat harga barang antik terbilang cukup mahal.

Nah, bagi Anda yang hobi koleksi barang antik, lima tempat di Jakarta ini bisa jadi lokasi untuk mendapatkan koleksi baru. Mau tahu di mana saja? Simak daftarnya di bawah ini.

Baca juga: 10 Kuliner Favorit di Jakarta Selatan, Enak Dengan Harga Terjangkau

1. Jalan Surabaya, Jakarta Pusat

Lokasi favorit pertama dan merupakan lokasi yang sangat identik dengan barang antik di Jakarta yaitu jalan Surabaya, Jakarta Pusat. 

Kawasan pasar barang antik yang terletak di jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat ini terbangun sejak masa kolonial.

Di tempat ini, setiap kios menjual beraneka ragam barang antik dan juga langka. Mulai dari cangkir, sendok, teko, lampu-lampu dinding, hingga pajangan-pajangan antik yang sangat sulit dicari pun bisa kamu temukan di sini.

Baca juga: Di Momen Wetonnya Rebo Pon, Presiden Jokowi Cabut Status Pandemi Covid-19 di Indonesia

Harga pun bervariasi dari mulai Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Namun untuk koleksi barang antik berupa lampu-lampu hias kuno besar harganya bisa mencapai jutaan.

Meski pasar barang antik Jalan Surabaya tidak seramai dulu namun Anda masih memiliki beragam pilihan untuk mendapatkan barang antik.

2. Pasar Taman Puring, Jakarta Selatan 

PPasar Taman Puring yang ada di Jalan Kyai Maja, Jakarta Selatan ini tidak hanya terkenal dengan sepatu murahmya, namun ternyata pasar tersebut juga menjual barang-barang antik.

Baca juga: Hindari, Berikut Ini Ragam Zat Aditif pada Makanan yang Dapat Memicu Asam Lambung Anda

Para pemburu barang antik di Pasar Taman Puring bisa mendapatkan barang antik dengan harga variatif mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 500.000 tergantung barang antik yang dicari.

3. Jalan Ir. H. Juanda, Jakarta Selatan 

Lokasi barang antik di Jakarta adalah Jl Ir H. Juanda yang terletak di bilangan Ciputat, Jakarta Selatan. Disebut-sebut barang antik yang dijual di pasar ini sangat berkualitas dan dijamin keasliannya.

Di pasar ini banyak ditemukan barang antik jenis batuan, keramik, patung ukir, mebel, hingga porselren. Tidak hanya itu, di beberapa kios juga terdapat lukisan-lukisan tua dari para pelukis kenamaan Indonesia. 

Pasar ini memang dikenal dengan barang antik yang unik dan menarik keasliannya. Bahkan disebut-sebut, pasar yang sudah berdiri sejak 1980 silam ini juga menjual barang-barang antik peninggalan Belanda.

Baca juga: 7 Menu Camilan Sehat Berikut Ini Bisa Membantu Meningkatkan Berat Badan Anda

Tak heran, kabarnya, pasar ini disambangi tidak hanya oleh para kolektor lokal namun juha mancanegara. Harganya pun miring, tergantung kepiawaian kamu dalam menawar harga.

4. Pasar Jembatan Item, Jakarta Timur 

Di Pasar Jembatan Item, Jakarta Timur suasananya Berbeda dari tempat-tempat lain. Para pedagang menawarkan barang dagangannya di bahu jalan sepanjang dua kilometer. Seru kan?

Di tempat yang cukup ramai ini kamu bisa menemukan banyak serkali lukisan, buku-buku, jam tangan, hingga batu akik. Jadi siap-siap salah fokus terus selama kamu mencari barang incaran kamu di sini.

Baca juga: Pamer Tas Gucci Mewah, Rakyat Dapilnya Miskin Ekstrim, Politisi Demokrat ini Ngemis Dukungan ke Emak-emak Pakai Beras

5. Blok M Square, Jakarta Selatan

Di Blok M Square, barang antik yang Anda temukan berbeda dengan lokasi barang antik lainnya. Karena sifatnya dekoratif, dengan banyaknya koleksi novel lama, komik langka, dan majalah-majalah yang bahkan tidak lagi diterbitkan.

Di lokasi ini, Anda bisa menambah koleksi buku-buku favorit yang bisa dibeli secara satuan mauopun borongan. Untuk menemukan 'surganya' pencinta buku dan pelajar ini, yuk datangi lantai basement di Blok M Square, Jakarta Selatan.

Demikian lima tempat yang bisa dikunjungi bagi Anda yang gemar dengan barang antik. Tunggu apalagi, catat alamatnya dan segera cari barang-barang antik untuk melengkapi koleksi Anda.

Berita Terkini