Kejadian Langka di Dunia, Kelahiran Kelelawar Buah, Terekam Kamera

Jumat, 26 Mei 2023 11:18
Seekor Kelelawar hitam terekam kamera saat melahir, merupakan kejadian langka. tangkapan layar

HELOINDONESIA.COM - Peristiwa ini, merupakan pemandangan terlangka dunia, sebuah kejadian kelahiran seeokor kelelawar buah yang disebut Livingstone's Flying Foxes, merupakan binatang spesies kelelawar terlangka di dunia.

Di dunia binatang ini terancam punah karena diperkirakan hanya ada 1.000 ekor yang hidup di alam liar, ada yang menyebutnya Rubah Terbang Livingstone.

Dan peristiwa ini, juga untuk pertama kalinya, salah satu hewan langka tersebut tertangkap sedang melahirkan anaknya.

Kelelawar buah langka hanya ditemukan di pulau Anjouan dan Moheli, bagian dari pulau Komoro di lepas pantai Madagaskar.

Spesies pteropus livingstonii, terancam oleh hilangnya habitatnya akibat pertanian dan produksi kayu.

Binatang ini digambarkan sebagai kelelawar yang hidup dimasa lalu, ini adalah salah satu binatang terbesar di wilayahnya.

Hambil seluruh tubuhnya spesies ini diselimuti bulu dan kulit hitam, dengan rambut emas yang tersebar dan memiliki sayap hitam besar tanpa rambut yang dapat memanjang hingga lima kaki dari ujung ke ujung.

Upaya konservasi telah menyebabkan beberapa Rubah Terbang Livingstone dilindungi di kebun binatang.

Salah satunya Kebun Binatang Jersey di Inggris Raya yang tahun lalu melihat pemecahan rekor, dengan jumlah 16 anak kelelawar sehat yang lahir tahun lalu di penangkaran.

Sementara sebagian besar, terutama untuk spesies yang terancam punah, tidak satu pun dari kelahiran ini yang terekam kamera, sampai sekarang.

Baca juga: Sosok Binatang Diduga Babi Ngepet Bikin Geger Warga Depok, Netizen: Depok lagi.. Depok lagi...

Durrell Wildlife Conservation Trust mengumumkan minggu ini bahwa Kebun Binatang Jersey telah berhasil menangkap rekaman kelahiran pada akhir April 2023.

Durrell Wildlife Conservation Trust mengungkapkan sebagai badan amal internasional yang berkantor pusat di Kebun Binatang Jersey dan secara khusus bekerja untuk menyelamatkan spesies ini dari kepunahan.

Kelelawar raksasa orang jawa menyebutnya dengan istilah Kalong ini berusia delapan tahun bernama Nymeria.

Peristiwa itu direkam oleh Kurator Mamalia, Dominic Wormell, dan mahasiswa Ksenia Potapova. Menurut CBS News, bayi yang baru lahir akan menghabiskan dua setengah bulan terus menempel pada induknya, baru kemudian anaknya akan mulai terbang dan makan sendiri.

Menurut situs webnya, Kebun Binatang Jersey sekarang merupakan 90% dari populasi penangkaran global dari hewan langka ini. ***

Berita Terkini